Sebagai instrumen investasi berbasis digital, platform Danain selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penggunanya. Saat ini, pengguna Danain semakin dimudahkan dengan tampilan after login yang telah diperbarui.

Seperti apa tampilan after login di Danain sekarang ini?

Ketika berhasil login dengan akun yang telah dibuat sebelumnya, Anda akan disuguhkan dengan sederet fitur seperti gambar di bawah ini.

Berikut kami ulas secara detail satu per satu fitur yang ada di dalamnya:

Saldo Tersedia: Saldo tersedia adalah total keseluruhan saldo yang Anda miliki saat ini. Saldo tersebut merupakan gabungan dari penambahan dana yang dilakukan dan semua keuntungan yang diperoleh dari seluruh pendanaan.

Di dalam halaman “Saldo Tersedia”, bisa dilihat informasi tentang riwayat Anda selama melakukan aktivitas di Danain, mulai dari pendanaan, deposit, penerimaan dana, hingga tarik dana. Selain itu, ada pula fitur “Tambah Dana” yang terletak di kanan atas halaman. Anda bisa melakukan penambahan dana melalui virtual account BCA atau Bank Permata.

 

Financial Goal: Untuk saat ini, fitur Financial Goal belum bisa Anda akses, sebab masih dalam tahap persiapan. Tapi, sebagai bocoran, fitur ini akan berisi informasi terkait perencanaan keuangan. Tunggu tanggal mainnya!

 

Portofolio: Fitur Portofolio berisikan informasi tentang pendanaan, mulai dari total pendanaan, pendanaan aktif, serta pendanaan lunas.

  • Total Pendanaan: Total pendanaan merupakan jumlah keseluruhan dari pendanaan yang sedang atau sudah berjalan. Total pendanaan adalah akumulasi dari pendanaan aktif dan pendanaan lunas.
  • Pendanaan Aktif: Pendanaan aktif merupakan pendanaan yang sedang berjalan saat ini.
  • Pendanaan Lunas: Pendanaan lunas merupakan pendanaan yang pokok dan bunganya telah dibayarkan.

Di dalam halaman “Portofolio”, terdapat pula sejumlah informasi, seperti No. sbg, status (lunas/belum), tanggal pendanaan dan pelunasan, durasi pengembalian, serta imbal hasil.

 

Imbal Hasil: Imbal hasil merupakan total keuntungan yang didapat dari seluruh pendanaan.

Di dalam halaman “Imbal Hasil”, ada sejumlah istilah yang mungkin asing di telinga Anda, seperti Yield dan Ekuivalensi per tahun.

  • Yield: Yield merupakan imbal hasil yang didapat dari pendanaan. Persentase yield dipengaruhi oleh imbal hasil.

Contoh: Anda melakukan pendanaan sebesar Rp 2.000.000. Pihak peminjam mengembalikan pinjamannya pada hari ke 40. Maka Anda akan mendapatkan imbal hasil sebesar Rp 2.000.

Untuk menghitung nilai Yield, Anda bisa menggunakan rumus: Rp 2.000 (imbal hasil) : Rp 2.000.000 (Pendanaan) x 100 = 1 % (Yield).

  • Ekuivalensi per tahun: Ekuivalensi merupakan penyetaraan bunga selama satu tahun. Untuk mengetahui nilai ekuivalensi, Anda bisa melakukan simulasi pada kalkulator berikut ini * kalkulator compounding effect

Contoh: Anda melakukan pendanaan sebesar Rp 2.000.000. Pihak peminjam mengembalikan pinjaman pada hari ke 40 dan mendapatkan yield 1%. Untuk menghitung ekuivalensi, Anda bisa menggunakan rumus: 360 (hari) : 40 (hari pelunasan) x 1% (yield) x 100 = 9% (ekuivalensi)

 

List Pendanaan: List Pendanaan berisi informasi tentang daftar emas yang siap untuk didanai. Anda bisa langsung memilih pendanaan yang sesuai dengan jumlah dana yang ingin dikembangkan. Daftar emas akan muncul setiap hari (Senin-Sabtu) mulai pukul 09.30-00.00 WIB.

Pada halaman ini, Anda bisa meng-klikInformasi Detail” untuk mengetahui informasi tentang emas yang akan didanai. Di sana, Anda bisa melihat nama peminjam, jumlah pinjaman, jenis agunan (perhiasan atau logam mulia), karat, hingga gram.

Setelah menentukan pilihan pendanaan, Anda harus menyetor dana ke Danain melalui virtual account (jika saldo masih kosong). Jika saldo Anda mencukupi, Anda tinggal memilih pendanaan yang diinginkan dengan meng-klikDanain Sekarang”. Danain akan mengirim notifikasi ke email Anda setelah pendanaan sukses dilakukan.

 

Wishlist: Fitur ini akan sangat memudahkan Anda untuk memilih pendanaan yang sesuai dengan keinginan. Secara garis besar, Wishlist bisa dibilang mirip dengan bookmark. Ketika menggunakannya, Anda tak perlu lagi menghapal emas di list pendanaan yang begitu banyak.

Bagaimana cara gunakan fitur ini? Anda bisa masuk ke menu “List Pendanaan” kemudian klikInformasi Detail”. Setelah berada di halaman detail pendanaan, Anda cukup meng-klik logo bintang yang terdapat di sebelah kanan atas. Anda bisa menggunakan cara yang sama untuk menandai berbagai emas yang ingin didanai. Setelah selesai, seluruh pendanaan yang telah Anda tandai akan tersimpan di dalam kanal Wishlist.

 

Auto Lending: Auto Lending merupakan fitur yang akan mempermudah Anda melakukan pengembangan dana. Fitur ini memungkinkan dana Anda ‘bekerja’ secara otomatis.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup meng-klik tombol “ON” yang tersedia. Isi nominal minimum pendanaan yang ingin di-auto lending-kan. Jika Anda ingin mengotomatiskan semua dana yang dimiliki, Anda cukup mengisi angka 0 (nol) pada kolom tersebut.

Contoh: Saat ini Anda memiliki saldo tersedia sebesar Rp 5.000.000. Dengan fitur auto lending, Anda hanya tertarik untuk melakukan pendanaan pada emas dengan nominal Rp 1.000.000 ke atas. Artinya, Anda harus mengisi angka pada kolom “Nominal Auto Lending” sebesar Rp 1.000.000. Dengan begitu, sistem Danain secara otomatis akan melakukan pendanaan pada emas dengan nominal Rp 1.000.000 ke atas. Emas dengan nominal Rp 1.000.000 ke bawah tidak akan ikut terdanai.

Atau jika Anda ingin melakukan pendanaan tanpa ada batas nominal minimum, Anda bisa mengisi kolom “Nominal Auto Lending” dengan angka 0. Dengan begitu, sistem Danain akan melakukan pendanaan pada semua emas, mulai dari nominal terkecil hingga yang terbesar sesuai saldo yang tersedia.

Pada fitur Auto Lending ini, sistem Danain akan menyebar dana yang Anda miliki secara otomatis ke sejumlah pendanaan yang tersedia. Anda tinggal menunggu imbal hasil masuk ke dalam rekening aktif, setelah peminjam melunasi pinjamannya.

Fitur ini akan bekerja pada jam-jam tertentu. Sebagai pemilik dana, Anda juga diperbolehkan untuk menyetop proses ini kapanpun sesuai keinginan. Histori pendanaan bisa Anda lihat di kolom yang tersedia.

 

Reward: Reward merupakan hadiah berupa voucher yang diberikan Danain kepada pihak pendana. Biasanya, reward ini diberikan secara langsung kepada register baru ketika Danain menyelenggarakan event atau kepada pihak pendana yang telah melakukan pendanaan dalam nominal tertentu, di mana pihak Danain akan mengirimkan kode voucher melalui aplikasi pertukaran pesan.

Cara menggunakan voucher ini sangat mudah. Setelah login, Anda bisa masuk ke menu “Reward” kemudian klikInput Voucher”. Setelah itu, masukkan kode voucher, lalu klikSubmit”.

Untuk menggunakan reward yang diberikan, Anda terlebih dulu harus melakukan pendanaan minimal satu kali dengan nominal yang tidak ditentukan. Reward juga bisa ditarik atau ditambahkan ke dalam saldo pendanaan sesuai keinginan Anda.

 

Ajak Teman: Ajak Teman atau Referral merupakan program Danain yang dapat memberikan keuntungan bagi siapapun yang ingin terlibat dalam proses pengembangan dana. Program ini memungkinkan Anda mengajak rekan atau keluarga untuk bergabung di Danain.

Di menu “Ajak Teman”, akan muncul kode referral yang bisa Anda sebarluaskan. Anda cukup meng-copy kode tersebut kemudian share di akun media sosial Anda, seperti Facebook, Twitter, Linkedin, atau Whatsapp.

Manfaatnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar 5% dari bagi hasil yang didapat oleh pendana yang diajak. Program ini berlaku selama satu tahun. Keuntungan 5% akan terus Anda dapat selama rekan yang diajak melakukan pendanaan.

Contoh: Teman yang Anda ajak melakukan pendanaan sebesar Rp 10.000.000. Dalam prosesnya, pihak peminjam ternyata mengembalikan pinjamannya pada hari ke 77 dan teman Anda mendapat imbal hasil sebesar Rp 200.000.

Sebagai pihak yang mengajak, Anda berhak memperoleh 5% dari Rp 200.000 tersebut dari pihak Danain. Dari proses pendanaan ini, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 10.000.

 

Tarik Dana: Jika Anda ingin melakukan penarikan dana, pastikan nama di nomor rekening sudah sesuai dengan nama yang tercantum di Kartu Tanpa Penduduk (KTP). Proses penarikan dana  minimal Rp 10.000 dan maksimal tiga hari kerja.

Untuk melakukan penarikan dana, Anda bisa masuk ke menu “Tarik Dana”, kemudian isi nominal yang ingin Anda tarik. Jika ingin mengubah nomor rekening, Anda bisa masuk ke menu “Edit Profil” setelah meng-klik tombol menu (garis tiga) yang terdapat di kiri atas halaman. Lagi-lagi, pastikan nomor rekening yang Anda pilih memiliki nama yang sesuai dengan yang tercantum di KTP.

Setelah memasukan nominal penarikan, lalu klikSubmit”, Anda akan masuk ke halaman “Konfirmasi OTP”. Di saat bersamaan, Anda akan menerima SMS dari Danain berisi kode OTP 6 digit. Masukkan kode tersebut kemudian klikSubmit”. Setelah berhasil, akan muncul notifikasi “Sukses” di halaman atas. Sementara pada halaman bawah, Anda bisa melihat informasi lengkap terkait status penarikan dana.

Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar 10 ribu rupiah setiap kali melakukan tarik dana. Danain akan mengirim notifikasi ke email Anda jika penarikan dana berhasil. Jika ada kendala atau mengalami masalah dalam proses penarikan, Anda bisa hubungi Costumer Service Danain di nomor 0811188291.