Blog

3 Cara Mendapatkan Pinjaman Cepat untuk Memenuhi Kebutuhan Mendesak

Danain-cara_mendapatkan_pinjaman_cepat-gambar aplikasi pinjaman online

Tips mendapatkan pinjaman cepat

Apakah kamu sedang butuh uang untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak? Jika ya, 3 cara ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan pinjaman cepat!

Mengajukan pinjaman tampaknya telah jadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Tak hanya kalangan bawah, kalangan menengah dan atas pun seringkali tidak luput dari yang namanya aktivitas pinjam-meminjam. Pada umumnya, keputusan untuk meminjam uang kerap diambil saat penghasilan tak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau saat ada keperluan lain yang sifatnya mendesak.

Dalam banyak kasus, lembaga perbankan umumnya jadi sasaran utama ketika seseorang mengajukan pinjaman. Kendati begitu, bukan berarti pinjaman yang diajukan tersebut serta-merta langsung diterima, mengingat ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi dan perlu waktu untuk memprosesnya.

Lantas, bagaimana jika seseorang membutuhkan pinjaman cepat untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak? Yang jelas, masih tersedia alternatif lain yang bisa dimanfaatkan sebagai solusi!

Perlu kamu tahu, penyedia pinjaman di Indonesia tak melulu lembaga perbankan saja. Masih ada penyedia pinjaman lain yang bisa kamu manfaatkan, yakni pinjaman non bank.

Berikut kami beberkan 3 cara mendapatkan pinjaman cepat untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti dikutip dari berbagai sumber. Simak sampai tuntas!

Pinjam pada kerabat dekat

Cara mendapatkan pinjaman cepat yang pertama adalah dengan meminjam pada kerabat dekat. Dalam konteks ini, merekalah yang kemungkinan besar bisa meminjamkan uang dengan cepat tanpa perlu embel-embel apapun. Dasarnya hanya saling percaya.

Baca juga: Ingin Pinjam Modal Usaha di P2P Lending? Perhatikan 3 Poin ini Sebelum Mengajukannya!

Adapun jika pinjaman telah diberikan, kamu harus bisa memastikan kapan pinjaman tersebut akan dikembalikan. Sebab, kalau tak ada kepastian, hal itu bisa mengganggu kelangsungan hubungan kamu dengan yang bersangkutan.

Singkat kata, jangan membuat mereka kecewa dengan pelunasan yang terlambat. Jika memang belum bisa melunasi, ada baiknya untuk memberi kabar dan penjelasan kepada mereka. Jangan pernah sekali-kali menghilang tanpa kabar, sebab hal itu bisa memperburuk keadaan.

Gadai barang berharga di pergadaian

Cara mendapatkan pinjaman cepat yang kedua adalah dengan menggadaikan barang berharga, seperti emas, surat kendaraan, atau sertifikat rumah di perusahaan pergadaian. Untuk diketahui, nominal pinjaman di pergadaian sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta rupiah. Tergantung bentuk jaminan yang diserahkan.

Prosesnya pun tergolong mudah. Menggadaikan emas, misalnya. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP, SIM, atau Paspor, kemudian datang ke kantor pergadaian dengan membawa emas yang ingin digadaikan. Setelah itu, petugas akan melakukan penaksiran untuk menentukan berat, karat, dan value maksimal dari emas tersebut.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, 7 Tips Jualan Online ini Sangat Penting untuk Pemula!

Jika sudah, petugas akan memberi tahu taksiran harga emas dan nominal maksimal yang bisa dicairkan. Bila setuju, petugas akan menyodorkan form surat bukti gadai dan asuransi keamanan untuk kamu tanda tangani. Terakhir, petugas akan mencairkan pinjaman, lalu memasukkan barang agunan ke dalam brankas.

Tak lupa, kamu harus memastikan bahwa perusahaan gadai yang kamu datangi memang terpercaya dan punya legalitas dari regulator, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, transaksi kamu akan lebih aman.

Manfaatkan pinjaman online

Cara mendapatkan pinjaman cepat yang terakhir adalah dengan memanfaatkan layanan pinjaman online yang sedang marak di Indonesia. Dengan syarat yang minim, proses pengajuan yang mudah, dan pencairan yang sangat cepat, tak heran jika layanan satu ini banyak digemari oleh masyarakat.

Namun, lagi-lagi, kamu harus tetap memastikan perihal legalitas pinjaman online yang mau digunakan. Jangan sampai terjerat pinjaman online ilegal yang bisa merugikan kamu di kemudian hari.

Mau tahu ciri-ciri pinjaman online ilegal? Baca ini: Terjerat Pinjaman Online Ilegal? 5 Hal ini Bisa Kamu Lakukan Sebagai Solusi!

 

Leave a Reply