Blog

Cocok Buat Pemula, ini Penjelasan Lengkap Mengenai Investasi Leher ke Atas!

Danain-investasi_leher_keatas-ilustrasi orang ikut seminar

Pengertian investasi leher ke atas

Istilah investasi leher ke atas mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Lantas, apa arti yang sebenarnya?

Saat bicara investasi, sebagian besar orang pasti akan langsung tertuju pada sejumlah instrumen, seperti saham, reksa dana, emas, hingga properti. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang tak kalah menguntungkan dari yang sudah disebutkan barusan? Investasi yang kami maksud adalah investasi leher ke atas!

Investasi leher ke atas adalah suatu istilah keren buat orang yang gemar meningkatkan kualitas diri dalam kehidupannya. Dari sini, kamu mungkin sudah bisa menebak bahwa investasi tersebut berkaitan dengan kepala atau otak sebagai organ berpikir manusia yang bisa terus dikembangkan kemampuannya.

Singkat kata, investasi leher ke atas adalah investasi berupa ilmu yang dapat terus digali dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu tersebut jadi bermanfaat bagi kamu dan orang lain. Bahkan, kamu bisa meraup banyak uang dari investasi menguntungkan tersebut.

Ya, inilah investasi paling mahal dan berharga di dunia. Cocok dengan pepatah lama yang mengatakan, “Uang atau harta tidak dibawa mati, kecuali ilmu yang bermanfaat.”

Baca juga: Cegah Kerugian, ini 5 Risiko Investasi dan Contohnya yang Wajib Kamu Tahu!

Salah satu sosok yang menerapkan investasi leher ke atas adalah investor kawakan Warren Buffett. Fakta yang mengemuka, ia menghabiskan waktu 6 jam sehari untuk membaca tulisan tentang saham, bisnis, atau investasi secara konsisten. Kebiasaan ini membuat Buffett mampu memprediksi jumlah keuntungan yang akan didapat apabila menginvestasikan uangnya di tempat yang tepat.

Contoh lainnya adalah Henry Ford. Pendiri Ford Motor Company ini pernah menyampaikan sebuah kutipan yang sangat terkenal, yakni “Siapapun yang berhenti belajar itu sudah tua, entah ia masih berusia 20 atau 80 tahun! Tapi, siapa yang mau terus belajar akan tetap muda.”

Dari dua contoh ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ternyata orang-orang sukses di dunia punya satu kesamaan, yakni sama-sama disiplin diri untuk terus belajar. Dengan kata lain, mereka melakukan investasi leher ke atas alias mencari ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya guna meraih keuntungan.

Lalu, apa saja jenis-jenis investasi leher ke atas? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Investasi keterampilan

Investasi leher ke atas yang pertama adalah investasi keterampilan. Investasi satu ini erat kaitannya dengan pengembangan diri.

Perlu kamu tahu, investasi keterampilan sangat penting untuk membantu kamu dalam mempersiapkan masa depan. Dalam konteks ini, kamu bisa ikut pelatihan di bidang tertentu atau memperdalam ilmu yang telah dikuasai agar bisa lebih ahli. Dengan begitu, peluang kamu untuk sukses di dunia kerja atau bisnis akan lebih besar.

Baca juga: Seluk-Beluk Investasi Jangka Panjang yang Perlu Kamu Tahu, Simak Baik-baik!

Investasi spiritual

Sesuai namanya, investasi jenis ini sangat berhubungan dengan Sang Maha Kuasa. Tuhan dalam hal ini tergantung dengan keyakinan atau kepercayaan kamu masing-masing.

Dalam praktiknya, kamu bisa mengikuti bimbingan rohani, ceramah keagamaan, atau kegiatan lain yang bertujuan untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Dengan demikian, kamu bisa berpikir dan bertindak sesuai dengan norma yang berlaku dalam agama.

Investasi sosial

Investasi sosial berkaitan erat dengan masyarakat atau lingkungan sekitar. Jadi, hubungan kamu tidak hanya dengan Tuhan saja, tapi juga antarsesama manusia di dunia ini. Contoh konkretnya, kamu bisa menambah relasi dengan orang lain dari berbagai kalangan.

Baca juga: Catat, ini Trik Jitu untuk Memilih Investasi yang Paling Aman!

Manfaat dari investasi sosial tak main-main. Kamu bisa membuka peluang karier baru yang lebih menjanjikan, menjalin kerja sama bisnis yang menguntungkan, hingga saling bertukar ide untuk kemajuan usaha.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara menerapkan investasi leher ke atas? Setidaknya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain rajin membaca buku, mencoba hal-hal baru di luar kegiatan sehari-hari, ikut kursus, seminar, pelatihan, berguru dengan mentor yang tepat, mengulik informasi atau berita dari berbagai media, serta memilih lingkungan yang tepat untuk terus berkembang.

Ya, itulah penjelasan lengkap mengenai investasi leher ke atas. Poin pentingnya, jangan pernah berpikir bahwa hal tersebut hanya membuang-buang waktu saja. Ingat, jika kamu ingin sukses di suatu bidang, kamu harus paham dulu dengan seluk beluknya. Percayalah, sudah banyak orang yang membuktikan hal ini!

Leave a Reply