Blog

5 Negara dengan Operasi Plastik Terbanyak, Korsel Nggak Ada?

danain-Negara dengan operasi plastik terbanyak-gambar orang sedang menjalani operasi plastik

Negara dengan operasi plastik terbanyak

Predikat negara dengan operasi plastik terbanyak ternyata bukan dipegang oleh Korea Selatan. Lantas, negara mana saja yang masuk dalam daftar tersebut?

Operasi plastik sudah lama dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Hal ini ditemukan dalam transkrip sejarah mereka yang diduga berasal dari tahun 3000 SM dan berisi tentang prosedur lengkap mengenai operasi perbaikan hidung.

Dalam hal ini, kata operasi plastik diambil dari bahasa Yunani, yakni “plastikos” yang artinya dapat diubah-ubah. Sehingga sama sekali tidak ada kaitannya dengan benda plastik yang sering kita temukan dalam keseharian.

Nah, jika operasi plastik seringkali diidentikkan dengan Korea Selatan (Korsel), namun kenyataannya negara ini justru tidak masuk ke dalam peringkat negara dengan operasi plastik terbanyak, lho. Berikut daftar lengkapnya, seperti kami himpun dari data International Society Of Aesthetic Plastic Surgeon (ISAPS) pada tahun 2020 lalu.

Negara dengan Operasi Plastik Terbanyak

  1. Amerika Serikat

Peringkat pertama diduduki oleh negara adidaya, Amerika Serikat, dengan persentase mencapai 14,7% dari total operasi plastik di seluruh dunia atau sekitar 1,48 juta praktik operasi plastik di tahun 2020.

Baca juga: 5 Negara dengan GDP Tertinggi di Dunia, Apa Saja?

Tak melulu soal memperbaiki wajah, operasi plastik yang dilakukan oleh penduduk Amerika Serikat justru didominasi oleh sedot lemak dan implan payudara.

  1. Brazil

Hampir mirip dengan Amerika Serikat, Brazil menduduki  peringkat dua dalam kategori negara dengan operasi plastik terbanyak, di mana mayoritas penduduknya melakukan pembesaran payudara serta sedot lemak.

Di tahun 2020 lalu, data yang dikeluarkan oleh ISAPS menyatakan bahwa dokter di sana telah menyelesaikan lebih dari 1,3 juta prosedur operasi plastik. Banyak orang menjadikan Brazil sebagai tempat untuk operasi plastik karena dikenal dengan harganya yang lebih terjangkau.

  1. Rusia

Lanjut di daftar negara dengan operasi plastik terbanyak berikutnya adalah Rusia dengan total 478 ribu kasus operasi plastik di tahun 2020 lalu.

Baca juga: Daftar Negara dengan Pajak Tertinggi di Dunia, Ada yang Sampai 50%!

Sedikit berbeda dengan dua negara sebelumnya yang mayoritas penduduknya melakukan sedot lemak dan implan payudara, di Rusia produk operasi plastik yang menarik perhatian mereka adalah operasi kelopak mata.

  1. Meksiko

Meksiko jadi negara dengan operasi plastik terbanyak berikutnya. Jumlahnya mencapai 456 ribu praktik. Kebanyakan dari mereka yang menjalankan prosedur operasi plastik berasal dari kelompok gembong narkoba.

Tak hanya para wanitanya, namun juga banyak penduduk laki-laki Meksiko yang melakukan operasi plastik untuk mendapatkan bentuk wajah dan bagian tubuh lain yang sesuai dengan keinginannya.

Produk operasi plastik paling populer di kalangan masyarakat Meksiko meliputi operasi hidung, sedot lemak, dan pembesaran payudara.

  1. Jerman

Di daftar terakhir ada Jerman dengan jumlah mencapai 425 ribu praktik operasi plastik di tahun 2020.

Salah satu kota di Jerman yang terkenal dengan prosedur operasi plastiknya adalah Dusseldorf. Tak hanya sering dijadikan tujuan bagi penduduk lokal, kota ini juga kerap menjadi destinasi bagi para wisatawan untuk melakukan operasi plastik di Jerman.

Salah satu prosedur operasi plastik yang paling diminati di Jerman adalah operasi kelopak mata.

Baca juga: Negara dengan Utang Terbanyak di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Berapa?

Nah, itulah daftar negara dengan operasi plastik terbanyak di dunia. Secara mengejutkan, Korea Selatan yang kerap diidentikkan dengan operasi plastik malah tidak masuk ke dalam daftar ini.

Meski demikian, Korea Selatan menduduki peringkat ke-4 dalam kategori negara dengan jumlah dokter bedah plastik terbanyak di dunia. Tak heran jika kemudian banyak penduduk dari berbagai penjuru dunia memilih Korea Selatan sebagai tujuan untuk menjalankan operasi plastik.

Leave a Reply