Blog

Simak Baik-baik, ini Cara Menjual Tanah dengan Cepat!

danain-Cara menjual tanah dengan cepat-gambar tanah dijual

Cara menjual tanah dengan cepat

Sedang butuh dana cepat untuk keperluan yang mendadak, sedangkan aset yang kamu punya hanya berupa tanah? Coba tips cara menjual tanah dengan cepat berikut ini!

Tanah jadi salah satu aset investasi yang paling banyak dipilih karena memiliki kenaikan harga yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Sayangnya, tak banyak orang yang sadar atau tahu bahwa tanah merupakan aset non-likuid yang susah untuk dilikuidasi (dicairkan).

Sehingga, jika kamu hanya memiliki aset investasi berupa tanah ataupun jenis properti lain, maka untuk mendapatkan dana secepatnya akan sangat sulit. Sebab, penjualan tanah atau properti ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dari menemukan pembeli yang tepat hingga pengurusan dokumen yang dibutuhkan.

Nah, buat kamu yang mungkin sedang butuh dana cepat dan hanya memiliki aset berupa tanah, pada artikel berikut, kami akan memberikan tips cara menjual tanah dengan cepat yang bisa dilakukan. Apa saja itu?

  1. Perhatikan lokasinya

Jika kamu ingin berinvestasi tanah sejak awal, maka pastikan kamu membeli tanah yang berada di lokasi strategis. Meski harga yang ditawarkan biasanya juga akan sedikit lebih mahal, tapi setidaknya tanah tersebut akan lebih mudah untuk dijual di masa depan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjual Uang Kuno ke Bank Milik Swasta atau Pemerintah?

  1. Bersihkan pekarangan

Jika tanah yang akan kamu jual sudah ditumbuhi banyak tanaman liar, maka sebaiknya bersihkan tanaman tersebut agar memberikan kesan pertama yang baik pada calon pembeli. Ini akan sangat berpengaruh terhadap minat dari calon pembeli tersebut.

  1. Gunakan agen properti terpercaya

Cara menjual tanah dengan cepat berikutnya bisa kamu pertimbangkan dengan menggunakan jasa agen properti terpercaya. Mereka biasanya akan membantu kamu dalam memberikan harga yang tepat atau sesuai pasaran dari tanah tersebut, serta membantu proses pengiklanan.

Selain itu, agen properti yang sudah kredibel biasanya juga memiliki daftar relasi yang cukup luas. Sehingga, aset tanah yang akan kamu jual bisa lebih cepat menemukan calon pembeli yang tepat.

Baca juga: Jangan Asal Lego, ini Cara Menjual Emas Tanpa Surat yang Perlu Kamu Tahu!

  1. Gunakan media sosial

Kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan aset tanah tersebut. Cobalah bergabung dengan banyak grup properti dan tawarkan tanah yang akan kamu jual di sana. Tentunya, dengan menyertakan foto, harga, serta keterangan luas dan akses jalan di sekitar lingkungannya. Tujuannya agar lebih mudah menarik minat orang-orang yang melihat postingan-mu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan iklan berbayar di Facebook atau Instagram untuk menjangkau target audiens yang lebih segmented.

  1. Tawarkan di situs marketplace

Ada banyak situs marketplace properti yang bisa kamu pakai untuk memasarkan lahan tanahmu tersebut. Mulai dari Olx, Rumah.com, Lamudi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu bisa memasang iklan tanahmu di sana dan tinggal menunggu orang-orang yang menghubunginya. Tak perlu khawatir soal biaya, pemasangan iklan di beberapa situs jual beli tanah atau properti tersebut biasanya dapat dilakukan secara cuma-cuma alias gratis!

Baca juga: Benar-benar Ampuh, ini Sederet Trik Jualan Online agar Cepat Laku!

  1. Pasang harga yang kompetitif

Cara menjual tanah dengan cepat yang terakhir adalah dengan memasang harga yang kompetitif. Kamu bisa melakukannya dengan terlebih dulu mencari tahu pasaran harga tanah atau properti yang ada di sekitarnya.

Perhatikan juga, harga yang kamu tawarkan biasanya masih akan dinego oleh calon pembeli. Sehingga, kamu juga harus pintar-pintar dalam menentukan harga yang pas untuk lahan tanahmu tersebut.

Nah, itulah cara menjual tanah dengan cepat yang bisa kamu lakukan. Selain beberapa cara di atas, kamu juga harus dapat meyakinkan calon pembeli agar mau membeli lahan tanah yang kamu tawarkan. Misalnya dengan memberikan gambaran prospek tanah tersebut beberapa tahun ke depan.

Leave a Reply