Blog

Pasti Cuan, Begini Cara Menjual NFT di Opensea!

danain-Cara menjual NFT di Opensea-gambar handphone terbuka

Cara menjual NFT di Opensea

Sejak kemunculan Ghozali Everyday yang berhasil menjual foto selfie-nya sebagai NFT di Opensea dengan harga yang fantastis, kini banyak orang yang juga mencoba peruntungan untuk menjual karya atau aset digitalnya. Nah, kira-kira, bagaimana sih cara menjual NFT di Opensea?

NFT atau Non Fungible Token jadi salah satu topik yang cukup banyak diperbincangkan beberapa waktu belakangan. Hal ini tak luput dari peran Ghozali Everyday yang sempat menghebohkan dunia maya dengan NFT foto selfie-nya yang terjual hingga Rp 1,5 M.

Angka fantastis yang didapat Ghozali tersebut membuat banyak orang tertarik untuk turut menjual foto ataupun karya-karyanya di Opensea (sejenis marketplace global untuk jual-beli NFT).

Nah, buat kamu yang mungkin tertarik atau ingin menjual NFT di Opensea, pada artikel berikut, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai cara menjual NFT di Opensea.

Yuk, simak informasi lengkapnya!

  1. Buat NFT-mu terlebih dahulu

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia Opensea, kamu harus memiliki produk NFT-mu terlebih dahulu.

Produk NFT tak hanya sebatas foto saja, namun juga bisa dalam bentuk lain seperti domain, video, lagu, karya desain grafis, animasi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjual Uang Kuno ke Bank Milik Swasta atau Pemerintah?

Kamu tidak harus menjual foto selfie-mu seperti halnya Ghozali Everyday. Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang lain yang menghasilkan sebuah karya seni, kamu bisa menjualnya di market Opensea.

  1. Pastikan memiliki akun wallet

Sama halnya seperti marketplace lain, Opensea juga menyediakan wallet (dompet) yang nantinya akan digunakan untuk menampung saldo hasil penjualan NFT atau ketika kamu akan melakukan pembelian aset digital di Opensea.

Wallet ini harus terintegrasi atau dihubungkan dengan akun Opensea-mu untuk menukarkan mata uang USD menjadi mata uang kripto pilihanmu.

  1. Buka situs Opensea

Jika kamu sudah memiliki karya seni yang akan dijual ke market Opensea dan memiliki wallet yang akan dihubungkan, maka selanjutnya kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi dari Opensea di https://opensea.io/ untuk melakukan pendaftaran.

Langkah berikutnya, kamu akan diminta untuk menghubungkan wallet-mu terlebih dahulu.

Kemudian klik “Profile” yang terletak di bagian kanan atas, lalu pilih NFT yang ingin kamu jual dari wallet-mu atau bisa juga dengan mengunggah NFT berupa karyamu sendiri.

Baca juga: Jangan Asal Lego, ini Cara Menjual Emas Tanpa Surat yang Perlu Kamu Tahu!

  1. Tentukan harga NFT-mu

Cara menjual NFT di Opensea berikutnya adalah dengan menentukan harga yang sesuai dengan karya atau NFT yang akan kamu jual ke pasar.

Jika itu adalah karyamu sendiri, maka kamu yang berhak menentukan berapa harganya. Kamu juga akan diminta untuk menentukan tipe penjualan pada menu berikutnya. Apakah karya tersebut ingin dijual dengan harga tetap (fixed price) atau dengan sistem lelang (timed auction)?

Apabila kamu memilih sistem lelang, maka akan ada pilihan lamanya waktu produk tersebut berada dalam masa listing. Mulai dari 1 hari, 3 hari, hingga 1 minggu. Kamu bebas menentukannya sesuai dengan preferensi.

Tak hanya sampai di situ, kamu juga bisa menjual NFT tersebut dalam bentuk bundling atau paket dan bisa juga mengkhususkan NFT tersebut untuk dijual ke buyer khusus.

  1. Ketahui fee yang dikenakan di Opensea

Untuk mengunggah NFT-mu di Opensea, biasanya akan dikenai gas fee dengan nominal yang cukup beragam, namun berkisar antara $1 hingga $500. Tapi tidak perlu khawatir, kamu juga bisa mengunggah NFT-mu secara gratis dengan menggunakan blockchain Polygon yang tersedia di Opensea.

Kemudian, jika kamu sudah berhasil menjual produk NFT-mu di Opensea, maka kamu juga harus tahu bahwa terdapat fee atau biaya lain yang juga akan dikenakan pada setiap transaksi pembelian.

Baca juga: Benar-benar Ampuh, ini Sederet Trik Jualan Online agar Cepat Laku!

Di Opensea sendiri, kamu akan dikenakan biaya 2,5% dari transaksi NFT yang laku terjual. Selain itu, ada juga biaya lain berupa Creator Royalty sebesar 10%.

Ya, itulah cara menjual NFT di Opensea yang perlu kamu tahu. Apakah kamu tertarik untuk menjual berbagai macam karyamu secara global di sana?

Leave a Reply