Blog

Sering jadi Pertanyaan, Apa itu Suku Bunga Tabungan?

danain-cara menghitung bunga deposito,tabungan,suku bunga,hukum bunga bank,aritmatika sosial bunga tabungan,hukum uang bunga tabungan,bunga tunggal,cara menghitung bunga,apa itu suku bunga,apa itu bunga bank,hukum tabungan bunga bank menurut islam,bunga tabungan,menghitung bunga tabungan,cara menghitung suku bunga tabungan,suku bunga naik,bunga,cara menghitung bunga bank,bunga tabungan jenius,bunga tabungan bank bca,bunga tabungan seabank-gambar koin bertumpuk

Apa itu Suku Bunga Tabungan

Istilah suku bunga tabungan tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Lantas, apa itu suku bunga tabungan?

Dalam dunia perbankan, istilah suku bunga tentulah sangat familiar. Salah satu yang kerap diperbincangkan masyarakat sebut saja suku bunga tabungan.

Sudah tahu arti dari suku bunga tersebut? Jika belum, berikut kami beberkan penjelasan apa itu suku bunga tabungan dan jenis-jenis lainnya. Yuk, simak sampai tuntas!

PENGERTIAN SUKU BUNGA

Secara garis besar, suku bunga dapat diartikan sebagai balas jasa yang diberikan bank kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Bunga juga bisa diartikan sebagai harga yang harus dibayarkan oleh bank kepada nasabah (yang punya simpanan) dan harga yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (jika nasabah memperoleh fasilitas pinjaman).

Baca juga: Mengerikan, ini Dampak Kenaikan Suku Bunga The Fed bagi Indonesia!

Melansir laman sikapiuangmu.ojk.go.id, bunga bank terbagi atas dua jenis, yakni bunga simpanan dan bunga pinjaman. Berikut penjelasannya:

Bunga simpanan

Bunga simpanan diberikan sebagai rangsangan atau balas jasa bagi nasabah yang menyimpan uangnya di bank. Bunga simpanan adalah harga yang harus dibayar bank kepada nasabahnya.

Contoh bunga simpanan antara lain, jasa giro dan bunga deposito. Selain itu, ada pula suku bunga tabungan yang merupakan bunga yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah yang menyimpan uangnya di bank alias menabung.

Bunga pinjaman

Bunga pinjaman merupakan bunga yang dibebankan kepada para peminjam atau harga yang harus dibayar nasabah peminjam kepada bank. Atau dengan kata lain, bunga pinjaman adalah pendapatan yang diterima bank dari nasabah. Contoh bunga pinjaman adalah bunga kredit.

FUNGSI SUKU BUNGA

Suku bunga punya beberapa fungsi yang perlu diketahui, antara lain:

  1. Sebagai daya tarik nasabah yang ingin menabung dan punya dana lebih untuk diinvestasikan.
  2. Pemerintah memanfaatkan suku bunga untuk mengontrol jumlah uang yang beredar. Dengan begitu, pemerintah bisa mengatur sirkulasi uang dalam suatu perekonomian.

Baca juga: Kerap Diucapkan dalam Dunia Perbankan, Apa itu Bank Himbara?

  1. Suku bunga dapat digunakan sebagai alat moneter untuk mengendalikan penawaran dan permintaan uang yang beredar dalam suatu perekonomian. Contoh, pemerintah mendukung pertumbuhan sektor industri tertentu. Kalau perusahaan dari industri tersebut akan meminjam dari bank, maka pemerintah akan memberikan suku bunga yang lebih rendah ketimbang sektor lain.

JENIS-JENIS SUKU BUNGA

Terdapat 5 jenis suku bunga dalam industri perbankan, yakni:

  1. Suku bunga tetap

Sesuai namanya, suku bunga ini bersifat tetap dan tidak berubah hingga jangka waktu atau sampai dengan tanggal jatuh tempo. Contoh suku bunga tetap adalah bunga KPR rumah murah, rumah bersubsidi, atau kredit kendaraan bermotor.

  1. Suku bunga flat

Suku bunga flat perhitungannya mengacu pada jumlah pokok pinjaman di awal untuk setiap periode cicilan. Perhitungannya sangat sederhana jika dibandingkan dengan suku bunga lainnya, sehingga kerap digunakan untuk kredit jangka pendek.

  1. Suku bunga anuitas

Metode ini mengatur jumlah angsuran pokok ditambah angsuran bunga yang dibayar agar sama setiap bulannya. Dalam perhitungan bunga anuitas, porsi bunga pada masa awal sangat besar, sementara porsi angsuran pokok sangat kecil.

Namun, mendekati berakhirnya masa kredit, keadaan akan berbalik. Porsi angsuran pokok akan sangat besar, sedangkan porsi bunga menjadi kecil.

Baca juga: Hati-hati, 10 Pengeluaran tak ‘Berguna’ ini Bisa Kuras Tabungan Kamu!

  1. Suku bunga efektif

Suku bunga efektif adalah suku bunga yang diperhitungkan dari jumlah sisa pokok pinjaman setiap bulan seiring dengan menyusutnya utang yang sudah dibayarkan. Artinya, makin sedikit pokok pinjaman, maka makin sedikit juga suku bunga yang harus dibayar.

  1. Suku bunga mengambang

Suku bunga mengambang adalah suku bunga yang selalu berubah mengikuti suku bunga di pasar. Kalau suku bunga pasar naik, maka suku bunganya ikut naik juga. Begitu pun sebaliknya.

Ya, itulah penjelasan apa itu suku bunga tabungan dan jenis-jenis suku bunga lainnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply