Blog

Ini Dia, Cara Menggunakan WhatsApp Web dengan Cepat dan Mudah!

Danain-cara_menggunakan_whatsapp_web-gambar laptop dengan whatsapp web

Apakah kamu sering membuka WhatsApp di ponsel sambil mengerjakan sesuatu di komputer atau laptop? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini! Pasalnya, hal itu akan memecah konsentrasimu, bahkan tak jarang kamu malah tergoda untuk membuka media sosial yang pada akhirnya bikin pekerjaan jadi terbengkalai.

Nah, untuk menyiasatinya, gunakanlah layanan WhatsApp Web yang bisa kamu buka di desktop atau laptop. Dengan cara tersebut, kamu bisa lebih fokus dalam bekerja, sebab layanan WhatsApp dapat kamu akses hanya dalam satu perangkat saja. Kamu tak perlu mengunduh file atau meng-install apapun di PC atau laptop, melainkan hanya perlu membuka browser yang tersedia di perangkatmu.

Berikut cara menggunakan WhatsApp Web dengan cepat dan mudah, sebagaimana dilansir Kompas.com:

– Buka browser di PC atau laptop. Ketik https://web.whatsapp.com pada kolom yang tersedia.

– Akan muncul sebuah halaman berlatar belakang putih dengan penjelasan cara menghubungkan WhatsApp di ponsel dengan WhatsApp di komputer.

– Buka halaman utama aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.

– Bagi pengguna Android, pilih menu “Titik Tiga Vertikal” yang terdapat di ujung kanan atas. Pilih WhatsApp Web.

– Sedangkan bagi pengguna iOS, klik menu “Setting” yang terdapat di pojok kanan bawah, kemudian pilih WhatsApp Web/Desktop.

– WhatsApp di ponselmu akan mengaktifkan kamera pemindai QR Code. Arahkan kamera ponsel ke arah barcode yang muncul di layar PC atau laptop.

– WhatsApp akan langsung terhubung dan sinkron dengan WhatsApp Web di PC atau laptop.

Baca juga: Mau jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan? Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya!

Terkait layanan WhatsApp Web ini, kamu sebagai pengguna tak perlu lagi melakukan pendaftaran saat akan menggunakannya, sebab fitur WhatsApp web hanyalah perpanjangan dari fitur di ponsel saja. Intinya, semua pesan akan tetap aktif, baik di ponsel maupun komputer.

Di sisi lain, demi keamanan, cobalah untuk selalu Logout dari WhatsApp Web tiap kali selesai menggunakannya, terlebih jika PC atau laptop yang kamu pakai bukan milik pribadi. Caranya juga sangat mudah. Pilih menu “Titik Tiga Vertikal” yang terdapat di kiri atas halaman. Kemudian, pilih opsi Logout. Cara yang hampir sama juga bisa diterapkan di ponsel milikmu, jika kamu ingin Logout melalui ponsel.

Kelebihan dan kekurangan WhatsApp Web

Meski terbilang praktis, WhatsApp Web punya kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu tahu. Kelebihan dari layanan ini, antara lain: Bisa meminimalisir typo saat mengirim pesan karena pengetikan menggunakan keyboard, tak perlu memasang aplikasi karena cukup menggunakan browser, berfungsi normal untuk mengirim dan menerima pesan teks, gambar, video, dokumen, dan kontak, serta bisa melakukan Logout jarak jauh melalui aplikasi WhatsApp utama.

Baca juga: Simak Baik-baik, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12!

Adapun kekurangannya meliputi: Ponsel utama yang terpasang WhatsApp harus selalu terhubung ke jaringan internet, tak bisa menggunakan beberapa fitur seperti panggilan suara atau video, tak bisa mengunggah status, tak bisa mengirim lokasi, serta tak bisa mengubah pengaturan download media.

Polemik kebijakan baru WhatsApp

Kebijakan baru yang akan diberlakukan WhatsApp menuai kontroversi. Poin penting yang jadi sorotan pengguna adalah terkait pembagian data ke perusahaan induknya, yakni Facebook. Sebagian pihak bahkan ada yang menilai bahwa kebijakan tersebut sangat tidak wajar.

Merespons hal itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerald Plate mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan membaca ketentuan privasi sebelum menyetujuinya. Usai melakukan pertemuan dengan perwakilan WhatsApp dan Facebook Regional Asia-Pasifik, Johnny memerintahkan perusahaan agar meningkatkan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan tentang perlindungan data pribadi di Tanah Air.

Baca juga: 6 Tips Kencan Anti Boros, Patut Dicoba!

Ia juga meminta perusahaan untuk melakukan pemrosesan data pribadi sesuai dengan prinsip-prinsip yang berlaku, menyediakan formulir persetujuan pemrosesan data pribadi dalam Bahasa Indonesia, dan melakukan pendaftaran sistem elektronik. Tak lupa, Johnny pun mengimbau agar perusahaan menjamin pemenuhan hak-hak pemilik data dan menjalankan kewajiban berdasarkan ketentuan. Demikian dilansir Tempo.co.

Leave a Reply