Blog

Belum Banyak yang Tahu, ini Pengertian Time Value of Money!

danain-Pengertian time value of money-gambar koin bertumpuk

Pengertian time value of money

Dalam ilmu ekonomi, konsep time value of money kerap jadi topik yang dibicarakan. Berikut kami beberkan pengertian time value of money yang belum diketahui oleh banyak orang!

Sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa uang hanyalah lembaran kertas atau koin yang berfungsi sebagai alat pembayaran semata. Namun, hal itu tidak berlaku bagi orang yang mempelajari ilmu ekonomi secara mendalam.

Bagi mereka, uang punya makna yang lebih luas dari sekadar alat pembayaran saja. Satu di antaranya, uang tidak bernilai tetap, melainkan dipengaruhi oleh waktu. Istilah kerennya time value of money alias nilai waktu dari uang.

Penasaran, apa pengertian time value of money? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

PENGERTIAN TIME VALUE OF MONEY

Secara garis besar, time value of money adalah sebuah konsep keuangan yang mengalkulasi nilai uang berdasarkan waktu. Sederhananya, nilai uang saat ini akan berbeda dengan nilai uang di masa depan dengan jumlah yang sama.

Baca juga: Bisa Nggak Sih Pinjam Uang 50 Juta tanpa Kartu Kredit? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Masih belum paham? Berikut analoginya!

Sadarkah kamu, jika nilai uang Rp 1 juta yang dimiliki saat ini tidak akan sama dengan nilai Rp 1 juta pada 10 tahun yang lalu atau 10 tahun kemudian?

Kalau 10 tahun yang lalu uang Rp 1 juta bisa dibelikan sebuah sepeda motor, maka dengan uang yang sama saat ini mungkin hanya cukup untuk membeli dua rodanya saja. Adapun 10 tahun kemudian, uang Rp 1 juta mungkin hanya bisa digunakan untuk membeli helm saja.

Pada prinsipnya, konsep time value of money ingin mengatakan jika kamu memiliki uang, sebaiknya bahkan sudah seharusnya diinvestasikan, sehingga nilai uang tersebut tidak menyusut dimakan waktu. Pasalnya, kalau uang didiamkan begitu saja, seperti ditaruh di bawah bantal atau dalam brankas, maka uang tidak akan ‘bekerja’ dan nilainya malah akan turun dari waktu ke waktu. Tentu saja akibat inflasi.

Baca juga: Penting untuk Diketahui, ini Pengaruh Kemerosotan Nilai Uang Terhadap Bisnis!

Lain halnya jika uang tersebut diinvestasikan, maka nilainya justru akan bertambah seiring berjalannya waktu. Intinya, apapun jenis investasi yang dipilih, yang penting harus ada upaya untuk mengarah ke sana.

Kamu sebagai pemilik modal tinggal menentukan, jenis investasi apa yang sesuai dengan karakter diri dan batas toleransi. Mau yang berisiko rendah, bisa! Yang berisiko tinggi, juga dipersilakan!

MANFAAT TIME VALUE OF MONEY

Setelah mengetahui pengertian time value of money, kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih manfaat yang bisa didapat dari konsep keuangan tersebut?

Setidaknya, ada beberapa manfaat yang perlu diketahui, antara lain:

Bagi perusahaan

Time value of money bisa membantu perusahaan dalam hal perhitungan dan penyusunan anggaran. Seperti yang kita tahu, perusahaan tidak cuma melakukan aktivitas produksi saja, namun juga harus melakukan pengembangan dan inovasi. Nah, untuk menunjang dan menganalisisnya, konsep time value of money harus diimplementasikan.

Baca juga: Jangan Sampai Tertipu, Ketahui Ciri-ciri Uang Palsu 100 Ribu Rupiah dan Pecahan Lainnya Berikut ini!

Bagi investor

Seorang investor bisa mengetahui dan menganalisis suatu investasi menguntungkan atau tidak dengan konsep time value of money. Pengetahuan tentang konsep ini memungkinkan investor untuk memutuskan hal yang tepat dalam pemanfaatan uang mereka.

Bagi individu

Bagi individu, time value of money bisa membantu seseorang dalam memahami berapa banyak uang yang harus disimpan untuk mencapai jumlah yang diinginkan dalam periode waktu tertentu.

Itulah pengertian time value of money yang perlu kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kehidupan finansial kamu!

Leave a Reply