Blog

Mengenal Macam-macam Lembaga Pembiayaan di Indonesia

danain-Macam-macam lembaga pembiayaan-gambar seseorang membuka hp

Macam-macam lembaga pembiayaan

Apa saja macam-macam lembaga pembiayaan di Indonesia?

Mengetahui macam-macam lembaga pembiayaan memang sangat penting di masa sekarang ini. Lembaga tersebut berada di bawah tanggung jawab Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang hal tersebut:

Pengertian Lembaga Pembiayaan

Sebelum menuju pembahasan utama mengenai macam-macam lembaga pembiayaan, alangkah baiknya untuk tahu lebih dulu tentang pengertiannya. Pada dasarnya, lembaga pembiayaan merupakan salah satu jenis lembaga yang memiliki peran dalam memicu perkembangan ekonomi.

Lembaga ini termasuk jenis badan usaha yang bergerak dalam menyalurkan dana melalui pembiayaan dan pendanaan. Lebih spesifiknya, yaitu untuk mempermudah dalam menyalurkan dana untuk berbagai macam kegiatan ekonomi, misalnya bisnis.

Macam-macam Lembaga Pembiayaan di Indonesia

Berdasarkan Perpres RI No 9 Tahun 2009, lembaga pembiayaan dibagi menjadi tiga jenis. Salah satunya yaitu perusahaan pembiayaan yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan Sewa Guna Usaha (Leasing), Anjak Piutang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Terjerat Banyak Utang? Ini 4 Lembaga atau Orang yang Bisa Membantu Melunasi Utang!

Sewa guna usaha atau Leasing nantinya akan mendanai dalam bentuk barang modal, seperti pendanaan kendaraan (mobil, motor), mesin, ataupun barang lainnya. Mekanismenya yaitu, adanya perjanjian antara perusahaan leasing dengan nasabahnya.

Sedangkan Perusahaan Anjak Piutang merupakan perusahaan yang melayani pengalihan penyelesaian piutang atau tagihan dalam jangka pendek. Umumnya, jenis ini disertai dengan pemberian fasilitas pembiayaan.

Jenis selanjutnya yaitu Pembiayaan Konsumen. Lembaga ini akan menawarkan pembiayaan produk secara umum, misalnya berupa kebutuhan rumah tangga dan barang-barang elektronik.

Ada pula Penerbit Kartu Kredit yang paling banyak dan sering digunakan oleh masyarakat karena berbagai kemudahan di dalamnya. Biasanya, perusahaan akan memberikan jasa berupa kartu kredit sebagai salah satu alat transaksi.

Lembaga pembiayaan kedua adalah Perusahaan Modal Ventura (Venture Capital Company). Perusahaan ini merupakan badan usaha penanaman modal atau usaha pembiayaan dalam suatu perusahaan.

Pada dasarnya, kegiatan yang ada di dalamnya yaitu berupa penyertaan saham. Hal ini dapat dilakukan melalui pembelian obligasi konversi serta dalam prosedur pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Baca juga: Mengenal Lembaga Keuangan Non Bank dan Jenis-jenisnya

Jenis yang ketiga adalah Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur. Tujuan utamanya adalah sebagai penyedia dana untuk proyek-proyek infrastruktur.

Kegiatan usaha yang dilakukan yaitu, pemberian pinjaman langsung untuk pembiayaan infrastruktur dan refinancing atas infrastruktur yang telah dibiayai pihak lain. Selain itu, juga sebagai pemberian pinjaman subordinasi (subordinated loans).

Fungsi Lembaga Pembiayaan

Setelah memahami macam-macam lembaga pembiayaan, pertanyaan selanjutnya, apa saja sih fungsi dari lembaga pembiayaan ini?

Selain punya peranan penting dalam mendukung segala bentuk perekonomian di Tanah Air, lembaga ini juga membantu penyerapan tenaga kerja.

Di samping itu, dapat pula mendukung pembangunan infrastruktur dalam pengadaan barang maupun modal. Hal ini disebabkan karena tidak semua pebisnis infrastruktur mempunyai modal besar untuk bisa membiayai setiap proyek besarnya.

Sehingga, lembaga ini dapat menjadi jembatan sebelum memutuskan untuk menjalankan proyek besar dalam suatu bisnis infrastruktur. Terlebih lagi dapat pula ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat agar terhindar dari pinjaman dengan bunga tinggi.

Seperti yang diketahui, bunga tinggi merupakan salah satu topik utama permasalahan para pebisnis ketika ingin mengajukan pinjaman. Oleh sebab itu, lembaga pembiayaan dapat menjadi solusi utama untuk mengatasi kekhawatiran tersebut.

Baca juga: Anti Ribet, ini Cara Mendaftarkan UMKM Secara Online untuk Dapat Izin Berusaha!

Fungsi yang lainnya yaitu berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penyediaan fasilitas barang ataupun modal.

Pentingnya mengetahui macam-macam lembaga pembiayaan saat ini memang ditujukan untuk mengatasi permasalahan terkait dana maupun pembangunan. Lembaga pembiayaan sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.

Leave a Reply