Blog

Super Gampang, Begini Cara Kerja Reseller Online Shop yang Menguntungkan!

danain-Cara kerja reseller online shop-gambar ilustrasi reseller

Cara kerja reseller online shop

Istilah reseller tentu sudah tidak asing lagi di era 4.0 ini. Tapi, sudahkah kamu tahu bagaimana cara kerja reseller online shop yang sebenarnya?

Perkembangan teknologi digital yang semakin maju memberikan banyak kemudahan. Tak hanya dalam aspek komunikasi, namun juga dalam industri dan bisnis. Di mana kini semua orang bisa menjadi pengusaha, bahkan hanya bermodalkan smartphone dalam genggaman.

Salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan banyak ditekuni orang saat ini adalah dengan menjadi reseller online shop. Tak hanya menawarkan kemudahan, menjadi seorang reseller toko online juga tidak membutuhkan modal besar.

Sayangnya, meski menguntungkan, nyatanya masih banyak orang yang takut untuk mencoba karena belum tahu bagaimana konsep dan cara kerja reseller online shop yang sebenarnya. Nah, maka dari itu, pada artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkapnya buat kamu yang barangkali tertarik untuk menjadi reseller online shop.

Cara Kerja Reseller Online Shop

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, terlebih dahulu kamu harus berkenalan dengan arti kata dari reseller.

Sesuai namanya, re-sell atau reselling adalah aktivitas menjual kembali barang yang sudah dibeli sebelumnya dengan harga yang lebih tinggi. Nantinya, selisih harga jual dan beli barang tersebut adalah keuntungan yang bisa kamu kantongi.

Baca juga: Jangan Asal Pinjam, ini Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Secara Online yang Perlu Diketahui!

Nah, sedangkan reseller sendiri adalah sebutan bagi orang yang melakukan kegiatan reselling atau menjual kembali barang yang sudah mereka beli.

Untuk menjadi seorang reseller, kamu tidak perlu membuat atau memproduksi barang sendiri. Kamu hanya perlu bekerja sama dengan produsen atau supplier barang yang akan kamu jual kembali.

Itulah kenapa menjadi reseller bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin berbisnis namun belum punya modal besar.

Namun, untuk menjadi reseller, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan, mulai dari segi produk hingga supplier yang akan kamu pilih. Lebih lengkapnya, simak poin-poin penting dari kami berikut ini:

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan ketika Menjadi Reseller

  1. Tentukan produk yang akan dijual

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah produk apa yang akan kamu jual. Meskipun hanya seorang reseller, kamu juga harus mencari tahu produk mana yang sekiranya banyak dicari dan dibutuhkan orang saat ini. Tujuannya agar produk jualanmu cepat laku.

Baca juga: Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar, Benarkah Tidak Masalah?

Misalnya, mendekati bulan Ramadan, akan banyak orang yang berburu pakaian baru. Maka kamu bisa mencoba menjadi reseller online shop busana muslim. Selain produk fashion, kamu juga bisa mencoba produk seperti makanan, minuman, skincare, make-up, dan lain sebagainya.

  1. Pilih supplier yang kredibel

Setelah menentukan produk apa yang akan kamu jual, maka selanjutnya kamu harus mencari supplier atau produsen yang kredibel. Pastikan produk yang mereka jual memiliki kualitas bagus dan layak untuk dijual kembali.

Karena apabila produk yang kamu jual tidak berkualitas, maka kamu adalah orang pertama yang akan menanggung feedback negatif dari pelanggan. Akibatnya, nama baik tokomu lah yang akan tercoreng dan dipertaruhkan dalam hal ini.

  1. Siapkan modal

Menjadi reseller memerlukan modal di awal, di mana kamu harus merogoh kocek untuk berbelanja stok produk yang akan kamu jual kembali. Untuk besaran modal yang perlu kamu keluarkan bisa disesuaikan dengan budget masing-masing sekaligus produk apa yang kamu pilih.

  1. Memasarkan produk

Setelah tiga tahapan di atas sudah kamu penuhi, maka kamu siap untuk mempromosikan produk-produk tersebut melalui berbagai macam platform, baik itu media sosial, blog, ataupun dari mulut ke mulut.

Baca juga: Ini Dia, Ciri-ciri Pinjaman Online Terpercaya yang Perlu Kamu Tahu!

Kelebihan menjadi reseller adalah kamu bisa menentukan besaran keuntungan yang ingin kamu peroleh. Tidak ada aturan pasti mengenai berapa persentase yang ideal untuk mengambil jumlah keuntungan, tapi akan lebih baik jika kamu mengikuti harga pasar sehingga produk yang kamu jual bisa lebih mudah laku dan diterima pasar.

Ya, itulah cara kerja reseller online shop yang sebenarnya dan sangat mudah untuk diterapkan. Tertarik untuk mencoba menjadi reseller toko online sekarang? Selamat mencoba!

Leave a Reply