Blog

Penting, Mengapa Kualitas Barang dapat Mempengaruhi Jumlah Permintaan Pasar?

danain-Mengapa kualitas barang dapat mempengaruhi jumlah permintaan-gambar quality control

Mengapa kualitas barang dapat mempengaruhi jumlah permintaan?

Mengapa kualitas barang dapat mempengaruhi jumlah permintaan pasar? Apa saja faktor yang mempengaruhinya?

Di dalam konsep ilmu ekonomi, akan sangat perlu untuk mengetahui mengapa kualitas barang dapat mempengaruhi jumlah permintaan pasar. Mengetahui konsep ini akan sangat mempengaruhi bagaimana kelanjutan produk yang tengah ditekuni. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya!

Alasan Kualitas Barang dapat Mempengaruhi Jumlah Pasar

Pada dasarnya, permintaan bisa dijelaskan dengan sejumlah barang ataupun jasa yang diinginkan pasar dengan berbagai macam tingkatan harga. Timbulnya permintaan pasar ini dikarenakan adanya kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi.

Dalam ilmu ekonomi, hukum dari permintaan ini dapat dinyatakan dengan hubungan berkebalikan antara harga dan juga tingkat permintaan. Apabila semakin rendah tingkat harga dari suatu barang, maka akan semakin banyak pula barang yang diminta.

Baca juga: Contoh Perhitungan Omset, Pebisnis Pemula Harus Tahu!

Di samping itu, salah satu alasan mengapa kualitas barang dapat mempengaruhi jumlah permintaan pasar, yakni karena setiap jenis barang dengan kualitas yang terbaik tentunya mempunyai daya jual yang tinggi. Yang mana hal ini akan sangat jauh berbeda dengan jenis barang dengan kualitas buruk.

Selain itu, suatu produk dengan kualitas yang baik kebanyakan akan lebih mudah untuk diterima di pasar. Begitu juga sebaliknya, apabila suatu barang cenderung mempunyai kualitas produk yang buruk, akan menjadi semakin susah untuk menarik perhatian target konsumen kamu.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Jumlah Permintaan Pasar

Terkait dengan mengapa kualitas barang dapat mempengaruhi jumlah permintaan pasar, pada dasarnya terdapat hal lain yang dapat mempengaruhinya. Salah satunya yaitu dapat ditunjukan dengan selera masyarakat itu sendiri. Banyak ataupun sedikitnya permintaan di pasar pastinya akan ditentukan dengan selera masyarakat dalam mengonsumsinya.

Apabila target pasar kamu mempunyai ketertarikan akan suatu produk, pastinya akan mendorong dirinya untuk bisa memiliki produk tersebut. Secara otomatis, hal ini akan membuat permintaan produk menjadi lebih meningkat. Umumnya, rasa ingin memiliki suatu barang, akan lebih membuat seseorang mampu menghiraukan tingginya harga yang ditawarkan.

Baca juga: Pebisnis Milenial Harus Tahu, Ini Cara Meningkatkan Omset Penjualan!

Begitupun sebaliknya, apabila seseorang tidak berkeinginan untuk memiliki produk tersebut dengan alasan berbagai macam, nilai harga yang akan ditawarkan akan lebih rendah, secara otomatis permintaan dari penggunaan barang tersebut juga akan mengalami penurunan.

Di samping itu, keberadaan barang pengganti juga bisa mempengaruhi permintaan pasar. Misalnya saja dengan permintaan gas yang terus menerus menunjukkan peningkatan apabila masyarakat Indonesia menggunakan kompor gas. Akan tetapi, apabila masyarakat lebih memilih untuk menggunakan kompor minyak, tentu permintaan barang gas ini akan terus menurun.

Apa yang Terjadi Apabila Permintaan Pasar Meningkat?

Masih terkait dengan mengapa kualitas barang dapat mempengaruhi jumlah permintaan pasar, apabila suatu barang tersebut mempunyai kualitas yang sangat bagus, lalu kemudian jumlah permintaan terus mengalami peningkatan, apa yang akan terjadi?

Pada dasarnya, apabila semakin tinggi permintaan atas suatu produk atau barang, nantinya dapat menimbulkan sifat kelangkaan dari produk atau barang tersebut. Bahkan bisa saja membuat tawaran harga yang diberikan juga akan menjadi semakin lebih mahal. Mengingat bahwa harga barang atau produk juga menjadi faktor lain yang dapat menentukan jumlah permintaan.

Baca juga: Penting untuk Diketahui, ini Pengaruh Kemerosotan Nilai Uang Terhadap Bisnis!

Memahami lebih lanjut mengapa kualitas barang dapat mempengaruhi jumlah permintaan pasar menjadi suatu hal yang intim untuk terus diperdalam. Pasalnya, hal ini dapat menjadi pengaruh yang besar akan keberlanjutan dari setiap bisnis yang tengah dijalankan. Tentunya, apabila semakin baik kualitas yang dimiliki, akan semakin banyak pula pelanggan setia yang menanti.

Leave a Reply