Blog

Terungkap, ini Jenis Batuan yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi!

danain-Batuan yang memiliki nilai ekonomi tinggi-gambar batu bernilai tinggi

Batuan yang memiliki nilai ekonomi tinggi

Apa saja jenis batuan yang memiliki nilai ekonomi tinggi?

Pada dasarnya, terdapat beberapa jenis batuan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Memang, manusia telah mengenal batuan sejak peradaban manusia. Di samping itu, batu juga tidak semata-mata berperan sebagai benda mati yang tak ternilai. Justru, sangat banyak sekali jenis-jenis batu yang mempunyai nilai jual tinggi. Untuk penjelasan terkait hal tersebut, simak saja ulasan di bawah ini!

Jenis Batuan yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

Hidup di dalam bumi, tentu akan menemukan berbagai macam jenis batu. Namun, perlu untuk diketahui bahwa batu yang dimaksud bukan sembarang batu, melainkan batuan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Misalnya batu marmer atau batu pualam. Jenis ini diperoleh dari hasil metamorfosa atau batuan malihan dari batuan asalnya.

Karena terpapar sinar matahari atau temperatur suhu yang tinggi, maka akan dihasilkan gaya endogen. Sehingga, dapat menyebabkan terjadinya proses kristalisasi kembali yang akan menghasilkan berbagai macam struktur foliasi ataupun non foliasi. Berdasarkan cara tersebut, nantinya akan terbentuk batu marmer.

Baca juga: Terungkap, ini Alasan Mengapa Jepang Menerapkan Kebijakan Ekonomi Perang!

Memang, jenis batu ini jadi salah satu batuan yang mempunyai kategori nilai ekonomi paling tinggi di antara jenis lainnya. Karena keunikan yang dimiliki mampu mendistribusi warnanya menjadi dua jenis, yaitu marmer berwarna dan marmer putih.

Manfaat Mengoleksi Batuan yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

Memiliki benda mati yang super keren ini memang dapat dijadikan salah satu alasan untuk berinvestasi, mengingat bumi mempunyai jenis batuan yang sangat banyak sekali. Terlebih lagi setiap jenis batu mempunyai rentang harga yang beragam.

Dengan begitu, dapat menjadi langkah awal untuk menjadikannya sebagai alat investasi. Bahkan, apabila semakin langka jenisnya, tentu menjadikannya semakin mahal. Banyak masyarakat yang mematok harga hingga jutaan rupiah untuk jenis batu tertentu. Selain itu, manfaat lain dari benda mati ini adalah dapat menjadi bagian dari pelengkap dekorasi rumah.

Pada prinsipnya, batuan memang dapat dijadikan sebagai material pelengkap ketika ingin membangun rumah. Misalnya saja dengan keberadaan batu pualam atau batu marmer. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup mahal, akan tetapi banyak pula masyarakat lokal yang ingin menciptakan suasana cantik dengan batuan tersebut.

Baca juga: Kerap Ditanyakan, Apa itu Restrukturisasi Kredit dalam Dunia Ekonomi?

Bahan Utama Pembuatan Batuan Mahal

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa berbagai jenis batuan dapat dibanderol dengan harga yang cukup mahal? Hal ini karena disesuaikan dengan bahan pembuatannya atau durasi waktu terbentuknya batuan tersebut. Misalnya saja untuk batuan beku, di mana jenis ini didapatkan dari proses pengerasan magma di permukaan bumi.

Pembentukan itu juga dapat disebut dengan proses pendinginan dari panasnya magma bumi. Selain itu, ada pula jenis batuan lain, yaitu metamorf. Jenis yang satu ini dianggap telah mengalami perubahan atau transformasi dari jenis batuan asalnya.

Sedangkan untuk batuan sedimen, yakni jenis batuan yang dapat terjadi karena tengah mengalami transformasi dari sumber asalnya, kemudian dilanjutkan dengan proses pengendapan. Beberapa jenis batuan tersebut termasuk ke dalam jenis batuan yang berekonomi tinggi. Sehingga apabila pebisnis dapat mengelolanya dengan baik, rancangan bisnis ini dapat berlangsung lebih optimal.

Baca juga: 6 Contoh Ekonomi Kreatif yang Bisa Dilakukan oleh Kaum Milenial

Mengetahui berbagai jenis batuan yang memiliki nilai ekonomi tinggi memang harus diketahui sejak dini. Pasalnya, melakukan transaksi jual beli juga dianggap sebagai salah satu bagian dari kerja sampingan. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengandalkan satu pekerjaan saja untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Leave a Reply