Blog

Mengapa Logam Mulia Seperti Emas Banyak Dicari? Ini Dia Jawabannya!

danain-artikel ini berisi informasi tentang Mengapa logam mulia seperti emas banyak dicari?-gambar perhiasan emas

Mengapa logam mulia seperti emas banyak dicari?

Mengapa logam mulia seperti emas banyak dicari? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Emas jadi salah satu jenis logam mulia yang memiliki banyak peminat. Hampir semua orang menyukai emas dan menggunakannya sebagai salah satu aset safe haven yang dapat melindungi nilai uang dari gerusan inflasi.

Selain itu, emas juga dapat digunakan untuk berbagai macam hal lain. Daripada kamu semakin penasaran, berikut kami akan memberikan informasi terkait mengapa logam mulia seperti emas banyak dicari orang.

  1. Emas sebagai instrumen investasi

Sudah bukan rahasia jika emas kerap dijadikan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Mengingat harganya yang dijamin terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Dengan demikian, kamu bisa membeli logam mulia yang satu ini untuk kemudian disimpan dalam jangka waktu yang lama. Nantinya, kamu bisa menjual emas tersebut dengan harga yang lebih tinggi mengikuti harga emas terkini dan dari sanalah kamu mendapatkan keuntungan berinvestasi melalui emas.

  1. Emas termasuk logam yang susah ditemukan

Meski keberadaan emas ada di mana-mana, tapi sebenarnya logam mulia yang satu ini sangat jarang ditemukan dalam bentuk yang paling murni. Diperlukan usaha ekstra untuk memperoleh emas murni dengan mengekstraknya bersama campuran unsur yang lain.

Baca juga: Jangan Asal Lego, ini Cara Menjual Emas Tanpa Surat yang Perlu Kamu Tahu!

Meski seiring berjalannya waktu, banyak teknologi yang bisa memudahkan kinerja hal tersebut. Tapi di masa lalu, untuk mengekstrak emas dibutuhkan tenaga serta intelegensi yang lebih ekstra.

  1. Tidak mudah rusak

Berbeda dengan perak dan tembaga yang mudah rusak atau mengalami oksidasi, emas bukanlah tipikal logam yang seperti itu. Unsurnya yang lebih kompleks membuat emas tidak mudah memudar ataupun berkarat.

Selain itu, emas juga tidak mudah larut dalam cairan asam pada umumnya. Sehingga hal ini jugalah yang dapat mendorong harga emas semakin mahal dibandingkan dengan jenis logam yang lain.

  1. Sebagai aset safe haven

Alasan mengapa logam mulia seperti emas banyak dicari orang berikutnya adalah karena emas dapat digunakan sebagai salah satu aset safe haven.

Aset safe haven sendiri adalah aset yang digunakan untuk menyimpan atau mempertahankan valuasi uang selama kondisi ekonomi bergejolak. Terutama dalam masa-masa krisis seperti ketika pandemi virus corona mewabah pertama kali.

Baca juga: Nggak Perlu Repot, Ini Cara Mengecek Harga Emas Paling Mudah!

Dengan begitu, nilai uang yang ada di dalamnya akan lebih aman karena harga emas yang cenderung terus mengalami kenaikan. Maka meskipun inflasi terus mengalami peningkatan, valuasi nilai emas tidak akan terpengaruh.

  1. Sejajar dengan uang dan mudah dicairkan

Logam mulia seperti emas banyak dicari juga karena nilainya dianggap sejajar dengan uang. Maksudnya, emas dapat dengan mudah dicairkan pada saat kita membutuhkannya. Hal ini dibuktikan dengan jual-beli emas yang tidak pernah sepi peminat.

Selain itu, emas juga dapat digunakan sebagai salah satu alat pembayaran dalam berbagai situasi. Tak heran jika hal ini menjadi alasan mengapa logam mulia seperti emas banyak dicari orang.

  1. Bisa dipakai untuk mendukung penampilan

Emas yang berbentuk perhiasan juga dapat dipakai untuk mendukung gaya berpenampilan seseorang. Entah itu dalam bentuk cincin, kalung, gelang, anting, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, penggunaan perhiasan logam mulia emas juga dapat menunjukkan status sosial seseorang secara tidak langsung.

Baca juga: Sama-sama Emas Batangan, Apa Sih Perbedaan Emas Antam dan UBS?

Ya, itulah beberapa alasan mengapa logam mulia seperti emas banyak dicari. Pada dasarnya, banyak orang beranggapan bahwa emas menjadi salah satu logam mulia yang menguntungkan untuk dibeli saat ini ataupun nanti.

Mengingat emas bukan termasuk ke dalam sumber daya alam yang bisa diperbarui, sehingga seiring berjalannya waktu harga emas akan terus meningkat diiringi permintaan pasar yang berbanding lurus. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply