Blog

Terbukti Ampuh, ini Cara Menjual Rumah dengan Cepat dan Mudah!

danain-Cara menjual rumah dengan cepat-gambar rumah dijual

Cara menjual rumah dengan cepat

Apakah kamu berencana untuk menjual rumah dalam waktu dekat? Jika ya, sederet cara menjual rumah dengan cepat ini bisa kamu contek!

Sebagian orang terkadang harus menjual rumah karena beberapa alasan. Ada yang karena kondisi finansialnya sedang buruk atau karena ingin pindah ke rumah baru, sehingga rumah yang sekarang dihuni harus dilepas.

Nah, bicara aktivitas menjual rumah, fakta yang terjadi di lapangan bisa dibilang tidaklah mudah. Sama halnya dengan membeli rumah, menjual rumah juga butuh waktu yang terkadang tidak sebentar, meskipun telah memasang iklan selama berbulan-bulan.

Seringkali, calon pembeli tidak jadi melakukan transaksi karena berbagai faktor. Bisa karena harga yang terlalu mahal, kondisi rumah yang berantakan, bangunan yang sudah tidak terawat, hingga penjual rumah yang tidak kooperatif.

Meski begitu, kamu tak perlu terlalu khawatir jika punya rencana untuk menjual rumah dalam waktu dekat. Pasalnya, ada langkah cerdas untuk menyiasatinya.

Baca juga: Benar-benar Ampuh, ini Sederet Trik Jualan Online agar Cepat Laku!

Berikut kami beberkan cara menjual rumah dengan cepat dan mudah, seperti dikutip dari laman Medcom.id:

Lakukan renovasi

Apakah bagian rumah kamu ada yang rusak, seperti tembok yang lumutan atau atap yang bocor? Kalau ya, sebaiknya lakukan renovasi terlebih dahulu sebelum menjualnya!

Perlu kamu tahu, harga jual rumah akan jatuh jika beberapa bagiannya sudah tidak layak atau ada yang rusak. Lain halnya kalau semua bagian rumah sangat terawat, kamu bisa dengan lugas menyampaikan pada calon pembeli bahwa rumah yang ingin dijual kondisinya sangat baik dan layak untuk ditempati. Ini akan menjadi nilai tambah!

Cek harga sekitar

Sebelum menjual rumah, cobalah untuk mengecek harga tanah di sekitar rumah kamu untuk menentukan harga yang wajar. Jangan terlalu rendah, jangan pula terlalu tinggi.

Baca juga: Ketahui Kekurangan dan Kelebihan Penjualan dengan Sistem Konsinyasi!

Kamu bisa melakukan riset harga melalui situs penjualan properti yang banyak tersedia di dunia maya. Selain itu, periksa juga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang tertera di Pajak Bumi dan Bangungan (PBB).

Umumnya, harga rumah yang dijual akan lebih tinggi dua atau tiga kali lipat dari NJOP. Beda lagi jika rumah kamu berada di lokasi yang sangat strategis, harga jualnya tentu akan jauh lebih tinggi.

Manfaatkan situs jual beli

Cara menjual rumah dengan cepat yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan situs jual beli. Kamu bisa memasang iklan di sejumlah situs sebagai strategi pemasaran.

Dalam hal ini, pastikan menampilkan gambar rumah yang berkualitas dan detail guna menarik minat pembeli. Tak lupa, sediakan pula waktu khusus untuk calon pembeli yang ingin melakukan cek fisik.

Beriklan di media sosial

Media sosial sangat efektif untuk menjual rumah. Seperti halnya situs jual beli, kamu bisa memasang iklan di media satu ini, baik di Instagram atau Youtube. Lagi-lagi, tampikan gambar rumah yang berkualitas dan detail agar calon pembeli bisa tertarik.

Pakai agen properti

Cara menjual rumah dengan cepat yang terakhir adalah dengan menggunakan jasa agen properti. Langkah ini biasanya ditempuh oleh mereka yang tak sempat atau tak punya waktu untuk menjual rumahnya sendiri.

Baca juga: Ini Harga Bumi jika Dijual Menurut Ahli, Nilainya Sangat Fantastis!

Pilihlah agen properti yang berpengalaman dan punya riwayat bagus dalam penjualan rumah. Jangan sembarangan memilih agen, sebab bisa merugikan kamu dalam perjalanannya.

Satu hal yang perlu kamu catat, ada biaya komisi yang perlu dikeluarkan jika menggunakan jasa ini. Biasanya, nominal yang digelontorkan sebesar 2,5 persen dari total harga jual rumah.

Ya, itulah cara menjual rumah dengan cepat yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply