Blog

Sering Disebut dalam Hal Manajemen, Apa yang Dimaksud dengan Akuntabilitas?

danain-Apa yang dimaksud dengan akuntabilitas?-gambar orang sedang menghitung

Apa yang dimaksud dengan akuntabilitas?

Istilah akuntabilitas sudah sering didengar saat mengulas manajemen. Lantas, apa yang dimaksud dengan akuntabilitas?

Akuntabilitas merupakan salah satu istilah yang sering dijumpai saat membahas manajemen, baik di perusahaan atau pemerintahan. Akuntabilitas punya kaitan erat dengan yang namanya pertanggungjawaban.

Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan apa yang dimaksud dengan akuntabilitas, prinsip, hingga fungsinya yang tak main-main. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Detik.com.

DEFINISI AKUNTABILITAS

Secara garis besar, akuntabilitas adalah bentuk pertanggungjawaban seseorang atau organisasi kepada pihak-pihak yang berhak mendapatkan keterangan terkait aktivitas bisnis atau kinerja. Maksud dari akuntabilitas adalah untuk memastikan bahwa kebijakan, langkah, atau kinerja yang dijalankan oleh seseorang atau organisasi bisa dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Penasaran Nggak Sih, Bagaimana Fungsi Iklan bagi Pemerintah dan Perusahaan?

Adapun definisi lain dari akuntabilitas adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Mahmudi, akuntabilitas adalah kewajiban agen untuk mengelola sumber daya, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya publik kepada pemberi mandat.
  2. Dijelaskan Sedarmayanti, akuntabilitas merupakan kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban dan menerangkan kinerja seseorang atau organisasi kepada pihak yang punya hak atau memiliki wewenang untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban.
  3. Menurut Mardiasmo, akuntabilitas ialah bentuk kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yang dilakukan secara periodik.
  4. Halim menjelaskan, akuntabilitas adalah kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban serta menerangkan kinerja atau tindakan seseorang, badan hukum, atau pimpinan organisasi kepada pihak lain yang punya hak untuk meminta keterangan.
  5. Sementara menurut Turner dan Hulme, akuntabilitas punya pengertian yang lebih spesifik, yakni keharusan lembaga-lembaga sektor publik untuk lebih menekankan pertanggungjawaban horizontal (kepada masyarakat), bukan hanya pertanggungjawaban vertikal (pada otoritas yang lebih tinggi).

PRINSIP AKUNTABILITAS

Akuntabilitas tak bisa dilakukan dengan sembarangan, perlu prinsip-prinsip tertentu untuk menerapkannya, antara lain:

  1. Perlu adanya komitmen dari pimpinan dan seluruh anggota untuk melakukan pengelolaan organisasi yang punya nilai akuntabel.

Baca juga: Mengapa Suatu Perusahaan Perlu Melakukan Inovasi Produk? Ternyata ini Alasannya!

  1. Perlu adanya sistem yang menjamin penggunaan sumber daya secara konsisten berdasarkan peraturan hukum yang berlaku.
  2. Perlu menunjukkan tingkat pencapaian tujuan serta sasaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  3. Berorientasi pada visi, misi, hasil, dan manfaat yang diperoleh organisasi.
  4. Berpegang erat pada sejumlah nilai, seperti kejujuran, transparansi, objektif, dan inovatif.

FUNGSI AKUNTABILITAS

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan akuntabilitas dan prinsipnya, kurang lengkap rasanya jika kita tak mengulas tentang fungsi akuntabilitas dalam hal manajemen.

Penasaran apa saja fungsinya?

Sebagai alat monitor

Pertama, akuntabilitas berfungsi sebagai cara untuk melakukan monitor terhadap tugas dan kewajiban yang dikerjakan oleh seseorang untuk dipertanggungjawabkan. Tak hanya itu, akuntabilitas juga memiliki fungsi sebagai alat untuk mengukur keberhasilan atau mengevaluasi suatu kinerja.

Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja

Fungsi akuntabilitas yang berikutnya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dalam perusahaan. Hal ini bisa terjadi karena akuntabilitas memungkinkan adanya evaluasi yang dilakukan secara berkala.

Baca juga: Kerap Diucapkan saat Membahas Pasar Modal, Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang atau kekuasaan

Terakhir, akuntabilitas berfungsi untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang oleh orang-orang yang berkuasa. Perlu diketahui, orang-orang yang memegang prinsip akuntabilitas akan menjauhkan dirinya dari sejumlah tindakan tak terpuji, sebab dirinya merasa harus mempertanggungjawabkan pekerjaan yang dilakukan.

Bagaimana, sudah paham kan apa yang dimaksud dengan akuntabilitas, prinsip, dan fungsinya?

Leave a Reply