Blog

Wajib Paham, ini Perbedaan antara Kartu Debit dan Kartu Kredit!

Danaian-perbedaan_kartu_debit_dan_kartu_kredit-gambar kartu kredit

Saat ini, hampir sebagian besar transaksi telah menggunakan kartu debit atau kartu kredit sebagai metode pembayaran. Hal itu tak lepas dari faktor kenyamanan dan keamanan yang bisa dirasakan oleh si pemegang kartu. Singkat kata, dengan memanfaatkan kartu tersebut, masyarakat tak perlu lagi mengikutsertakan uang tunai ketika bertransaksi dengan siapapun.

Pada prinsipnya, kartu debit dan kartu kredit sama-sama dibuat untuk mempermudah pengguna saat melakukan transaksi secara langsung melalui automatic teller machine (ATM) atau electronic data capture (EDC). Tapi, dari segi kegunaan, keduanya punya perbedaan satu sama lain.

Ketika digunakan pada ATM, kedua kartu tersebut sama-sama disebut sebagai kartu ATM. Namun, saat dipakai di mesin EDC, kedua kartu itu berfungsi sesuai namanya masing-masing, yakni kartu debit dan kartu kredit.

Menurut Bank Indonesia (BI), kartu debit merupakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu  yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan, di mana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada bank atau lembaga selain bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Hati-hati, 5 Masalah ini Bakal Mengintai jika Kamu Punya Banyak Kartu Kredit!

Sedangkan kartu kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit. Di sini, pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati, baik dengan pelunasan sekaligus atau dengan pembayaran secara angsuran.

Perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit yang selanjutnya terletak pada prosedur pembuatannya. Meski begitu, mekanisme pembuatan kedua kartu tersebut tak sepenuhnya beda. Pengguna cukup berkonsultasi dengan teller bank terpercaya terlebih dulu guna memperoleh penjelasan lengkap mengenai penggunaan masing-masing kartu.

Adapun yang harus menjadi perhatian dan bahan pertimbangan adalah:

Jika ingin membuat kartu debit, kamu harus memperhatikan sejumlah hal, seperti biaya administrasi, kelebihan dibanding kartu kredit, hingga manfaat berlangganan kartu debit. Sementara jika ingin membuat kartu kredit, kamu harus perhatikan kondisi keuangan, tingkat bunga, biaya administrasi, denda, perhitungan minimum pembayaran tagihan tiap bulan, serta fitur apa saja yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Mudah untuk Melacak Pengeluaran, Lakukan Sekarang Juga!

Selain itu, ada pula kelebihan dan kekurangan dari kartu debit dan kartu kredit yang perlu kamu tahu. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dikutip dari laman Merdeka.com:

Kartu Debit

Kelebihannya: Bisa memberikan kemudahan saat bertransaksi tanpa perlu membawa uang tunai. Tidak terdapat tagihan yang dibebankan, sebab transaksi diambil secara langsung dari rekening penyimpanan pada bank tertentu.

Kekurangannya: Bisa disalahgunakan jika kartu dan PIN diketahui oleh pihak lain atau jika pengguna melakukan kelalaian saat menyimpan kartu. Ada juga risiko fraud yang sengaja dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab dengan mencuri data nasabah.

Kartu Kredit

Kelebihannya: Memberikan kemudahan untuk bertransaksi saat berbelanja tanpa perlu bawa uang tunai. Bisa berbelanja melebihi saldo tabungan. Pengguna bisa lebih bijak mengatur keuangan, sebab sudah mengetahui perihal biaya yang dibebankan pada waktu tertentu.

Baca juga: Kakeibo, Cara Mantap Mengatur Uang ala Orang Jepang, Bisa Ditiru!

Kekurangannya: Terdapat tagihan yang dibebankan pada kurun waktu tertentu, sehingga bisa menimbulkan pembengkakan pengeluaran jika transaksi tak diatur dengan baik. Ada iuran tahunan dan denda jika tak membayar tagihan tepat waktu.

Ya, itulah perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit yang perlu kamu tahu. Poin pentingnya, apapun kartu yang kamu gunakan, cobalah untuk selalu bijak saat memakainya. Dengan begitu, keuangan kamu akan tetap aman dan terhindar dari masalah.

Leave a Reply