Blog

Wajib Tahu, ini Sederet Kerugian Investasi Emas Antam!

danain-Kerugian investasi emas Antam-gambar logam mulia emas

Kerugian investasi emas Antam

Apakah kamu punya rencana untuk berinvestasi emas Antam dalam waktu dekat ini? Jika ya, penting untuk mengetahui sederet kerugian investasi emas Antam berikut ini!

Seperti yang diketahui, emas adalah jenis investasi paling tua dalam sejarah umat manusia. Sebelum orang mengenal saham, obligasi, dan lain sebagainya, emas telah lebih dulu dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai instrumen investasi.

Selain itu, emas juga sudah sejak lama dijadikan tolak ukur untuk menilai kekayaan seseorang. Dari berbagai jenis emas yang ada, emas batangan jadi salah satu yang paling populer untuk berinvestasi.

Di Indonesia, ada satu merek emas batangan yang sangat familiar di kalangan masyarakat, yakni emas Antam. Sesuai namanya, emas ini diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. yang sebelumnya merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Akan tetapi, saat ini, pemerintah telah mengalihkan sahamnya menjadi anak perusahaan PT Inalum (Persero), sehingga statusnya berubah jadi anggota holding.

Yang jadi pertanyaan, adakah kerugian investasi emas Antam? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari sejumlah sumber!

Baca juga: Anti Ribet, ini Cara Menjual Emas Antam yang Perlu Kamu Tahu!

Pada prinsipnya, setiap investasi tentu punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing, termasuk investasi emas Antam. Setidaknya, ada beberapa kerugian yang bisa dialami atau dirasakan oleh investor emas Antam dalam perjalanannya, antara lain:

Butuh tempat penyimpanan yang aman

Tempat penyimpanan jadi salah satu masalah yang akan dihadapi saat kamu berinvestasi emas Antam. Apalagi jika emas yang kamu miliki berjumlah banyak. Kamu tak bisa menyimpannya dengan sembarangan. Untuk mencegah risiko pencurian, kamu butuh tempat simpan aman yang sulit untuk dijangkau orang.

Biasanya, sebagian investor emas memilih menggelontorkan uang untuk menyewa safe deposit box di lembaga perbankan. Dengan begitu, mereka bisa tidur tenang tanpa perlu takut kehilangan aset berharga tersebut.

Baca juga: Mengapa Logam Mulia Seperti Emas Banyak Dicari? Ini Dia Jawabannya!

Tidak hasilkan pendapatan pasif

Kerugian investasi emas Antam yang berikutnya adalah tidak menghasilkan pendapatan pasif.

Pada umumnya, seseorang memutuskan untuk berinvestasi di instrumen saham, reksa dana, atau deposito, guna memperoleh pendapatan pasif. Tapi, hal seperti itu tidak berlaku dalam investasi emas, sebab emas hanya akan memberikan keuntungan saat kamu melakukan penjualan saja.

Harga emas bisa turun

Selama ini, kita sering mendengar bahwa harga emas akan cenderung naik dari tahun ke tahun. Ya, pernyataan tersebut memang tak ada salahnya.

Namun demikian, kamu juga perlu tahu jika harga emas bisa anjlok dalam hitungan hari. Bayangkan kalau kamu menjualnya saat harga emas sedang turun, padahal di saat bersamaan kamu sedang butuh uang untuk keperluan mendesak. Ya, kerugian akan kamu alami dalam kondisi tersebut.

DAMPAK INVESTASI EMAS TERGOLONG KECIL TERHADAP EKONOMI RIIL

Secara garis besar, investasi emas tidak memberikan kontribusi yang besar terhadap ekonomi riil. Hal ini karena keuntungan investasi emas hanya untuk kepentingan pribadi sang investor. Meski tak menutup kemungkinan, ada juga investor emas yang memakai keuntungan tersebut untuk suatu pembelanjaan.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, ini Perbedaan Emas Putih dan Perak yang Sangat Mendasar!

Ya, itulah ulasan singkat mengenai kerugian investasi emas Antam yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Catatan: Sederet kerugian yang disebutkan di atas sejatinya tak hanya dialami oleh emas Antam saja, namun juga pada emas lain yang tersedia di pasaran.

Leave a Reply