Blog

Ketahui, Apakah yang Dimaksud dengan Analisis SWOT dan Info Lengkap Lainnya!

danain-Apakah yang dimaksud dengan analisis SWOT?-gambar buku catatan

Apakah yang dimaksud dengan analisis SWOT?

Apakah yang dimaksud dengan Analisis SWOT?

Dalam bisnis, analisis SWOT jadi salah satu aspek yang tak boleh disepelekan, sehingga kamu harus mengetahui apakah yang dimaksud dengan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan sebuah metode yang dilakukan saat suatu usaha akan dibangun.

Supaya lebih paham mengenai analisis SWOT, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sekilas tentang Apakah yang Dimaksud dengan Analisis SWOT

Sebelum mengulas informasi detailnya, kamu perlu tahu dulu tentang apakah yang dimaksud dengan analisis SWOT. Secara garis besar, analisis SWOT adalah metode analisis yang dilakukan sebelum sebuah usaha dibangun dan berfungsi untuk mengevaluasi 4 komponen dalam usaha.

Keempat komponen yang dimaksud adalah Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Kesempatan (Opportunities), dan Ancaman (Threats), jika disingkat menjadi SWOT. Berdasarkan pengertian tadi, maka bisa disimpulkan bahwa analisis ini dibuat dengan tujuan untuk membantu pengusaha dalam mengatur keempat komponen usaha secara sistematis.

Baca juga: Wajib Tahu, ini Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil yang Simpel!

Manfaat Analisis SWOT

Terdapat banyak manfaat yang bisa dirasakan jika kamu mengetahui serba serbi analisis SWOT. Manfaat yang bisa diperoleh salah satunya adalah mengetahui cara supaya kekuatan bisnis bisa menghasilkan keuntungan melalui peluang yang ada.

Mengetahui analisis SWOT juga bisa membantu kamu untuk mengatasi kelemahan bisnis yang berisiko menghambat keuntungan. Selain itu, dengan mengetahui strategi ini, kamu sebagai pengusaha bisa mengetahui cara untuk memperkuat bisnis dan mengendalikan kelemahannya.

Manfaat lain yang juga tak kalah menarik adalah memungkinkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mendapat modal usaha dari investor. Dokumen analisis SWOT nantinya bisa mendukung kamu saat ingin mengajukan proposal pada investor. Ini karena dokumen analisis SWOT bisa membantu investor untuk mengetahui kondisi usaha yang ingin dijalankan.

Faktor-faktor dalam Analisis SWOT

Dalam melakukan analisis SWOT, terdapat 2 faktor utama yang bisa membantu kamu dalam mengumpulkan data analisis. Kedua faktor tersebut meliputi faktor internal (dari pihak bisnis) dan faktor eksternal (dari pihak luar).

Baca juga: Tak Perlu Bingung, ini Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil dan Berpeluang Untung!

Faktor pertama adalah faktor internal yang umumnya berkaitan dengan sumber daya dan pengalaman dari pihak bisnis. Faktor internal meliputi sumber daya alam (hak cipta), fisik (fasilitas, lokasi), manusia (karyawan), keuangan (pendanaan), dan proses.

Faktor kedua adalah faktor eksternal yang umumnya berasal dari pihak luar dan informasinya harus digali oleh pihak internal. Pihak internal (bisnis) bisa melakukan pencarian informasi, salah satunya dengan cara menyebarkan kuesioner pada konsumen. Beberapa contoh faktor eksternal adalah demografi, tren ekonomi, kemajuan teknologi, dan tren pasar.

Cara Membuat Analisis SWOT

Saat ini, tidak sedikit para pengusaha yang masih bingung dengan cara membuat analisis SWOT untuk usaha yang sedang ditekuni. Padahal, langkahnya tidak terlalu rumit.

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apakah yang dimaksud dengan analisis SWOT serta tujuan dan manfaatnya. Selain itu, ketahui juga informasi detail terkait analisis ini sebelum kamu melakukannya.

Tahap kedua, lakukan analisis dengan mengumpulkan pihak yang akan terlibat dalam usaha, seperti karyawan, pemilik usaha, dan orang sekitar. Tahap ketiga, buat daftar pertanyaan analisis SWOT terkait bisnis yang kamu tekuni. Jika sudah, maka tahap keempatnya adalah mengumpulkan jawaban dari list pertanyaan tadi dan lakukan evaluasi.

Baca juga: Mengenal Proses Inti, Akun Perusahaan, dan Karakteristik Perusahaan Dagang

Demikian informasi mengenai apakah yang dimaksud dengan analisis SWOT, mulai dari pengertian hingga tahap membuatnya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kamu yang ingin atau sedang menjalankan suatu usaha.

Leave a Reply