Blog

Anti Ribet, ini Cara Pindah Kelas BPJS secara Online!

danain-Cara pindah kelas BPJS secara online!-gambar aplikasi bpjs

Cara pindah kelas BPJS secara online!

BPJS Kesehatan terdiri dari tiga kelas yang berbeda, yakni kelas 1, 2, dan 3. Sebagai anggota, kamu bisa melakukan perpindahan kelas tersebut sesuai keinginan. Lantas, bagaimana cara pindah kelas BPJS secara online?

Seperti yang diketahui, kelas BPJS Kesehatan sudah ditentukan dari awal ketika masyarakat melakukan pendaftaran keanggotaan. Tapi, seiring berjalannya waktu, sebagian masyarakat mungkin ada yang memutuskan untuk pindah kelas karena sejumlah alasan.

Ada yang memutuskan untuk turun kelas karena mempertimbangkan beban ekonomi, ada pula yang malah ingin naik kelas agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Nah, bicara perpindahan kelas pada layanan BPJS Kesehatan, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka, yakni: bagaimana cara pindah kelas BPJS Kesehatan dengan cepat dan mudah?

Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Berikut cara pindah kelas BPJS secara online dan offline, seperti dikutip dari laman Kompas.com:

SYARAT PINDAH KELAS BPJS KESEHATAN

Untuk melakukan perpindahan kelas pada BPJS Kesehatan, ada sejumlah dokumen dan syarat yang perlu disiapkan, antara lain:

– Dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Peserta JKN-KIS, dan formulir perubahan data yang bisa diperoleh dari Kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Baca juga: Simak, ini Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Tanpa Ribet!

– Perubahan kelas cuma bisa dilakukan oleh peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

– Perubahan kelas bisa dilakukan setahun setelah kamu menjadi anggota aktif peserta JKN-KIS atau setahun setelah pengubahan kelas sebelumnya.

– Saat kamu menurunkan kelas BPJS Kesehatan, maka seluruh anggota keluarga dalam satu KK juga harus ikut turun kelas.

– Perubahan kelas hanya dapat dilakukan ketika iuran sudah lunas pada bulan berjalan.

CARA PINDAH KELAS BPJS SECARA ONLINE

Cara pindah kelas BPJS Kesehatan yang satu ini terbilang praktis. Kamu hanya perlu memanfaatkan gadget yang dimiliki dan ikuti sejumlah langkah berikut ini:

– Unduh aplikasi Mobile JKN di Google Play Store atau App Store.

– Jika kamu pengguna baru, kamu harus mendaftar terlebih dulu dengan memilih menu Daftar, kemudian pilih Aktivasi Akun.

Baca juga: Syarat dan Cara Mencairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

– Isi semua kolom yang tersedia, seperti Nomor Kartu BPJS, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Password, Alamat Email, dan Nomor Ponsel. Jika sudah, klik tombol Register.

– Kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan. Cek email untuk mendapatkan kode tersebut.

– Jika berhasil, maka akun kamu sudah terdaftar. Lakukan proses Login dengan memasukkan nomor kartu BPJS atau email.

– Setelah masuk, pilih menu Ubah Data Peserta , lalu pilih opsi Kelas dan ganti sesuai keinginan.

– Jika sudah, klik Simpan. Data kamu akan berubah secara otomatis.

DATANG KE KANTOR BPJS TERDEKAT

Untuk melakukan pindah kelas, kamu juga bisa datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Tapi sebelumnya, siapkan dulu sejumlah syarat yang telah disebutkan di atas.

Jika sudah, isi formulir daftar isian peserta, lalu ambil nomor antrean. Kalau nomormu sudah dipanggil, segera datangi loket dan serahkan dokumen yang sudah disiapkan. Petugas akan memproses perpindahan kelas.

MELALUI CALL CENTER BPJS

Cara selanjutnya adalah dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400. Jika sudah terhubung, petugas akan membantu kamu dalam proses perpindahan kelas.

MOBILE CUSTOMER SERVICE

Cara berikutnya dengan memanfaatkan Mobile Customer Service (MCS) atau mobil layanan keliling yang disediakan oleh pihak BPJS Kesehatan. Jadwal layanan ini bisa kamu lihat di akun resmi media sosial BPJS Kesehatan.

Baca juga: Mau jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan? Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya!

MAL PELAYANAN PUBLIK

Cara pindah kelas BPJS Kesehatan yang terakhir adalah dengan mengurusnya di Mal Pelayanan Publik. Caranya hampir sama dengan mengurus di Kantor BPJS Kesehatan. Kamu hanya perlu datang ke sana dan ikuti semua prosedurnya.

Ya, itulah cara pindah kelas BPJS secara online dan offline yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply