Blog

Jangan Asal Pinjam, ini Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Secara Online yang Perlu Diketahui!

danain-pinjaman_modal_usaha_online-gambar orang pinjam uang

Pinjaman modal usaha secara online

Sedang butuh modal untuk menjalankan suatu usaha? Jika ya, mengajukan pinjaman modal usaha secara online bisa jadi pilihan tepat!

Ada banyak kebutuhan yang bisa dipenuhi dengan mengajukan sebuah pinjaman, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, bahkan tersier. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman sebagai modal awal untuk merintis suatu bisnis.

Seperti yang kita tahu, ada banyak hal yang harus disiapkan saat memulai sebuah usaha. Kamu perlu mematangkan ide hingga menyusun rencana agar bisnis bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sejalan dengan itu, penting juga untuk mendapatkan modal agar bisa merealisasikannya sesegera mungkin.

Perlu diingat, sebuah bisnis tak akan berjalan mulus tanpa adanya ketersediaan modal. Intinya, kamu perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membuat atau mempromosikan suatu produk kepada khalayak ramai.

Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan sebuah usaha, tapi masih terkendala dengan modal, kamu tak perlu terlalu khawatir dengan hal itu. Pasalnya, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa manfaatkan tabungan yang ada, menjual aset pribadi, mencari investor, ajukan pinjaman ke bank atau kerabat, hingga gadaikan barang berharga (emas atau BPKB kendaraan) di perusahaan pergadaian legal.

Baca juga: Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar, Benarkah Tidak Masalah?

Akan tetapi, jika sejumlah cara tersebut masih dirasa kurang tepat, kamu bisa menempuh cara lain sebagai alternatif. Dalam hal ini, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha secara online yang saat ini marak tersedia.

Berikut tips cerdas saat mengajukan pinjaman online untuk modal usaha, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Pilih platform pinjaman online yang legal

Sebelum mengajukan pinjaman online, ada baiknya untuk mengecek terlebih dulu profil lembaga keuangan yang menyediakan layanan tersebut. Pastikan platform yang akan digunakan punya status terdaftar atau berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator. Hal ini penting untuk mencegah penipuan yang bisa merugikan. Selain itu, ketahui pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh platform tersebut guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Jangan pinjam berlebihan

Banyak orang meminjam modal usaha secara online dengan jumlah yang berlebihan. Mereka seringkali tak memikirkan kemampuan bayar cicilan, bunga, dan lain sebagainya. Ini sangat tak disarankan, sebab bisa menimbulkan masalah baru di masa yang akan datang.

Baca juga: Simak Baik-baik, Ini Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali!

Langkah bijaknya, ajukanlah pinjaman sesuai kebutuhan dan pastikan kamu sanggup untuk membayar cicilan sampai lunas. Menurut ahli keuangan, maksimal pinjaman yang diajukan adalah 30 persen dari jumlah pendapatan.

Hindari mengajukan pinjaman untuk membayar pinjaman

Jika ingin mengajukan pinjaman modal usaha secara online, hindarilah melakukan “Gali lubang, tutup lubang” alias mengajukan pinjaman baru untuk melunasi pinjaman yang sudah ada. Akan lebih baik jika kamu memprioritaskan cicilan utama setelah mendapatkan dana pinjaman.

Jangan pakai dana pinjaman untuk hal lain

Saat dana pinjaman sudah ada di tangan, pastikan bahwa penggunaannya memang untuk keperluan usaha, bukan untuk hal lain, apalagi yang sifatnya konsumtif. Gunakan anggaran yang ada semaksimal mungkin untuk kemajuan usaha kamu.

Baca juga: Ini Dia, Ciri-ciri Pinjaman Online Terpercaya yang Perlu Kamu Tahu!

Bayar cicilan tepat waktu

Tips yang terakhir, pastikan untuk membayar cicilan tepat waktu setelah pinjaman berhasil dicairkan. Jangan pernah menunda-nunda pembayaran jika tak ingin dikenakan denda!

Ya, itulah tips mengajukan pinjaman modal usaha secara online yang perlu kamu tahu. Semoga info ini bermanfaat bagi kamu yang ingin merintis sebuah usaha!

Leave a Reply