Blog

Sudah Tahu Belum, Apa yang Dimaksud dengan Leasing?

danain-Apa yang dimaksud dengan leasing-gambar ilustrasi leasing mobil

Apa yang dimaksud dengan leasing?

Apa yang dimaksud dengan leasing?

Memahami apa yang dimaksud dengan leasing merupakan hal penting untuk diketahui. Pasalnya, jadi seorang pebisnis akan banyak berurusan dengan metode ini untuk mempermudah berlangsungnya kegiatan.

Bagi kamu yang masih bingung dan penasaran terkait leasing, langsung saja simak ulasan di bawah ini hingga tuntas!

Definisi Leasing Secara Umum

Mengenal apa yang dimaksud dengan leasing dapat dimulai dari definisinya terlebih dahulu. Metode ini merupakan bentuk kegiatan pembiayaan yang dilakukan melalui pengadaan barang modal maupun aset. Biasanya, akan ditujukan kepada perusahaan maupun individu.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Apa itu Perusahaan Startup?

Secara umum, penerima dari metode ini adalah para pebisnis yang tengah menjalankan kegiatan usaha. Oleh sebab itu, modal yang diterima dapat digunakan sepenuhnya guna melancarkan kegiatan usaha. Terlebih lagi, leasing juga jadi metode pembiayaan yang diberikan oleh suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan metode pembayarannya dapat dilakukan melalui proses mencicil sejumlah uang. Seberapa besar biaya cicilan setiap bulannya ditentukan berdasarkan keputusan bersama yang ada di bagian awal.

Tujuan Adanya Leasing

Terkait apa yang dimaksud dengan leasing, dapat pula ditunjukkan berdasarkan tujuannya. Biasanya, pihak tertentu akan melakukan leasing karena didasari oleh beberapa tujuan. Salah satunya yaitu untuk bisa mendapatkan segala macam jenis barang kebutuhan yang dibanderol dengan harga cukup mahal.

Dengan adanya metode ini, bisa membuat kamu mendapatkan barang tersebut dalam waktu lebih cepat. Selain itu, dapat lebih menghemat biaya produksi. Hal ini karena pembelian alat sama sekali tidak dilakukan dalam satu waktu. Tujuan lainnya adalah pembiayaan lain guna mendapat penghasilan yang diperoleh dari bunga pinjaman.

Baca juga: Mengenal Proses Inti, Akun Perusahaan, dan Karakteristik Perusahaan Dagang

Mengenal Jenis-jenis Leasing yang ada di Indonesia

Mungkin masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengenai apa yang dimaksud dengan leasing. Jika dijelaskan lebih jauh lagi, terdapat beberapa jenisnya, salah satunya yaitu operating lease.

Kategori ini merupakan bentuk pembiayaan khusus, di mana nantinya lessor akan membeli barang lalu disewakan pada lessee dalam jangka waktu tertentu. Selanjutnya, pihak lessee perlu membayar biaya rental, namun biaya lainnya telah ditanggung sendiri oleh lessor.

Jenis lainnya yaitu capital lease, dengan pengertian sebagai mekanisme leasing yang paling sering digunakan di Indonesia. Jenis ini dianggap mampu memberikan berbagai macam kebutuhan benda modal para nasabahnya.

Kemudian, nasabah akan membayar pesanan tersebut kepada supplier serta mendapatkan pengembalian melalui cicilan dari lessee. Dengan kata lain, pihak nasabah sama sekali tidak berhubungan langsung dengan supplier.

Jenis ketiga yaitu leverage lease, di mana metode ini merupakan bentuk permodalan yang melibatkan pihak ketiga. Oleh sebab itu, pihak lessor tidak perlu membayar barang modal sepenuhnya, akan tetapi terdapat patungan bersama dengan pihak ketiga. Nantinya, dalam pembayaran lessee, akan berurusan dengan lebih dari satu pihak.

Baca juga: Apa yang Dilakukan Perusahaan Bila Mengalami Over Production? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Ada pula jenis lainnya, yaitu cross border lease, dengan artian sebagai praktik leasing di antara lessee dan lessor dalam dua negara yang berbeda. Secara umum, jenis ini dilakukan untuk permodalan berupa alat militer maupun pesawat.

Di samping itu, terdapat sales type lease sebagai bentuk penjualan barang produksi sendiri yang dilakukan dengan mekanisme leasing. Sehingga perusahaan akan mendapatkan penghasilan dari harga jual serta bunga dari pihak lessee.

Mengenal apa yang dimaksud dengan leasing merupakan hal penting untuk mewujudkan segala keinginan kamu. Dari penjelasan yang telah dipaparkan, dapat juga menjelaskan apabila leasing merupakan metode pembiayaan dengan keuntungan yang cukup tinggi.

Leave a Reply