Blog

Ini Harga Bumi jika Dijual Menurut Ahli, Nilainya Sangat Fantastis!

danain-harga bumi jika dijual-gambar bumi digenggam

Harga bumi jika dijual

Bumi yang menjadi tempat tinggal kita merupakan tempat paling berharga yang tak ternilai harganya. Namun, seandainya dilego, berapa kira-kira harga bumi jika dijual?

Bagi umat manusia, bumi adalah tempat paling berharga dan nyaman untuk ditinggali sejauh ini. Maklum, kehidupan manusia sangat bergantung pada apa saja yang terkandung di dalam bumi.

Meski umur bumi sudah sangat tua dan memiliki segudang permasalahannya tersendiri – tentu saja yang dibuat oleh manusia – tapi bumi tetap saja jadi rumah paling nyaman bagi kita semua.

Bicara bumi, ada satu pertanyaan yang mungkin pernah terlintas di benak banyak orang. Kira-kira, berapa harga bumi jika dijual?

Pertanyaan ini mungkin terdengar seperti main-main dan tak masuk akal. Akan tetapi, ada seorang ilmuwan yang berhasil menemukan jawabannya beberapa tahun lalu.

Dia adalah Greg Laughlin, asisten profesor astronomi dan astrofisika dari University of California, Santa Cruz, Amerika Serikat. Dalam hitungannya, sumber daya bumi dan nilai yang ditawarkannya kepada manusia menambah biaya nyata yang tidak diketahui.

Baca juga: Banyak Masyarakat Bertanya, Kapan Harga Minyak Goreng Turun?

“Manusia memang tidak perlu khawatir untuk membeli atau menjual bumi, tapi memikirkannya dalam kerangka angka konkret dapat membantu kita lebih memahami nilainya,” ujar Laughlin, seperti dikutip dari laman Mental Floss.

Lantas, balik ke pertanyaan awal, berapa harga bumi jika dijual?

Diungkapkan Laughlin, bumi diperkirakan bernilai 5 kuadriliun dolar AS (USD 5.000.000.000.000.000). Ia mendapat angka tersebut setelah mengukur massa planet, suhu, usia, dan faktor-faktor lain yang berhubungan langsung dengan kemampuannya untuk mempertahankan kehidupan.

Nah, untuk menekankan betapa berharganya bumi, Laughlin juga memperkirakan nilai planet lain di tata surya kita. Mars, misalnya. Planet tetangga terdekat kita tersebut diketahui memiliki harga hampir sama dengan mobil bekas, yakni sekitar 16 ribu dolar AS. Planet ini diklaim lebih beruntung ketimbang Venus, yang nilainya hanya beda satu sen.

Di sisi lain, Laughlin tidak mengharapkan angka-angka tersebut diaplikasikan di dunia nyata. Sebaliknya, ia justru berharap agar angka tersebut akan menginspirasi penduduk bumi untuk lebih menghargai planet yang mereka tinggali.

Baca juga: Kerap jadi Primadona dalam Investasi, Apakah Harga Emas bisa Turun?

Sementara itu, Laughlin rupanya bukan satu-satunya orang yang memberi banderol hipotesis pada sesuatu yang besar, termasuk menjawab berapa harga bumi jika dijual. Sebelumnya, ada pula orang yang membuat perhitungan harga Death Star dari Star Wars sebesar 852 kuadriliun dolar AS, di mana angka tersebut jauh berkali-kali lipat daripada harga bumi yang diperkirakan oleh Laughlin.

FAKTA MENARIK BUMI

Pertanyaan tentang berapa harga bumi jika dijual sudah terjawab. Kini giliran kami membeberkan sederet fakta menarik lain tentang bumi yang jarang diungkap ke permukaan. Berikut ulasannya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Tidak ada yang tahu siapa yang menamakan bumi

Tak seperti planet lain, tidak ada data historis yang menyebutkan siapa yang menamai planet kita sebagai earth atau bumi. Menurut kabar, istilah bumi berasal dari Bahasa Inggris serta Jerman, dan merupakan satu-satunya planet yang tidak dinamai dewa dari Yunani atau Romawi.

Baca juga: Nggak Perlu Repot, Ini Cara Mengecek Harga Emas Paling Mudah!

Umur bumi 10 ribu kali lebih tua dari manusia

Menurut Jeremiah P. Ostricker, seorang peneliti di Universitas Princeton, umur bumi diperkirakan mencapai 4,5 miliar tahun. Sementara itu, Homo Sapiens telah ada paling lama pada 450 ribu tahun.

Inti bumi sama panasnya dengan permukaan matahari

Dalam ketidakpastian, suhu di pusat bumi sama panasnya dengan suhu di permukaan matahari (5.800 K). Sekitar 10.000 derajat Fahrenheit. Begitu kata ahli geokimia, Caltech Paul Asimow.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai berapa harga bumi jika dijual dan sejumlah fakta menarik lain tentang bumi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply