Blog

Pelaku Bisnis Wajib Tahu, ini Cara Follow Up Customer yang Baik dan Benar!

danain-Cara follow up customer yang baik-gambar orang membuka hp

Cara follow up customer yang baik

Follow up jadi salah satu metode yang cukup efektif dalam memasarkan bisnis. Lantas, bagaimana cara follow up customer yang baik dan benar?

Istilah follow up sudah tidak asing lagi di dunia bisnis. Follow up merujuk pada kegiatan menghubungi lebih lanjut calon konsumen atau konsumen, berkaitan dengan transaksi yang akan atau sudah dilakukan atas barang maupun jasa.

Teknik follow up bisa dilakukan melalui beragam cara, mulai dari telepon, email, sms, hingga WhatsApp. Dengan menerapkan strategi tersebut, pelaku usaha bisa membangun relasi jangka panjang dengan konsumen, bahkan mampu mendongkrak penjualan secara signifikan.

Ada dua skill penting yang wajib dimiliki untuk melakukan follow up dalam dunia bisnis, yakni komunikasi dan negosiasi. Ketika seseorang memiliki kedua skill tersebut dalam dirinya, potensi follow up untuk berhasil akan jadi lebih besar.

MANFAAT FOLLOW UP CUSTOMER

Follow up customer punya sederet manfaat bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Berikut manfaat yang dimaksud, seperti dikutip dari laman Detik.com:

  1. Pemenuhan ekspektasi – pebisnis harus mendahulukan customer dan perlu mengetahui apa yang menjadi ekspektasi mereka terhadap produk yang ditawarkan. Follow up jadi salah satu cara untuk mengetahui ekspektasi tersebut.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Waralaba dalam Dunia Bisnis?

  1. Tetap dekat dengan customerfollow up membuat customer merasa dipedulikan oleh pebisnis. Kedekatan tersebut akan membuat customer setia menggunakan produk yang dijual.
  2. Membuat customer merasa spesialfollow up membuat customer merasa spesial karena diperlakukan secara khusus.
  3. Memberikan pelayanan terbaikfollow up merupakan cara terbaik untuk memberikan pelayanan maksimal kepada customer. Dengan melakukan follow up, customer akan senang menggunakan produk yang dijual.

CARA FOLLOW UP CUSTOMER YANG BAIK

Dalam dunia bisnis, ada dua cara follow up yang perlu dilakukan. Pertama, sebelum orang melakukan pembelian, dengan tujuan untuk membujuk orang tersebut agar mau membeli produk atau jasa yang dijual. Kedua, setelah pembelian, dengan tujuan agar pelanggan melakukan repeat order.

Follow up calon customer

  1. Tentukan waktu terbaik

Hindari menghubungi calon customer di jam sibuk. Beri jarak pada setiap pesan yang dikirim agar calon customer tidak merasa terganggu. Kalau mereka belum merespons, beri waktu jeda selama sehari atau seminggu, lalu ingatkan kembali.

Baca juga: Kerap Diucapkan Dalam Dunia Bisnis, Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN?

  1. Hubungi calon customer di hari yang sama

Pastikan hubungi calon customer di hari yang sama dengan pertemuan pertama. Hal ini akan membuat calon customer menempatkan produk yang ditawarkan dalam top of mind.

  1. Tawarkan jasa konsultasi gratis

Saat menghubungi calon customer, tawarkanlah jasa konsultasi gratis atas masalah yang dihadapi. Dengan begitu, calon customer akan merasa lebih yakin untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

  1. Tawarkan keunggulan di setiap follow up

Informasikanlah keunggulan produk setiap kali melakukan follow up. Yakinkan calon customer bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan membeli produk yang ditawarkan.

  1. Tetap terhubung

Jika calon konsumen belum juga mengambil keputusan, pastikan untuk tetap terhubung dengan mereka. Mungkin saja mereka akan tertarik di lain kesempatan.

Follow up customer setelah pembelian

  1. Ucapkan terima kasih

Setelah customer melakukan pembelian, ucapkanlah terima kasih kepada mereka. Hal ini akan membuat customer merasa spesial dan diperhatikan.

  1. Tanyakan pengalaman menggunakan produk

Tanyakanlah pengalaman menggunakan produk yang telah dibeli, baik itu kepuasan atau keluhan. Jika customer puas, ucapkan terima kasih kembali. Sementara jika ada keluhan, tawarkanlah bantuan kepada mereka.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Definisi dan Contoh Bisnis Ritel di Indonesia!

  1. Jaga komunikasi

Sama halnya dengan calon customer, pebisnis juga harus tetap terhubung dengan customer setelah bertransaksi. Pebisnis bisa menanyakan customer tentang kesediaannya untuk dikirimi informasi atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Tawarkan diskon

Setelah beberapa waktu, berikanlah informasi tentang diskon kepada customer. Mungkin saja, customer akan tertarik untuk melakukan repeat order.

  1. Minta rujukan

Kalau customer senang dengan produk yang dibeli, mintalah mereka untuk memberikan rujukan tentang produk tersebut kepada orang di sekitarnya. Langkah ini bisa meningkatkan penjualan di kemudian hari.

Bagaimana, sudah paham kan tentang cara follow up customer yang baik? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply