Blog

Cara Mengirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia, Proses Cepat dan Mudah Melalui Bank Mana Saja!

danaiin-Cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia-gambar laptop terbuka

Cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia

Sedang mencari cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia lewat bank apa saja? Simak ulasannya pada artikel berikut ini!

Kamu pasti sudah familiar dengan transaksi virtual yang dilakukan untuk mengirim uang. Indonesia jadi salah satu negara dengan kemajuan yang sangat pesat perihal transaksi keuangan dalam negeri.

Lalu, bagaimana jika ingin mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia? Apakah prosesnya semudah seperti transaksi yang ada di dalam negeri?

Nah, berikut ulasan mengenai cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Simak langkah-langkahnya!

Persiapkan data sebagai syarat administrasi

Secara umum, tahap pertama yang harus dilakukan untuk transfer uang dari luar negeri masih sama dengan transfer di dalam negeri. Beberapa data untuk syarat administrasi yang diperlukan, antara lain:

  • Nama lengkap
  • Nama Bank Tujuan
  • Nomor Rekening
  • Kode Swift
  • Nama Kantor Cabang
  • Alamat Kantor Cabang

Berbekal semua data di atas, proses pengiriman uang dari luar negeri pasti akan berjalan lancar tanpa hambatan.

Baca juga: Agar Gaji tak Cepat Habis, ini Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi dengan Baik dan Benar!

Layanan bank yang menerima transaksi uang antar negara

  1. BRI Remittance

Layanan BRI Remittance ditujukan untuk memudahkan nasabah BRI melakukan transaksi uang antar negara. Pengirim uang dari luar negeri cukup datang ke salah satu mitra Remittance BRI dan mengisi form yang telah disediakan. Setelah data lengkap, uang bisa ditransfer dan akan masuk ke rekening BRI penerima.

  1. BCA

Tidak jauh berbeda dengan bank sebelumnya, BCA memiliki beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk transfer uang secara internasional, di antaranya: Pin Fire Cash, Transfast, Money Gram, dan Xpress Money.

  1. BNI

Hampir mirip dengan layanan yang diberikan oleh BRI, BNI memberikan dua produk yang bisa digunakan untuk transaksi uang antar negara, yakni: Incoming Transfer (ITR) dan Outgoing Transfer (OTR).

Baca juga: Bisa Nggak Sih Pinjam Uang 50 Juta tanpa Kartu Kredit? Simak Jawabannya di Bawah ini!

  1. Mandiri

Berbeda dengan sebelumnya, Bank Mandiri memiliki kantor cabang di luar Indonesia yang bisa menjadi opsi jika pengirim uang tinggal di negara-negara tersebut. Sejauh ini, terdapat tiga kantor cabang Bank Mandiri di luar Indonesia, yakni di Malaysia, Hongkong, dan Timur Tengah.

  1. Menggunakan Western Union

Sebagian dari kamu mungkin sudah familiar dengan Western Union. Western Union merupakan penyedia layanan transaksi uang antar negara.

Berbeda dengan poin sebelumnya yang memerlukan rekening bank, transaksi dari luar negeri hingga penerimaan uang bisa dilakukan tanpa rekening bank di Western Union. Uang yang dikirim pun bisa diterima secara langsung dari kantor cabang Western Union di Indonesia.

Western Union sudah memiliki beberapa kantor cabang di kota-kota besar di Indonesia. Sehingga sangat cocok buat kamu yang mau kirim uang, namun tidak mau ribet dengan urusan perbankan.

Pada dasarnya, cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia dapat dilakukan dengan mudah, selama pihak pengirim dibekali dengan data diri yang lengkap serta tujuan transfer dana yang jelas.

Sedangkan pihak penerima juga harus mengikuti langkah-langkah dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mengambil dana yang dikirim dari luar negeri.

Baca juga: Pendapatan Menjanjikan, ini 6 Pekerjaan yang Menghasilkan Uang di Rumah!

Itulah artikel mengenai cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam memudahkan pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia untuk teman, kerabat, maupun keluarga.

Leave a Reply