Blog

Kartu BPJS Ketenagakerjaan Kamu Hilang? Begini Cara Mengurusnya!

Danain-BPJS_Ketenagakerjaan-gambar kartu bpjs ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program pemerintah yang digagas untuk menyejahterakan tenaga kerja lewat Jaminan Hari Tua (JHT). Untuk memudahkan proses administrasi, pihak BPJS Ketenagakerjaan pun mengeluarkan kartu peserta berbentuk seperti KTP atau SIM yang bisa disimpan di dalam dompet.

Masalahnya, karena kartu BPJS Ketenagakerjaan relatif sering tak digunakan lantaran waktu kepesertaannya yang cukup lama, kartu ini rentan hilang atau terselip entah ke mana. Jika terjadi, kamu harus membuatnya kembali, sebab kartu ini merupakan syarat wajib saat ingin mencairkan saldo.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber!

– Datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa sejumlah dokumen, seperti KTP, Kartu Keluarga, fotokopi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, atau setidaknya ingat nomor kartu yang hilang.

– Pihak BPJS Ketenagakerjaan akan meminta laporan kehilangan, sehingga kamu harus mengurusnya terlebih dahulu ke Kantor Polisi.

– Untuk mempermudah proses pengurusan, bawa pula surat pengantar yang dikeluarkan oleh HRD kantor.

Baca juga: Jangan Panik jika STNK Hilang, ini Cara Mengurus dan Biaya Penerbitannya!

Sementara untuk kartu BPJS Ketenagakerjaan yang rusak cara mengurusnya juga terbilang mudah, yakni:

– Bawa kartu BPJS Ketenagakerjaan yang rusak dan tunjukkan pada petugas di sana. Minta penggantian kartu dengan membawa identitas diri.

– Untuk mempermudah proses penggantian, kamu bisa membawa surat pengantar dari kantor tempatmu bekerja.

– Silakan antre dan tunggu panggilan. Biasanya, proses penggantian kartu tak butuh waktu lama.

Buat kartu digital BPJS Ketenagakerjaan

Selain metode offline yang notabene harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, kamu juga bisa manfaatkan metode online untuk mengurus kartu peserta yang hilang. Caranya juga sangat mudah, yang penting kamu harus ingat nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terdaftar.

Berikut langkah-langkahnya:

– Kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan atau langsung masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

– Lakukan pendaftaran dengan mengisi sejumlah data yang diperlukan.

– Masuk dengan Email dan Kata Sandi yang telah dibuat.

– Setelah berhasil masuk, pilih menu Pengaturan. Tekan Tambah KPJ, pilih Segmen sesuai kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu (Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, atau Pekerja Migran Indonesia), lalu tekan SUBMIT / KIRIM.

– Tunggu beberapa saat, setelah itu tekan menu Kartu Digital. Akan muncul Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan dan kamu bisa lihat rincian data di dalamnya.

Baca juga: Hati-hati, 5 Masalah ini Bakal Mengintai jika Kamu Punya Banyak Kartu Kredit!

Selain melalui website, kamu juga bisa buat kartu digital BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi BPJSTKU, caranya:

– Download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di Play Store atau Apps Store atau klik https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile

– Setelah berhasil di-download, lakukan pendaftaran dengan mengisi sejumlah data yang diperlukan.

– Masuk dengan Email dan Kata Sandi yang telah dibuat.

– Di Halaman Utama, tekan menu Profil. Pilih Pengaturan, Tambah KPJ, pilih Segmen, masukkan nomor KPJ, tekan KIRIM. Proses selesai.

– Tekan menu Kartu Digital yang tersedia di Halaman Utama. Akan muncul data lengkap terkait kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Ya, itulah cara mengurus kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang hilang entah ke mana. Mudah dan sederhana, bukan?

Adapun untuk mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dengan 5 metode yang tersedia. Bisa melalui SMS, website, aplikasi BPJSTKU Mobile, via ATM, atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Info lebih lengkapnya, baca: Simak, ini Cara Mudah untuk Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan!

Leave a Reply