Blog

Simak Baik-baik, ini Contoh Perusahaan Dagang yang Perlu Kamu Tahu!

danain-contoh perusahaan dagang-gambar ilustrasi perusahaan dagang

contoh perusahaan dagang

Apa saja contoh perusahaan dagang yang ada di dunia?

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang. Banyak sekali contoh perusahaan dagang yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Untuk memahami lebih dalam tentang perusahaan dagang, simak artikel berikut yang akan mengulas definisi hingga jenis-jenis perusahaan dagang yang ada di dunia.

Sekilas Mengenai Perusahaan Dagang

Sebelum membahas contoh perusahaan dagang, kamu perlu tahu dulu definisi perusahaan dagang. Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang mempunyai kegiatan utama membeli, menyimpan, serta menjual kembali barang dagang, tanpa memberikan nilai tambah.

Maksud dari nilai tambah adalah mengolah kembali maupun mengubah bentuk sifat barang, agar memiliki nilai jual tinggi. Intinya, perusahaan dagang membeli barang, lalu menjual kembali barang tersebut tanpa mengubah produknya.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Cara Cek Legalitas Perusahaan Fintech di Situs Resmi OJK!

Melalui penjelasan singkat tersebut, tentu sudah terbayang di benak kamu mengenai perusahaan dagang di sekitar rumah. Perusahaan dagang bisa berbentuk warung kelontong, swalayan, hingga pusat grosir.

Perusahaan Dagang yang Menawarkan Barang Produksi

Salah satu perusahaan dagang yang dilihat dari produk yang ditawarkan adalah perusahaan dagang barang produksi. Perusahaan ini menawarkan barang dan alat-alat produksi yang mampu menghasilkan produk lain atau raw material.

Barang yang diperjualbelikan oleh perusahaan ini tak bisa dinikmati langsung oleh konsumen. Sebab, produknya dipakai oleh perusahaan manufaktur sebagai sarana produksi barang lain, seperti mesin jahit, kayu gelondongan, dan lainnya.

Perusahaan Dagang yang Menyediakan Barang Jadi

Jenis perusahaan dagang lainnya yang dikelompokkan sebagai perusahaan dagang berdasarkan produk yang ditawarkan adalah perusahaan dagang barang jadi. Seperti namanya, perusahaan ini menyediakan produk jadi yang siap dipakai maupun dikonsumsi oleh konsumen.

Perusahaan dagang tipe ini biasa disebut masyarakat sebagai minimarket, toko, hingga swalayan. Produk yang ditawarkan perusahaan ini meliputi pakaian, makanan ringan, buku, dan lain sebagainya.

Perusahaan Dagang Besar atau Wholesaler

Perusahaan dagang besar merupakan salah satu jenis perusahaan dagang yang masuk kategori perusahaan dagang berdasarkan keterlibatan konsumen. Biasanya, perusahaan dagang besar membeli produk langsung dalam jumlah besar ke sebuah pabrik, dengan harga beli relatif lebih murah.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, inilah Cara Gadai Emas di Perusahaan Pergadaian!

Karena itu, harga jual produk dari perusahaan dagang ini lebih murah, dibandingkan toko pada umumnya. Perusahaan dagang besar dalam konteks ini bisa dibilang seperti toko grosir.

Middle Mane

Middle mane atau perusahaan dagang perantara termasuk perusahaan dagang yang dikategorikan berdasarkan konsumen yang terlibat. Perusahaan ini akan membeli barang dagang dalam jumlah besar, kemudian dijual lagi ke pengecer dalam jumlah besar.

Perusahaan dagang perantara bisa melakukan pembelian ke perusahaan pembuat secara langsung. Bahkan, middle mane bisa melakukan pembelian ke perusahaan dagang yang berskala besar. Contoh perusahaan dagang perantara adalah perusahaan dagang subgrosir.

Retailer

Perusahaan dagang pengecer atau retailer termasuk perusahaan dagang yang dikelompokkan berdasarkan konsumen yang terlibat. Retail menjual produknya secara eceran kepada konsumen. Adapun stok produk perusahaan retail adalah dari perusahaan dagang besar maupun perusahaan dagang perantara. Contoh perusahaan retail meliputi kios, warung, dan swalayan.

Pedagang Besar

Salah satu jenis perusahaan dagang berdasarkan ruang lingkup adalah pedagang besar yang membeli produknya dari produsen. Pedagang besar akan menawarkan barangnya kepada pedagang kecil secara partai.

Baca juga: Pelaku Usaha, Inilah Contoh Surat Niaga yang Perlu Kamu Tahu dan Pahami!

Pedagang Kecil

Contoh perusahaan dagang berdasarkan ruang lingkup lainnya adalah pedagang kecil yang membeli barang dari pedagang besar. Kemudian, pedagang kecil menjual barangnya lagi secara eceran kepada konsumen.

Kesimpulan yang bisa diambil, contoh perusahaan dagang sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita, mulai dari kios hingga supermarket. Perusahaan dagang inilah yang memfasilitasi masyarakat untuk membeli barang keperluan sehari-hari.

Leave a Reply