Tahun 2019 tinggal menghitung hari. Biasanya, ada banyak resolusi yang dibuat seseorang menjelang tutup tahun. Mulai dari ganti gadget, ganti kendaraan, hidup sehat, punya badan kurus, hingga memiliki pasangan di tahun yang baru. Apapun itu, yang jelas tahun baru kerap dianggap sebagai momen yang tepat untuk membuat sebuah perubahan.

Bicara resolusi, ada satu aspek penting yang kerap diabaikan oleh sebagian orang, yakni membuat resolusi di bidang finansial. Padahal, dengan menyusun resolusi keuangan, kehidupan finansial tentu saja akan menjadi lebih sehat. Poin pentingnya, jangan biarkan masalah keuangan bikin Anda tidak nyaman ketika menjalani tahun yang baru.

Berikut kami beberkan 5 resolusi keuangan yang bisa Anda terapkan di tahun 2019 mendatang:

Susun anggaran sekaligus rencana belanja, dan eksekusi dengan baik

Jika selama ini Anda kurang rapi dalam mengelola keuangan, sudah waktunya buat perubahan ke arah yang lebih baik di tahun depan. Anda bisa memulainya dengan rutin menyusun anggaran dan rencana belanja setiap bulan, serta mengeksekusinya dengan baik.

Selain itu, catat pula pengeluaran tiap bulannya. Langkah tersebut bisa membantu Anda untuk menghitung sekaligus memonitor segala bentuk pengeluaran. Dengan adanya catatan tersebut, Anda bisa tahu pengeluaran apa saja yang sebenarnya tidak perlu, sehingga Anda bisa memangkasnya di bulan berikutnya.

Hindari berutang

Agar kondisi keuangan tetap sehat, penting bagi Anda untuk menghindari berutang untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Contoh sederhananya: Gunakan kartu kredit untuk membeli gadget keluaran baru atau bayar makan di restoran mewah. Solusi terbaik, gunakanlah uang tunai ketika melakukan pembelian.

Bicara utang, ada fakta penting yang perlu Anda tahu. Jika utang yang Anda punya angkanya 25 persen lebih besar dari penghasilan yang diterima, itu merupakan tanda bahwa kondisi keuangan Anda sedang tidak sehat.

Cari sumber pendapatan lain

Gaji yang diterima setiap bulan kerap kali tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang makin hari makin bertambah. Karena itu, tak ada salahnya untuk mencari sumber pendapatan lain yang mampu mengakomodir masalah tersebut. Anda bisa menjadikan hobi atau keterampilan lain yang dimiliki sebagai sumber penghasilan.

Sekarang ini, ada banyak perusahaan atau startup yang butuh tenaga profesional dengan status pekerja lepas untuk mendukung kegiatan mereka. Manfaatkan saja peluang tersebut. Beberapa profesi yang dibutuhkan biasanya seperti desain grafis, fotografer, atau content writer. Selain itu, Anda juga bisa menambah pundi penghasilan dengan berjualan secara online.

Ingat, perusahaan memang punya kewajiban memberikan gaji kepada Anda sebagai karyawan setiap bulan. Tapi, mereka (perusahaan) tak punya kewajiban untuk membuat Anda kaya dengan gaji tersebut. Karena itu, sudah saatnya ‘memperkaya’diri dengan mencari penghasilan tambahan mulai tahun depan.

Baca juga: 5 Kiat Mengelola Keuangan Agar Cepat Sukses ala Orang Terkaya Hong Kong

Komitmen untuk selalu menyisihkan dana darurat

Setiap orang disarankan untuk punya dana darurat guna mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya mendadak, sehingga bisa terhindar dari utang. Idealnya, dana darurat punya besaran tiga kali lipat dari pengeluaran Anda setiap bulan.

Sebaiknya, pisahkan rekening dana darurat dengan rekening aktif yang biasa Anda gunakan untuk bertransaksi. Hal itu penting agar Anda tak mudah tergoda menggunakan dana tersebut untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Mulai investasi

Jika selama ini Anda belum pernah berinvestasi, cobalah untuk memulainya di tahun depan. Investasi sangat mampu membawa Anda pada kebebasan finansial. Dengan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus bekerja keras.

Tapi, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai berinvestasi. Jangan mudah percaya dengan penawaran investasi yang menjanjikan imbal hasil terlalu tinggi. Kenali dengan baik produk investasi yang Anda pilih, termasuk risikonya.

Selain itu, jangan pernah pula berpikiran jika investasi butuh modal yang besar. Saat ini, sudah banyak instrumen investasi yang bisa Anda jalankan dengan modal yang terjangkau. Salah satunya sebut saja Peer to Peer (P2P) Lending. Investasi jenis ini menawarkan kemudahan serta imbal hasil yang menjanjikan, bahkan lebih besar dari reksa dana atau deposito. Baca selengkapnya di sini: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!

Sudah siap move on dengan perencanaan keuangan yang lebih baik di tahun 2019 mendatang?