Blog

Gampang, Begini Cara Mendapatkan Supplier Tangan Pertama!

danain-Cara mendapatkan supplier tangan pertama-gambar troli belanja

Cara mendapatkan supplier tangan pertama

Mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam bisnis bisa dilakukan dengan menggunakan supplier tangan pertama. Nah, kira-kira, bagaimana cara mendapatkan supplier tangan pertama?

Buat kamu yang tertarik untuk berbisnis, mencari supplier yang kredibel jadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan. Terlebih jika kamu ingin langsung memulai sebuah bisnis online.

Supplier atau pemasok berperan penting dalam menyetor barang yang nantinya akan kamu jual ke pelanggan. Tentunya, untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, kamu  bisa lakukan dengan cara mendapatkan supplier tangan pertama.

Lantas, bagaimana cara mendapatkannya? Berikut sejumlah tips yang bisa kamu coba!

Cara Mendapatkan Supplier Tangan Pertama

  1. Kunjungi sentra bisnisnya

Sentra bisnis merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menampung atau mengumpulkan para pelaku usaha dalam sebuah industri.

Nah, di sentra bisnis ini, kamu bisa mencari atau mengajak kerjasama para produsen tangan pertama untuk menjadi pemasok di bisnismu nanti.

Baca juga: Sering jadi Perbincangan, Apa itu Bisnis Franchise?

Di sana, kamu bisa melihat proses produksi yang dilakukan sampai menentukan produk mana yang akan kamu jual sesuai dengan kualitasnya. Kami sangat menyarankan untuk memilih supplier yang kredibel dan berkualitas agar pelangganmu tidak kecewa.

  1. Melalui situs web atau toko online

Cara mendapatkan supplier tangan pertama yang berikutnya bisa dilakukan lewat toko online atau situs web.

Kamu tinggal menentukan produk apa yang sekiranya ingin kamu jual, kemudian cari situs web resmi supplier dengan keyword tertentu. Misal, “Supplier kaos polos”. Biasanya, pada halaman teratas, kamu bisa mendapatkan beberapa pilihan supplier yang sudah terjamin kredibilitasnya.

Namun demikian, kamu juga harus melakukan cross check terlebih dahulu. Misalnya, dengan membeli atau mencoba satu produknya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa tahu, apakah kualitas yang ditawarkan sepadan dengan harga jualnya atau tidak.

Kamu juga bisa mencari supplier tangan pertama dari beberapa situs marketplace. Untuk mendapatkan info lebih lanjutnya, kamu bisa menghubungi toko supplier tersebut.

  1. Cari di forum atau komunitas bisnis online

Jika kamu memiliki akun media sosial seperti Facebook, kamu bisa bergabung dengan banyak grup bisnis. Di sana, kamu bisa menemukan banyak reseller, penjual grosir, eceran, bahkan pemasok tangan pertama yang bisa dijak kerjasama.

Baca juga: Bisnis Sewa Paling Laris dan Paling Menjanjikan, Apa Saja?

Lebih mudahnya, kamu bisa langsung membuat sebuah posting-an atau thread untuk mencari produsen tangan pertama produk yang ingin kamu jual. Biasanya, mereka akan dengan senang hati memberikan kontak lebih lanjut untuk membicarakan kerjasama tersebut.

Tips Memilih Supplier Tangan Pertama

Agar kamu tak salah pilih dalam menentukan pemasok barang bisnis yang akan kamu jual kembali nanti, maka kamu harus memastikan beberapa hal berikut ini:

  1. Cari supplier dengan alamat dan kontak yang jelas

Jika kamu mendapatkan supplier melalui media online, maka kamu harus memastikan bahwa kamu mengetahui asal atau alamat pasti dari pihak supplier tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa ia adalah pemasok yang terpercaya.

Kamu juga harus memastikan bahwa supplier ini mudah dihubungi. Sebab, bagaimana pun, stok barang yang akan kamu jual nanti berasal dari dia seluruhnya. Jika sulit dihubungi, maka proses restock atau refund barang yang rusak pun akan susah dilakukan.

  1. Perhatikan stok barangnya

Supplier yang bagus seharusnya menyediakan stok barang unlimited. Sehingga, kamu bisa melakukan restock kapanpun.

Maka dari itu, kamu juga harus memastikan, apakah mereka rutin melakukan produksi atau hanya berdasarkan sistem PO dan supply demand saja.

  1. Kondisi dan kualitas produk

Berikutnya, kamu juga harus memastikan bahwa produk yang akan kamu dapatkan atau jual kembali ke pelanggan tangan terakhir nanti adalah produk dengan kualitas terbaik. Jangan sampai kamu menjual produk rusak dengan kualitas rendah karena berasal dari supplier yang tidak profesional.

Selain bisa mengecewakan pelanggan, juga sangat rentan membuat nama bisnismu tercoreng.

Baca juga: Punya Peluang Besar, 5 Bisnis yang Masih Jarang Digeluti ini Patut Kamu Coba!

Nah, itulah ulasan mengenai cara mendapatkan supplier tangan pertama. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang tertarik atau sedang mencari ide untuk berbisnis!

Leave a Reply