Blog

Dijamin Gol, ini Contoh Proposal Singkat yang Perlu Kamu Tahu!

Danain-contoh_proposal_yang_baik-gambar orang sedang menulis

Contoh proposal singkat yang baik dan benar

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal memiliki arti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Berikut contoh proposal singkat yang perlu kamu tahu!

Kata proposal tentu sudah tidak asing di telinga kita. Ya, proposal merupakan bentuk penawaran gagasan, ide, atau rencana kepada pihak tertentu guna mendapatkan izin, bantuan dana, dan lain sebagainya.

Proposal terdiri dari beberapa jenis, yakni proposal penelitian, proposal proyek, proposal usaha, serta proposal kegiatan. Dalam konteks ini, proposal harus disusun secara formal dan sistematis menggunakan bahasa Indonesia yang baku.

Lantas, seperti apa contoh proposal singkat yang baik dan benar? Berikut kami berikan gambarannya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

CONTOH PROPOSAL SINGKAT UNTUK KEGIATAN PENTAS SENI

Judul: Proposal Pentas Seni SMAN 99 Bandung

  1. Latar Belakang

Selama satu tahun ajaran, semua siswa, guru, dan karyawan SMAN 99 Bandung sudah menyelesaikan tugas dan kewajibannya dengan baik. Maka dari itu, diperlukan sebuah jeda berupa Pentas Seni guna menggali potensi siswa dalam bidang non-akademik. Pentas seni bisa mempererat hubungan antara siswa, guru, dan karyawan sekaligus menjadi hiburan serta ruang untuk bersosialiasi dan berkreasi.

Baca juga: Jangan Asal Bikin, Inilah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar!

  1. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diadakannya Pentas Seni ini adalah sebagai sarana hiburan dan untuk menggali bakat seni para siswa.

  1. Sasaran Acara

Sasaran acara Pentas Seni adalah kalangan internal di SMAN 99 Bandung yang terdiri dari seluruh siswa, guru, dan karyawan.

  1. Lokasi dan Jadwal

Lokasi acara adalah di Lapangan Upacara SMAN 99 Bandung. Adapun pelaksanaannya akan diadakan pada tanggal 1 Desember 2021.

  1. Rincian Biaya

Sewa Panggung: Rp 2.000.000

Sewa alat musik : Rp 1.000.000

Dekorasi              : Rp 500.000

Banner                 : Rp 200.000

Konsumsi            : Rp 20.000 x 400 orang = Rp 8.000.000

TOTAL BIAYA      : Rp 11.700.000

  1. Susuna Panitia

Penasihat            : Ayu Dewi

Ketua Panitia      : Doni Sumardi

Sekretaris            : Dian Purnama

Bendahara          : Iwan

Sie Acara              : Jatmiko

Sie Humas           : Agro

Sie Keamanan   : Didik

Baca juga: Pelaku Usaha, Inilah Contoh Surat Niaga yang Perlu Kamu Tahu dan Pahami!

  1. Penutup

Demikian proposal ini kami buat. Semoga Pentas Seni SMAN 99 Bandung bisa terlaksana dengan lancar dan bermanfaat bagi seluruh insan di SMAN 99 Bandung.

CONTOH PROPOSAL SINGKAT UNTUK KEGIATAN USAHA

Judul                     : Proposal Usaha Kuliner Bubur Ayam

Nama Usaha      : Bubur Ayam Gemas

Pemilik                : Sukma Putri

Lokasi Usaha      : Jalan Banteng 99, Jawa Timur

  1. Pendahuluan

Bubur Ayam Gemas adalah sebuah usaha kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 2001. Usaha ini pertama kali dibuat oleh Sukma Putri di Jawa Timur. Bubur Ayam Gemas punya citarasa yang lezat dan sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

  1. Visi Misi Usaha

Visi         : Menjadi kuliner yang populer di Indonesia.

Misi        : Membuka gerai sebanyak mungkin di berbagai lokasi agar mudah dijangkau oleh masyarakat dan menawarkan harga yang kompetitif agar setiap orang bisa menikmatinya.

  1. Strategi

– Menyasar segmentasi kuliner bagi berbagai kalangan.

– Segmentasi harga untuk berbagai kalangan.

– Membuka gerai di lokasi yang banyak dilalui orang.

  1. Manajemen Produksi

Bubur Ayam Gemas dibuat dengan bahan baku yang halal. Bahan baku dibeli di pasar tradisional guna memajukan pengusaha lokal. Peralatan yang dipakai untuk produksi selalu dijaga kebersihannya.

Baca juga: Ini Dia, Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar!

  1. Modal Usaha

Bubur Ayam Gemas mengeluarkan modal sebesar Rp 5.000.000 untuk melakukan pembelian bahan dan peralatan. Bubur Ayam Gemas masih membutuhkan Rp 5.000.000 untuk membuka gerai baru yang terbuat dari tenda dan meja untuk menjajakan produknya.

  1. Harga Jual

Satu porsi Bubur Ayam Gemas dijual dengan harga Rp 10.000. Keuntungan yang didapat adalah sebesar 50% dari nilai jual produk.

  1. Pembagian Keuntungan

Investor akan mendapatkan pembagian keuntungan sebesar 20% dari keuntungan yang didapat dalam setiap penjualan setiap harinya.

  1. Penutup

Demikian proposal usaha dari Bubur Ayam Gemas. Semoga investor berminat untuk memberikan bantuan modal dan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan Bubur Ayam Gemas. Terima kasih atas perhatiannya.

Ya, itulah contoh proposal singkat yang perlu kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa kamu jadikan acuan ketika akan membuat proposal.

Leave a Reply