Blog

Tips Menjadi Reseller Pemula, Mudah Dilakukan Tak Perlu Modal Besar!

danain-Tips menjadi reseller pemula-gambar ilustrasi seroang reseller

Tips menjadi reseller pemula

Menjadi reseller bisa jadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan di era digital seperti sekarang. Berikut tips menjadi reseller pemula buat kamu yang ingin mencoba!

Banyak orang takut memulai bisnis karena identik dengan modal besar di awal. Padahal, kamu bisa jadi seorang pengusaha dengan modal awal yang lebih kecil, yakni dengan menjadi reseller.

Nah, buat kamu yang berminat untuk jadi reseller, berikut tips menjadi reseller pemula yang mudah dilakukan dan tak perlu modal besar:

Apa itu Reseller?

Reseller adalah orang yang membantu menjualkan produk orang lain, dalam hal ini kamu tidak perlu melakukan produksi barang secara langsung. Umumnya, reseller akan mendapatkan harga produk yang lebih murah dibandingkan harga yang ada di pasaran.

Baca juga: Contoh Perhitungan Omset, Pebisnis Pemula Harus Tahu!

Lalu, darimana reseller mendapatkan keuntungan?

Seorang reseller mendapatkan keuntungan dari harga jual produk yang ditentukan oleh reseller itu sendiri. Misalnya, jika kamu mendapatkan harga beli dari supplier Rp 10 ribu, kemudian kamu jual kembali produk tersebut dengan harga Rp 20 ribu. Maka, selisih harga beli dan jual ini adalah keuntungan yang bisa kamu kantongi.

Tips Menjadi Reseller Pemula

Setelah mengetahui definisi dari reseller di atas, berikut tips menjadi reseller pemula yang bisa kamu ikuti:

  1. Tentukan produk

Hal paling krusial dan sering membuat reseller bingung adalah menentukan produk yang hendak dipasarkan. Pemilihan produk harus dipikirkan secara matang dengan mempertimbangkan target pasar yang ingin kamu tuju.

Misalnya, jika target pasarmu adalah anak muda, kamu bisa menjual barang-barang apa saja yang sedang mereka butuhkan. Seperti fashion, aksesoris, dan lain sebagainya.

  1. Pilih supplier yang tepat

Setelah menentukan produk yang akan dipasarkan, kamu harus memilih supplier atau pemasok barang yang kredibel. Perhatikan kualitas barang yang mereka jual hingga harga yang ditawarkan.

Jangan sampai kamu menjual barang berkualitas rendah dengan harga pasaran yang tidak masuk akal. Selain bisa mengecewakan pelanggan, hal ini juga dapat mencoreng kredibilitas bisnismu di mata konsumen ke depannya.

Baca juga: Anti Ribet, ini Cara Beternak Sapi Bagi Pemula!

  1. Pasarkan produk

Kalau kamu sudah menentukan target pasar, maka tidak terlalu sulit untuk memasarkan produk yang akan kamu jual. Di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini, kamu bisa memasarkan produk dengan berbagai cara. Di antaranya melalui media sosial Instagram, Facebook, dan platform jual beli online, seperti Shopee atau Tokopedia.

  1. Jalin hubungan baik dengan konsumen

Setelah memasarkan produk, kamu mungkin akan berhadapan dengan banyak konsumen. Tips menjadi reseller pemula yang terakhir adalah selalu menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Tanyakan pada mereka mengenai review barang yang sudah mereka beli. Barangkali dari sana kamu bisa mendapatkan insight baru, seperti perlukah berganti supplier atau produsen untuk memperoleh barang yang lebih berkualitas untuk dijual kembali ke tangan konsumen akhir.

Selain itu, jangan pernah lelah memberikan jawaban terkait produk pada calon konsumen yang akan melakukan pembelian. Berikan penjelasan secara rinci dan jelas pada mereka. Akan lebih baik jika kamu bisa memberikan respons yang cepat agar tidak mengecewakan calon pembeli.

Baca juga: Cocok Buat Pemula, ini Penjelasan Lengkap Mengenai Investasi Leher ke Atas!

Nah, itulah ulasan mengenai tips menjadi reseller pemula buat kamu yang tertarik untuk berbisnis, namun tidak mau merogoh modal besar di awal. Poinnya, menjadi reseller bisa dijadikan langkah awal untuk menjajaki dunia bisnis, untuk kemudian mempelajari pasar hingga nantinya kamu bisa menjadi produsen atas produk yang akan kamu jual.

Selamat mencoba!

Leave a Reply