Blog

Nggak Perlu Beli, ini Cara Meningkatkan Followers Instagram dengan Mudah!

danain-Cara meningkatkan followers Instagram-gambar ilustrasi selebgram

Cara meningkatkan followers Instagram

Follower kamu di Instagram segitu-segitu saja alias nggak pernah nambah? Tenang, ada cara cerdas untuk menyiasatinya. Berikut cara meningkatkan followers Instagram dengan langkah yang sederhana!

Instagram jadi salah satu media sosial yang digemari oleh masyarakat. Maklum, tak cuma bisa berbagi foto atau video, Instagram juga menyuguhkan berbagai fitur menarik bagi penggunanya. Salah satunya sebut saja fitur Insta Story dengan segudang filter unik.

Lebih dari itu, Instagram juga kerap dijadikan sebagai kontak atau identitas diri bagi seseorang. Bahkan, untuk sebagian pihak, media sosial ini sering dijadikan alat ketika berkenalan dengan orang lain. Ya, itulah sekelibat keseruan yang dapat ditemui di Instagram.

Nah, bicara Instagram, ada fakta menarik yang perlu diketahui. Bagi banyak orang, jumlah followers Instagram jadi kebanggaan tersendiri sekaligus jadi penanda seberapa besar pengaruh seseorang atau pelaku usaha di dunia maya.

Alhasil, banyak orang melakukan berbagai cara agar jumlah pengikutnya di Instagram terus bertambah. Termasuk menggelontorkan sejumlah uang untuk membayar jasa beli followers.

Baca juga: Langkah Mudah Aktifkan Fitur Dark Mode Instagram di Ponsel Android dan iOS

Namun demikian, ada kekurangan yang perlu dipahami ketika seseorang membeli followers. Biasanya, followers yang didapat adalah pasif, sehingga mereka kurang memengaruhi engagement dan cenderung jadi hiasan angka semata.

Hal ini karena akun yang diperjualbelikan umumnya akun fiktif. Mereka tak bisa melakukan interaksi, seperti memberi love, komentar, atau membagikan konten yang kamu buat.

Dalam konteks ini, seseorang sebenarnya tak perlu membeli followers untuk meningkatkan jumlah pengikutnya. Pasalnya, ada cara yang lebih mudah untuk menambah jumlah followers dengan langkah yang sederhana.

Langsung saja, berikut cara meningkatkan followers Instagram secara organik, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Jangan private akun

Pastikan akun Instagram kamu tidak di-private. Akun yang terkunci biasanya akan membuat orang kurang tertarik, sebab mereka tak bisa melihat konten yang telah diunggah. Selain itu, akun yang di-private juga menyebabkan konten kamu tidak bisa masuk di beranda explore Instragram, padahal fitur explore memungkinkan orang lain bisa melihat konten kamu dan berpotensi jadi pengikut.

Follow banyak akun

Cara meningkatkan followers Instagram yang kedua adalah dengan mem-follow sebanyak mungkin akun Instagram yang kamu kenal, terutama teman-teman. Dengan cara tersebut, orang yang kamu ikuti akan mengikuti balik akun Instagram-mu.

Baca juga: Media Sosial Bikin Kaum Milenial Makin Boros, Benarkah? Cek Faktanya di Sini!

Optimasi bio Instagram

Isilah bio Instagram dengan informasi yang jelas. Biasanya, bio Instagram berisi tentang hal-hal yang menggambarkan isi konten, seperti musik, perjalanan, atau hiburan. Perlu diketahui, algoritma Instagram akan mempermudah orang lain dalam menemukan akun kamu. Terlebih jika mereka mencari topik tertentu di fitur pencarian.

Unggah konten berkualitas saat prime time

Unggahlah konten menarik, informatif, dan menghibur, dengan gambar yang berkualitas. Usahakan untuk mengunggahnya saat prime time, seperti jam makan siang atau pulang kantor. Dengan begitu, unggahan kamu bisa dilihat oleh banyak orang dan berpotensi menaikkan jumlah followers.

Gunakan tagar

Saat mengunggah konten, gunakanlah tagar yang tepat untuk konten tersebut. Secara tidak langsung, penggunaan tagar akan menaikkan jumlah followers, sebab konten kamu akan lebih mudah dijangkau oleh banyak orang.

Tulis caption menarik

Caption yang kece akan menarik simpati orang. Dalam hal ini, kamu bisa tulis kutipan keren sebagai caption dari penulis atau tokoh terkenal, lalu masukkan tokoh tersebut ke dalam tagar. Di akhir keterangan, kamu bisa tambahkan sebuah pertanyaan untuk mengundang respons dari orang lain.

Manfaatkan platform lain

Cara meningkatkan followers Instagram yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan platform lain, seperti Facebook, Twitter, atau YouTube. Kamu bisa cantumkan nama akun Instagram di berbagai platform tersebut sebagai langkah promosi.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud Dropshipper? Berikut Pengertian Hingga Cara Jadi Dropshipper Sukses!

Hubungkan dengan akun besar

Saat mengunggah konten, tak ada salahnya untuk menandai akun-akun lain yang punya followers banyak. Jika konten kamu di-repost, jumlah pengikut kamu berpotensi untuk bertambah.

Kolaborasi dengan konten kreator lain

Cara terakhir, kamu bisa naikkan jumlah followers dengan berkolaborasi dengan kreator lain, selebgram, atau influencer. Langkah ini biasanya akan saling menguntungkan dan berpotensi besar menaikkan jumlah followers.

Bagaimana, sudah paham kan cara meningkatkan followers Instagram tanpa harus mengeluarkan uang? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply