Blog

Anti Ribet, ini Cara Pesan Tiket Kereta Api dengan Cepat dan Mudah!

Danain_Cara_pesan_tiket_kereta_api-Gambar tiket kereta api

Cara pesan tiket kereta api

Hingga saat ini, kereta api masih jadi moda transportasi yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena aksesnya yang mudah dijangkau, kereta api juga mampu memberikan jam keberangkatan yang tepat, sehingga penumpang bisa terhindar dari keterlambatan.

Terlebih lagi, dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga memberikan kemudahan bagi para penumpangnya dalam hal pembelian tiket. Jika dulu pembelian tiket hanya bisa dilakukan di loket stasiun, saat ini, hal tersebut sudah tak berlaku lagi. Pasalnya, cara pesan tiket kereta api sudah bisa dilakukan secara online dengan cepat dan mudah.

Berikut kami jabarkan cara pesan tiket kereta api secara offline dan online, seperti dikutip dari laman Kompas.com:

Pembelian tiket offline

Untuk membeli tiket kereta api secara offline, kamu harus mendatangi stasiun terdekat yang melayani penjualan tiket. Setelah sampai, kunjungi loket penjualan tiket, lalu sebutkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, dan jumlah penumpang kepada petugas yang berjaga.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan itu Tidak Sulit, ini Langkah Mudahnya!

Umumnya, petugas akan menyampaikan daftar harga dan jadwal keberangkatan yang masih tersedia. Di sini, kamu tinggal memilih jadwal yang sesuai keinginan.

Selanjutnya, kamu tinggal membayar tiket tersebut kepada petugas loket. Terakhir, kamu akan mendapatkan kode booking yang bisa dicetak pada hari keberangkatan.

Pembelian tiket online

Untuk menghemat waktu dan tenaga, kamu bisa lakukan pembelian tiket kereta api secara online. Dalam hal ini, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, antara lain:

  1. Melalui KAI Access

Cara pesan tiket kereta api online yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi KAI Access. Kamu cukup mengunduh aplikasi tersebut di Google Play atau App Store yang tersedia di smartphone kamu.

Jika sudah, daftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut. Pastikan nomor ponsel yang kamu daftarkan masih aktif. Selain itu, siapkan pula e-KTP sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Baca juga: Simak, ini Cara Paling Mudah untuk Cek NPWP Pribadi!

Sekadar informasi, aplikasi KAI Access tak hanya melayani pembelian tiket, tapi juga melayani refund dan reschedule tiket.

  1. Melalui website resmi KAI

Selain lewat aplikasi KAI Access, kamu juga bisa membeli tiket kereta api melalui website resmi KAI di kai.id. Setelah berhasil masuk, kunjungi menu Pemesanan Tiket yang berada di kiri halaman.

Atur pemesanan, mulai dari stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, hingga jumlah penumpang. Jika sudah, klik tombol Pesan & Cari Kereta, kemudian lakukan pembayaran.

  1. Melalui telepon 121

Cara pesan tiket kereta api yang berikutnya adalah melalui telepon ke nomor 121. Kamu akan terhubung langsung dengan petugas yang melayani pembelian tiket. Untuk memperlancar proses pembelian, siapkanlah e-KTP sebelum menelpon.

Baca juga: Mudah Banget, ini Sederet Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi!

Kemudian, setelah memilih jadwal keberangkatan, kamu akan menerima kode booking atau kode bayar yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran melalui ATM atau e-banking.

Oh ya, sekadar informasi, batas waktu pembayaran tiket adalah sekitar 1 jam.

  1. Melalui kanal penjualan lain

Perlu diketahui, PT KAI juga bekerjasama dengan beberapa kanal penjualan tiket lain, seperti halnya supermarket atau e-commerce. Di sini, kamu juga akan mendapatkan kode booking setelah melakukan pembayaran. Satu hal yang perlu diingat, jangan lupa untuk mencetak kode tersebut saat tiba di stasiun untuk mendapatkan tiket kereta api.

Ya, itulah sederet cara pesan tiket kereta api yang perlu kamu tahu. Dari beberapa cara yang telah disebutkan, manakah yang menurut kamu paling mudah?

Leave a Reply