Blog

5 Jenis Hadiah Giveaway yang Menarik dan Dapat Ditiru

danain-Hadiah giveaway yang menarik-gambar orang sedang mengadakan giveaway

Hadiah giveaway yang menarik

Apa saja hadiah giveaway yang menarik untuk pelanggan setia?

Bagi seorang pebisnis, memahami taktik pemberian hadiah giveaway yang menarik jadi hal penting untuk diketahui. Pasalnya, cara tersebut dianggap sebagai strategi pemasaran yang dapat menjadi senjata rahasia untuk memasarkan produk.

Kok bisa, ya? Lantas, apa yang dimaksud giveaway dan apa contoh hadiahnya? Untuk menemukan jawabannya, langsung saja, simak ulasan di bawah ini!

Definisi Giveaway

Mungkin, istilah giveaway bukan hal baru yang mulai didengar. Strategi promosi ini sudah mulai banyak pebisnis yang menggali lebih dalam dan mencoba mengaplikasikannya. Berdasarkan teknis pelaksanaan, dapat dimulai dari proses registrasi. Nantinya, setiap pendaftar akan dipilih secara acak untuk dijadikan pemenang.

Setelah itu, nama yang terpilih sebagai pemenang bisa mendapatkan hadiah khusus. Akan tetapi, perlu diketahui pula apabila produk hadiah yang diberikan biasanya produk sendiri. Dalam artian, produk dagang diberikan secara gratis sebagai bentuk promosional.

Baca juga: Wajib Tonton, 7 Film Menarik ini bikin Kamu Melek Finansial!

Pada dasarnya, strategi marketing satu ini bukan hanya sekadar membuang uang secara cuma-cuma. Akan tetapi, cenderung punya nilai berarti dan tidak kalah saing apabila dibandingkan dengan pemasaran berupa iklan online.

Kenapa Hadiah Giveaway yang Menarik Sangat Penting?

Sebelum ditunjukkan apa saja rekomendasi hadiah giveaway yang menarik, perlu untuk diketahui seberapa penting mengadakan promosi tersebut. Salah satu manfaatnya, yaitu dapat meningkatkan engagement. Di mana hal tersebut merupakan bentuk komunikasi antara pebisnis dengan konsumen untuk membentuk pelanggan yang loyal.

Adanya hubungan baik antara kedua belah pihak tentu saja memungkinkan bisnis kamu jadi lebih mudah berkembang. Selain itu, dapat pula berperan sebagai ajang promosi dari mulut ke mulut. Jika dipresentasikan, hampir 90 persen orang masih membeli barang hasil rekomendasi orang lain.

Oleh sebab itu, semakin sering sebuah brand diperbincangkan dalam ruang lingkup masyarakat, tentu akan semakin dikenal pula brand tersebut. Pada akhirnya, dapat berpotensi besar untuk meningkatkan kepercayaan sebuah produk.

Baca juga: Fakta Menarik Pendiri Netflix, Sempat jadi Sales hingga Tak Punya Hobi!

Rekomendasi Hadiah Giveaway yang Menarik

Berikut ini akan ditunjukkan beberapa ide atau rekomendasi yang dapat diterapkan pada bisnis kamu.

a). Skincare

Apabila membahas terkait produk kecantikan, skincare jadi produk unggulan yang maju paling pertama. Bahkan, skincare telah dinobatkan sebagai hadiah paling menarik dan banyak dicari oleh kaum hawa.

b). Voucher

Selanjutnya dapat berupa voucher hadiah atau gift voucher. Alasan pemilihan hadiah ini, yaitu karena bersifat lebih sederhana, terjangkau, dan praktis. Terlebih lagi, banyak sekali keuntungan lain yang diperoleh, yakni tidak perlu adanya biaya tambahan berupa ongkos kirim.

Semakin canggihnya teknologi masa kini, membuat metode tersebut jadi semakin mudah untuk diterapkan. Misalnya saja menggunakan scan barcode.

c). Produk Dagang

Rekomendasi ketiga yaitu dengan membagikan produk dagang kamu. Hal ini jadi salah satu cara untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen. Biasanya, terdapat beberapa syarat tertentu untuk bisa mendapatkan produk tersebut.

d). Barang Elektronik

Bukan tidak mungkin jika barang elektronik jadi salah satu hadiah untuk giveaway. Beberapa contoh yang bisa dibagikan, yaitu berupa TV, AC, handphone, maupun produk lainnya.

Baca juga: Jadi Miliarder Kenamaan, ini 5 Fakta Menarik Warren Buffett yang Perlu Kamu Tahu!

e). Uang Tunai

Hadiah paling simpel sebenarnya adalah uang tunai. Sebab, membagikan uang dianggap lebih praktis, mudah, dan sangat menguntungkan berbagai pihak.

Demikian ulasan singkat terkait hadiah giveaway yang menarik dan dapat ditiru oleh para perintis usaha. Jika dilihat-lihat, cukup mudah bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja, adakan giveaway yang keren untuk menarik perhatian konsumen!

Leave a Reply