Blog

Perbedaan Xuping dan Titanium dalam Perhiasan yang Perlu Kamu Tahu

danain-Perbedaan xuping dan titanium-gambar perhiasan xuping dan titanium

Perbedaan xuping dan titanium

Xuping dan titanium merupakan dua jenis logam yang kerap digunakan dalam pembuatan perhiasan. Nah, kira-kira, apa saja perbedaan xuping dan titanium?

Sudah bukan rahasia lagi jika emas dan perak jadi dua jenis logam yang sering disulap menjadi sebuah perhiasan. Keduanya bahkan bisa dijual dengan harga yang cukup mahal.

Namun, tahukah kamu bahwa ada perhiasan lain yang menyerupai emas dan perak, namun dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau? Biasanya, perhiasan ini terbuat dari logam xuping maupun titanium.

Apa sih yang dimaksud dengan xuping dan titanium? Apa pula perbedaan xuping dan titanium?

Pada artikel berikut, kami akan memberikan penjelasan lengkapnya. Yuk, simak sampai tuntas!

Apa itu Perhiasan Xuping?

Xuping sebenarnya adalah perhiasan dari Tiongkok yang berbahan dasar tembaga. Tampilannya yang menyerupai emas kerap dijadikan pilihan bagi para pecinta perhiasan dengan budget yang lebih ramah di kantong.

Baca juga: Anti Ribet, ini Cara Menjual Emas Antam yang Perlu Kamu Tahu!

Selain itu, perhiasan xuping juga kerap dijadikan pilihan bagi mereka yang alergi menggunakan perhiasan imitasi. Perhiasan xuping juga dianggap lebih awet dan memiliki usia pakai yang cukup lama jika dibandingkan dengan perhiasan imitasi serupa dari bahan yang lain, selama tak terkena oleh bahan kimia.

Nah, meski terbuat dari bahan dasar tembaga, ada juga perhiasan xuping yang dijual dengan lapisan emas pada bagian luarnya. Jika kamu tertarik untuk membeli perhiasan xuping, maka pastikan kamu membelinya di toko yang sudah terjamin kredibilitasnya. Sebab saat ini, banyak penjual tidak bertanggung jawab yang menjual perhiasan xuping palsu.

Apa itu Perhiasan Titanium?

Setelah membahas tentang perhiasan xuping di atas, berikutnya kami akan mengajak kamu berkenalan dengan perhiasan titanium.

Bagi kamu yang sudah lama mengoleksi perhiasan, pasti tidak asing lagi dengan logam yang satu ini. Titanium juga kerap dijadikan pilihan bahan baku untuk membuat suatu perhiasan. Selain memiliki massa jenis yang ringan, titanium juga dikenal dengan sifatnya yang kuat dan tahan terhadap korosi (karat).

Baca juga: Mengapa Logam Mulia Seperti Emas Banyak Dicari? Ini Dia Jawabannya!

Nah, sama halnya seperti perhiasan xuping, perhiasan yang terbuat dari titanium biasanya juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibanding emas.

Perbedaan Xuping dan Titanium

  1. Ketahanan

Jika kamu termasuk orang yang suka menggunakan perhiasan dalam keseharian, maka kamu harus mempertimbangkan pemilihan perhiasan yang tepat.

Perhiasan xuping dikenal lebih rentan rusak jika terkena cairan kimia, seperti alkohol dari parfum, sabun, dan lain sebagainya. Sedangkan titanium lebih awet untuk digunakan dalam berbagai situasi maupun kondisi.

  1. Model

Nah, jika kamu tipikal orang yang menggunakan perhiasan berdasarkan modelnya, maka perhiasan xuping bisa kamu jadikan pilihan. Sebab perhiasan xuping kerap hadir dengan model yang unik dan beragam. Berbeda dengan perhiasan titanium yang modelnya cenderung terbatas.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, ini Perbedaan Emas Putih dan Perak yang Sangat Mendasar!

  1. Usia pakai

Perbedaan xuping dan titanium yang terakhir bisa dilihat dari usia pakainya. Meski xuping lebih mudah rusak jika sering terkena bahan atau cairan kimia, namun kerusakan pada perhiasan xuping ini dapat diperbaiki dengan disepuh ulang.

Sedangkan pada perhiasan yang berbahan dasar titanium memang memiliki ketahanan yang lebih tinggi. Namun, apabila sudah mengalami luntur atau kerusakan, maka tidak dapat diperbaiki lagi.

Itulah perbedaan xuping dan titanium yang perlu kamu tahu. Jika bertanya mana yang lebih baik untuk dibeli, maka jawabannya kembali pada preferensi masing-masing. Karena kedua jenis perhiasan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang tidak dimiliki satu sama lain. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya!

Leave a Reply