Blog

Catat dengan Baik, ini Waktu yang Tepat bagi Kamu untuk Membeli Produk Properti!

Danain-saat yang pas untuk beli properti-gambar properti

Membeli produk properti bukanlah perkara mudah, butuh kesiapan mental dan finansial untuk bisa merealisasikannya. Karena itu, tak heran jika banyak orang yang kerap berpikir ulang ketika dirinya ingin membeli produk tersebut. Wajar memang, mengingat jumlah uang yang dikeluarkan tidaklah kecil.

Pertanyaannya: Kapan waktu yang tepat untuk membeli produk properti?

Pada dasarnya, setiap saat merupakan waktu yang tepat untuk membeli produk tersebut. Sebab, jargon “Beli sekarang, besok harga naik” memang benar adanya. Harga properti akan terus naik dari waktu ke waktu.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk membeli properti pada momen-momen sebagai berikut:

Saat finansial stabil

Waktu yang tepat untuk membeli properti adalah saat keuanganmu sudah dalam kondisi stabil. Artinya, kamu memang telah menyiapkan anggaran dengan baik untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: Pandemi Covid-19 adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis, ini Alasannya!

Jika uangmu cukup untuk membeli properti secara tunai, segera lakukan pembelian, jangan ditunda-tunda. Akan tetapi, jika budget kamu hanya cukup untuk membayar uang muka, maka kamu harus pastikan bila penghasilan bulanan yang diterima cukup untuk membayar angsuran hingga lunas. Tentu saja tanpa mengganggu pengeluaran sehari-hari. Pastikan pula bahwa cicilan kamu tak melebihi 30 persen dari pendapatan yang kamu terima setiap bulan.

Ketika bunga KPR turun

Ini hal penting bagi kamu yang ingin beli properti dengan cara kredit. Saat suku bunga KPR rendah, segera lakukan pembelian! Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran setiap bulan dalam jangka waktu yang lama. Rajin-rajinlah cari informasi terkait suku bunga KPR melalui media massa atau internet!

Saat ada promo atau cashback dari pengembang

Pada momen-momen tertentu, seperti saat hari raya atau hari besar nasional, sejumlah pengembang biasanya memberikan diskon atau cashback untuk menarik minat konsumen. Manfaatkan situasi ini untuk mendapatkan harga terbaik.

Waktu pemilik rumah butuh uang

Biasanya, ada orang yang menjual rumahnya karena harus mendapatkan uang sesegera mungkin. Tak jarang, harga yang dibandrol jauh di bawah pasaran. Kondisi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membeli rumah dengan harga yang miring.

Baca juga: CEO Apple: Jangan Buang Waktu Urusi Masalah Orang Lain jika Ingin Sukses!

Saat negara dilanda krisis

Harga properti cenderung hancur saat sebuah negara dilanda krisis. Kamu juga bisa manfaatkan momen ini untuk membeli rumah dengan harga murah. Ingat, saat ekonomi kembali pulih, harga rumah pun akan kembali meroket!

Pandemi covid-19 waktu yang tepat untuk beli properti

Pandemi covid-19 berdampak buruk terhadap perekonomian, tak terkecuali sektor properti. Lesunya pasar membuat harga properti di dalam negeri cenderung mengalami penurunan. Ini juga bisa jadi momen yang tepat bagi kamu untuk membeli produk properti.

Diungkapkan pengamat properti dari Epic Property M. Gali Ade Novran, membeli properti di tengah pandemi akan sangat menguntungkan ke depannya. “Sekarang pemilik properti lama sebetulnya cenderung ingin melepas asetnya untuk kebutuhan bisnis dan personal. Selain itu, pelaku pasar saat ini hold,” ujarnya sebagaimana dilansir Kontan.co.id.

Baca juga: Upah Minimum 2021 Tidak Naik, Lakukan ini untuk Menambah Penghasilan!

Senada dengan Novran, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda juga menilai bahwa masa pandemi adalah waktu yang tepat bagi masyarakat untuk membeli hunian. Pasanya, kalangan perbankan dan pengembang banyak yang memberikan kemudahan dalam proses pembelian. Demikian dikutip dari IDN Times.

“Selain program suku bunga terjangkau yang diberikan oleh perbankan, para pengembang juga memberikan program menarik, di antaranya down payment (DP) dibayar oleh pengembang,” pungkasnya.

Bagaimana, tertarik untuk membeli properti dalam waktu dekat ini?

Leave a Reply