Blog

Butuh Dana Cepat? Berikut Cara dan Syarat Pinjam Uang di Koperasi!

danain-syarat pinjam uang di koperasi-gambar orang minjam duit di koperasi

syarat pinjam uang di koperasi

Koperasi jadi salah satu lembaga keuangan non-bank yang bisa dijadikan pilihan untuk mengajukan pinjaman. Tapi, sudahkah kamu tahu apa saja syarat pinjam uang di koperasi agar cepat disetujui?

Sejak munculnya lembaga financial technology (fintech) seperti pinjaman online, keberadaan koperasi mulai dilupakan oleh banyak orang. Padahal, di zaman dulu, koperasi kerap dijadikan salah satu opsi saat mengajukan pinjaman jika terdapat kebutuhan yang mendesak selain bank.

Adapun saat ini, orang lebih memilih menggunakan pinjaman online karena dianggap lebih praktis dan efektif. Namun, di balik kelebihannya itu, pinjaman online yang bisa dengan mudah kita temui kerap memasang bunga tinggi, bahkan tak masuk akal dengan tenor yang cukup singkat.

Nah, jika kamu saat ini sedang terjerat kebutuhan yang mendesak, maka koperasi simpan pinjam bisa dijadikan pilihan untuk mengajukan pinjaman. Lantas, bagaimana cara dan syarat pinjam uang di koperasi? Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu!

Syarat Pinjam Uang di Koperasi

Untuk mengajukan pinjaman di koperasi, terdapat beberapa syarat yang perlu kamu penuhi. Salah satunya adalah dengan menjadi anggota. Namun, kamu tak perlu khawatir jika belum menjadi anggota, sebab ada beberapa koperasi yang menyediakan pinjaman bagi non-anggota.

Baca juga: Ini Dia, Tempat Pinjam Dana Paling Mudah yang Kerap Dilupakan!

Selain syarat tersebut, berikut beberapa syarat lain yang harus dipenuhi oleh peminjam:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Mengisi formulir peminjaman dana.
  3. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi peminjam yang akan mengajukan pinjaman dana lebih dari Rp 50 juta.
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pribadi untuk yang masih lajang, disertai fotokopi KTP pasangan apabila sudah menikah.
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Surat Nikah (bagi yang sudah berumah tangga).
  6. Fotokopi slip gaji, rekening listrik, dan buku pensiun (jika dibutuhkan).
  7. Dokumen pendukung sebagai jaminan, seperti surat tanah, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor

(BKPB), deposito, dan lain sebagainya.

  1. Proposal yang berisi informasi mengenai tujuan dari pengajuan pinjaman tersebut.

Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Koperasi

Jika kamu sudah melengkapi seluruh persyaratan di atas, langkah berikutnya adalah mengajukan pinjaman ke koperasi yang sudah kamu tentukan dengan mendatangi kantor koperasinya. Selanjutnya, kamu tinggal menyerahkan seluruh dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan sebelumnya.

Pihak koperasi akan memeriksa kelengkapan data yang dibutuhkan dan mengecek kembali proposal pengajuan pinjaman danamu. Jika dana yang kamu ajukan memiliki nominal yang cukup besar, pihak koperasi biasanya akan melakukan pertimbangan terlebih dahulu terkait dengan tujuan pinjamanmu.

Baca juga: Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar, Benarkah Tidak Masalah?

Kemudian, pihak koperasi akan membuat akad pinjaman yang harus disepakati oleh kedua belah pihak. Untuk itu, kamu bisa membaca dan memahami terlebih dahulu akad pinjaman tersebut, terutama terkait cicilan dan lamanya jangka waktu pengembalian.

Apabila sudah cocok secara keseluruhan, kamu bisa menandatanganinya di atas materai dan pinjaman danamu bisa segera dicairkan. Pastikan untuk membayar tagihan atau cicilan tepat waktu sesuai dengan ketentuan yang sudah kamu sepakati!

Tips Agar Pengajuan Pinjaman di Koperasi Disetujui

Agar pengajuan pinjaman di koperasi cepat disetujui, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

  1. Buat surat rekomendasi

Apakah kamu punya kerabat yang bekerja di dalam koperasi tersebut? Jika ya, kamu bisa memintanya untuk membuatkan surat rekomendasi agar dimudahkan dalam hal pengajuan pinjaman.

Selain itu, kamu juga bisa meminta surat rekomendasi dari atasan di perusahaan tempatmu bekerja. Surat rekomendasi ini akan membantu kamu dalam meyakinkan para pengurus koperasi simpan pinjam yang kamu gunakan.

  1. Lengkapi semua keperluan administrasi

Agar pengajuan pinjamanmu tidak ditolak, kamu harus melengkapi semua persyaratan administrasi yang diperlukan. Jangan sampai kamu membuang banyak waktu hanya untuk melengkapi persyaratan yang belum dimiliki.

Baca juga: Ini Dia, Ciri-ciri Pinjaman Online Terpercaya yang Perlu Kamu Tahu!

  1. Berikan dokumen pendukung terbaik

Untuk memudahkan pertimbangan para pengurus koperasi dalam memproses pengajuan pinjamanmu, kamu bisa menambahkan beberapa dokumen pendukung lain yang tidak diminta. Misal, bukti mutasi rekening koran, dokumen pekerjaan, hingga dokumen lain yang berkaitan dengan kelancaranmu dalam membayar tagihan tertentu.

Ya, itulah cara dan syarat pinjam uang di koperasi yang perlu kamu tahu. Kamu juga bisa mengikuti beberapa tips yang kami berikan di atas agar pengajuan pinjamanmu cepat disetujui.

8 Comments

  1. Eni Soelistiowati

    mau gabung di sini bgmn caranya

  2. Casminah

    Tolong saya kak saya ingin melunasi hutang saya.saya cape di tagih di maki maki saya ingin cepat lunas hutang saya di ojol

  3. Feni ferdiana

    Saya butuh bantuan dana untuk melunasi pinjol

  4. Arsila Rivandiyas

    Mohon bantu saya melunasi hutang pinjol sya, sya sudah diteror sngat kasar

    • Agil abus sugiri

      Tolong bantu sy..hutang saya udah mencapai 50jt lebih..sy gpp cicil selama 5th juga..ya allah

  5. Nurhayati

    Mohon bantuan nya saya terjerat rentenir
    Ingin sekali melunasinya..tiap gajian tidak cukup malah tambah bengkak

  6. Astuti anggraini

    Bantu saya melunasi pinjaman rentenir yang makin besar, saya ingin sekali melunasi nya, tetapi penghasilan saya tdk cukup , mhn solusinya

  7. Indri

    Sya berharap ada seseorang yg menolong membebaskan sya dari hutang rentdnir

Leave a Reply