Blog

Simak Baik-baik, 5 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan ini Terbukti Ampuh!

danain-Cara mendapatkan penghasilan tambahan-gambar orang berdagang

Cara mendapatkan penghasilan tambahan

Apakah gaji di kantor kamu tak kunjung naik, meski sudah bekerja keras selama bertahun-tahun? Jika ya, sederet cara mendapatkan penghasilan tambahan ini bisa jadi solusi!

Setiap orang tentu ingin punya penghasilan yang ideal, sehingga mampu memenuhi semua kebutuhannya. Sayangnya, penghasilan masing-masing orang berbeda satu sama lain. Ada yang kecil, sedang, hingga besar.

Apakah penghasilan yang didapat setiap orang cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan? Jawaban singkatnya, relatif. Tergantung pribadinya masing-masing, mengingat kebutuhan setiap orang juga berbeda-beda.

Yang jadi pertanyaan, apa penghasilanmu sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan selama satu bulan? Jika jawaban kamu tidak, mungkin ada dua hal yang jadi penyebabnya!

Pertama, gaya hidup kamu yang terlalu berlebihan, atau yang kedua, karena penghasilanmu memang kurang memadai.

Baca juga: Mengenal Penghasilan Tidak Kena Pajak dan Cara Menghitungnya

Nah, kalau penyebabnya adalah yang pertama, kamu harus menurunkan level gaya hidup dan mulai menyesuaikannya dengan kemampuan. Namun, kalau penyebabnya adalah poin yang kedua, mau tak mau kamu harus mulai meningkatkan penghasilan.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan dengan realistis? Tentu saja, ada!

Berikut 5 cara mendapatkan penghasilan tambahan, seperti dikutip dari sejumlah sumber:

Berbisnis

Cara mendapatkan penghasilan tambahan yang pertama adalah dengan menjalankan bisnis online maupun offline. Kalau modalmu cukup, kamu bisa menjual beberapa produk fashion atau rumah tangga di media sosial atau marketplace yang saat ini banyak beredar.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan hobi yang dimiliki, seperti beternak ikan hias atau tanaman hias, lalu menjualnya kepada masyarakat. Ada dua cara yang bisa kamu tempuh, yakni memasarkannya melalui dunia maya atau secara konvensional.

Jadi freelancer

Apakah kamu punya keahlian menulis, menerjemahkan bahasa, atau fotografi? Jika ya, kamu bisa jadi freelancer alias pekerja lepas untuk meningkatkan penghasilan!

Sekadar informasi, saat ini banyak perusahaan atau startup yang membutuhkan tenaga profesional dengan status freelance untuk mendukung operasional mereka. Manfaatkan peluang ini dengan baik!

Baca juga: Tambah Penghasilan, ini Sederet Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Kamu Coba!

Jadi dropshipper

Bagaimana kalau tidak punya modal untuk menjalankan bisnis online? Tenang, selalu ada jalan di dunia ini!

Kamu bisa jadi dropshipper yang notabene tidak memerlukan modal dan stok barang layaknya supplier. Di sini, tugas kamu hanya memasarkan produk melalui media online yang kamu punya.

Meski begitu, kamu terlebih dulu harus memilih supplier sebagai partner bisnis. Jika mereka bersedia untuk bekerjasama, barulah kamu bisa mengunggah foto-foto produk mereka di akun media sosial. Tentu saja dengan harga yang lebih tinggi dari yang dibandrol pihak supplier.

Jual barang bekas

Cara mendapatkan penghasilan tambahan yang berikutnya adalah dengan menjual barang sudah tak terpakai alias bekas. Kamu bisa menjualnya secara online atau offline. Selain jadi pemasukan, langkah menjual barang bekas juga bisa mengurangi penumpukan barang di dalam rumah.

Investasi

Terakhir, kamu juga bisa memperoleh penghasilan tambahan dengan berinvestasi di sejumlah instrumen. Kamu bisa menyesuaikan jenis investasi dengan karakter diri dan batas toleransi terhadap risiko.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Pajak PPN dan PPh Pasal 22

Saat ini, ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari saham yang punya sifat high risk high return, deposito yang terbilang aman, emas yang punya harga cenderung naik, hingga reksa dana yang risikonya tergolong rendah.

Ya, itulah sederet cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini menginspirasi dan bisa jadi jalan keluar bagi kamu yang merasa penghasilan setiap bulannya kurang memadai.

Leave a Reply