Blog

Sering Jadi Pertanyaan, Apa Sih Kegunaan Kartu Kredit?

danain-Kegunaan kartu kredit-gambar kartu kredit

Kegunaan kartu kredit

Kartu kredit jadi salah satu alat pembayaran yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia. Lantas, apa kegunaan kartu kredit?

Saat ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Hal itu tak lepas dari faktor kenyamanan dan keamanan yang bisa dirasakan oleh si pemegang kartu. Singkat kata, dengan memanfaatkan kartu kredit, masyarakat tak perlu lagi mengikutsertakan uang tunai ketika bertransaksi dengan siapapun.

Menurut Bank Indonesia (BI), kartu kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit. Di sini, pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati, baik dengan pelunasan sekaligus atau dengan pembayaran secara angsuran.

Kamu mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa sih kegunaan kartu kredit? Berikut kami beberkan poin-poinnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Alat pembayaran yang cepat dan praktis

Kartu kredit bisa jadi solusi pembayaran yang praktis saat belanja offline maupun online. Pasalnya, kamu tak perlu repot membawa uang tunai saat melakukan transaksi. Cukup dengan mamasukkan nomor kartu dan kode verifikasi, transaksi belanja pun bisa dilakukan.

Baca juga: Bisa Nggak Sih Pinjam Uang 50 Juta tanpa Kartu Kredit? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Cara tersebut bisa dibilang lebih aman ketimbang melakukan pembayaran secara manual melalui transfer uang. Sebab, konsumen berpotensi salah input nominal atau nomor rekening, yang notabene bisa merugikan, apalagi jika bertransaksi dalam jumlah besar.

Transaksi besar jadi mudah dan aman

Bawa uang tunai dalam jumlah besar, terutama saat di tengah keramaian, tentu akan membuat kamu merasa khawatir. Terlebih, saat kamu berencana membeli barang yang nilainya cukup fantastis. Selain repot karena harus bawa tas besar, hal tersebut juga rawan mengundang tindak kriminal.

Dalam konteks ini, penggunaan kartu kredit tentu jadi solusi tepat. Karena selain praktis, cara tersebut juga lebih aman, sebab kamu bisa menjaga kerahasiaan data pribadi dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Memudahkan lacak pengeluaran

Kegunaan kartu kredit yang berikutnya adalah mempermudah kamu dalam melacak pengeluaran. Untuk diketahui, kartu kredit saat ini sudah semakin canggih karena telah terkoneksi dengan aplikasi yang dimiliki oleh pihak penerbit. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengecek penggunaan kartu kredit, baik secara harian, mingguan, atau bulanan.

Baca juga: Wajib Paham, ini Perbedaan antara Kartu Debit dan Kartu Kredit!

Poinnya, melacak pengeluaran penting dilakukan agar kamu bisa mengetahui ke mana saja aliran kredit. Langkah ini dapat membantu kamu dalam menganalisis dan mengevaluasi kondisi finansial.

Membantu dalam keadaan darurat

Kartu kredit bisa menolong kamu dalam keadaan darurat. Maksudnya, kartu kredit bisa membantu kamu dalam melakukan pembayaran untuk berbagai macam kondisi darurat, seperti halnya ketika uang tunai sulit diperoleh atau tidak tersedia.

Tawarkan banyak promo

Penerbit kartu kredit kerap menawarkan banyak promo kepada pengguna. Biasanya, promo diberikan dalam bentuk cashback atau potongan harga pada setiap transaksi di toko yang bekerja sama dengan penerbit. Promo seperti ini bisa jadi strategi penghematan bagi pengguna, terlebih jika tempat belanja favorit sudah bekerja sama dengan pihak penerbit.

Baca juga: Hati-hati, 5 Masalah ini Bakal Mengintai jika Kamu Punya Banyak Kartu Kredit!

Ya, itulah sederet kegunaan kartu kredit yang perlu diketahui. Setelah membacanya, apakah kamu tertarik untuk menggunakan kartu tersebut?

Leave a Reply