Blog

Nggak Butuh Waktu Lama, ini Cara Mudah untuk Cek Tagihan Listrik!

Danain-cara_cek_tagihan_listrik_bulanan-gambar laptop

Listrik merupakan kebutuhan primer setiap manusia. Maklum, hampir semua alat penggerak kehidupan saat ini bersumber dari listrik sebagai daya utamanya.

Di Indonesia, pemasok listrik yang utama adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN). Metode pembayaran yang diterapkan pun dibagi menjadi dua jenis, yakni prabayar dan pascabayar. Tiap metode pembayaran punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Listrik prabayar, misalnya. Kelebihannya meliputi: tak ada denda atau sanksi jika telat bayar, bisa memprediksi target pemakaian bulanan, minim terjadi kesalahan pencatatan meteran oleh petugas PLN, dan jaringan pembelian pulsa listrik yang sangat luas. Sedangkan kekurangannya meliputi: pulsa listrik bisa habis di waktu yang tak terduga, sehingga harus menyediakan voucher pulsa cadangan dan perlu waktu tunggu cukup lama jika pembelian secara online sedang mengalami gangguan jaringan.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Cara Mudah Dapatkan Token Listrik Gratis untuk Bulan Desember 2020!

Adapun kelebihan listrik pascabayar meliputi: listrik selalu tersedia selama pembayaran rutin dilakukan dan tak perlu repot melakukan isi pulsa listrik secara mandiri. Sementara kekurangannya adalah pemakaian listrik bisa tak terkontrol, ada denda jika menunggak, serta terdapat risiko kesalahan pencatatan meteran oleh petugas PLN.

Cara mudah cek tagihan listrik

Seiring berkembangnya teknologi, mengecek tagihan listrik bisa dilakukan dengan sangat mudah, tak perlu datang ke kantor PLN yang notabene menguras waktu. Saat ini, ada empat cara yang bisa kamu pilih untuk mengecek tagihan listrik, di antaranya:

  1. Lewat SMS

Cara mengecek tagihan listrik yang pertama adalah melalui layanan pesan singkat alias SMS. Format SMS yang digunakan sebagai berikut: REK (spasi) NO ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Kamu juga bisa mengaktifkan SMS berlangganan dengan cara mengirim SMS dengan format: PLN (spasi) ON (spasi) ID Pelanggan, kirim ke 8123. Jika ingin berhenti berlangganan, kamu cukup ketik PLN (spasi) OFF (spasi) ID Pelanggan, kirim ke 8123.

  1. Via telepon

Jika tak ada jaringan internet, kamu bisa langsung hubungi PLN untuk mengecek tagihan listrik. Hubungi call center PLN di nomor 123 dengan mencantumkan kode area. Misal, kamu berada di area Jakarta, maka formatnya adalah 021123.

Pastikan pulsa kamu cukup agar panggilan tak terputus di tengah jalan. Adapun biaya per panggilan akan dibebankan kepada kamu selaku konsumen.

Baca juga: Ini Dia, Cara Menghemat Token Listrik agar tak Cepat Habis!

  1. Melalui website PLN

Pengecekan tagihan listrik juga bisa dilakukan melalui website resmi PLN. Caranya pun terbilang mudah. Kamu bisa kunjungi situs resmi PLN di alamat https://layanan.pln.co.id/ . Klik menu Informasi, lalu pilih Informasi Tagihan Listrik / Pembelian Token. Login dengan mengisi email, kata sandi, dan captcha.

Jika kamu pertama kali mengakses layanan ini, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu. Caranya: Klik menu Daftar, kemudian isi Email, Nama Lengkap, Nomor Ponsel, dan Kata Sandi. Jika sudah, kamu tinggal Login dan masuk ke menu Informasi Tagihan Listrik / Pembelian Token. Tagihan pun akan muncul.

  1. Menggunakan aplikasi PLN

Cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi PLN Mobile yang tersedia di Playstore atau AppStore. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kamu tinggal pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik. Input nomor meteran bagi pelanggan pascabayar atau masukkan ID Pelanggan bagi pelanggan listrik prabayar, kemudian klik Cari. Aplikasi akan menampilkan tagihan listrik secara lengkap.

PLN luncurkan aplikasi versi terbaru

Baru-baru ini, PLN resmi meluncurkan aplikasi versi terbaru bertajuk New PLN Mobile. Dalam aplikasi tersebut, ada beberapa fitur anyar yang bisa dinikmati oleh para pelanggan, di antaranya: pembelian token bagi pelanggan prabayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan pascabayar, hingga monitoring penggunaan listrik.

 Baca juga: Simak, ini Cara Mudah untuk Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan!

Adapula fitur pengajuan pengubahan daya, swadaya catat angka meter, dan layanan pengaduan. Yang tak kalah penting, tersedia juga fitur notifikasi lengkap terkait pemadaman atau gangguan.

“Diharapkan dengan hadirnya New PLN Mobile, bisa memberi pengalaman baru kepada pelanggan, pengalaman yang memudahkan urusan kelistrikan menjadi semakin praktis dan efisien,” ujar Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini, sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Leave a Reply