Blog

Apa itu Money Game? Simak Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Mencegahnya!

danain-Apa itu money game?-gambar orang memegang uang

Apa itu money game?

Istilah money game sedang santer belakangan ini. Lantas, apa itu money game?

Perkembangan dunia investasi atau pengelolaan uang lainnya membuka celah besar bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Salah satu yang belakangan terjadi sebut saja money game. Alih-alih memberikan keuntungan dalam waktu singkat, money game justru mengelabui para investor, terutama investor pemula.

Money game jadi modus baru yang kerap dipakai dalam praktik investasi bodong. Dengan iming-iming keuntungan besar, aktivitas tersebut malah merugikan investor yang menjadi pengikutnya.

Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan apa itu money game, ciri-ciri, dan cara mencegahnya, seperti dikutip dari berbagai sumber. Yuk, simak sampai tuntas!

PENGERTIAN MONEY GAME

Money game adalah aktivitas penghimpunan dana masyarakat dengan memberikan komisi atau bonus dari setiap dana yang disetor oleh anggota baru. Keuntungan yang didapat dalam hal ini bukan dari menjual produk secara nyata, melainkan hanya sekadar mengumpulkan dana dari membermember baru. Bahasa populernya adalah ‘member get member’.

Baca juga: Nggak Main-main, ini 5 Manfaat Investasi Emas yang Perlu Diketahui!

Dalam money game, produk yang dijual sebenarnya hanya kamuflase. Tujuannya, untuk menyamarkan operasional perusahaan. Padahal, keuntungan yang didapat oleh member lama hanya berasal dari dana yang disetor oleh member baru saja.

Aktivitas money game sangat lekat dengan skema Ponzi, di mana setiap member lama punya member baru di bawahnya. Dengan begitu, member yang posisinya sudah di atas akan terus mendapatkan dana dari member di bawahnya. Berbanding terbalik, member baru harus menggaet member baru lainnya untuk memperoleh keuntungan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator di bidang finansial sebenarnya sudah menyampaikan bahwa skema Ponzi akan sangat merugikan jika anggota tidak bisa mendapatkan member baru. Dengan berlakunya sistem seperti itu, setiap member malah akan fokus mencari member baru ketimbang berjualan produk investasi.

Secara garis besar, money game bisa dibilang bisnis penggandaan uang. Sistem ini juga menawarkan keuntungan yang tidak wajar dan pengelolaan dana investasi yang tidak transparan.

Dalam praktiknya, money game dijalankan dengan tiga sistem yang berbeda namun mirip, yakni:

  1. Sistem binary dengan dua kaki.
  2. Sistem trinary dengan tiga kaki.
  3. Sistem hybrid yang merupakan penggabungan dua dan tiga kaki.

Sistem binary adalah sistem yang paling banyak digunakan oleh perusahaan money game, sebab skemanya paling sederhana. Di sini, setiap member hanya perlu menggaet dua member baru untuk mendapat keuntungan.

Baca juga: Modus Penipuan Mengatasnamakan Investasi, Salah Satunya Titip Dana Trading Penipuan!

Perusahaan money game biasanya punya sejumlah jurus dalam merekrut anggota baru. Yang paling umum sebut saja menceritakan kisah sukses member lama, menjanjikan hadiah di muka, atau ajakan untuk berinvestasi dengan nominal kecil terlebih dulu.

CIRI-CIRI MONEY GAME

Money game punya ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tidak ada produk yang dijual. Kalaupun ada, harganya tidak sesuai.
  2. Bonus aktif diperoleh dari perekrutan member baru,
  3. Bonus pasif diperoleh berdasarkan persentase nilai investasi yang ditanamkan.
  4. Pay out hasil bonus tidak masuk akal.
  5. Bisa memiliki lebih dari satu akun.
  6. Perusahaan tidak terdaftar atau berizin OJK.

CARA MENCEGAH MONEY GAME

Setelah mengetahui apa itu money game dan ciri-cirinya, kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara mencegah agar tidak jadi korban?

  1. Hindari investasi dengan iming-iming keuntungan besar yang tak masuk akal. Apalagi jika produk yang dijual tidak jelas.

Baca juga: Kerap Dianggap Sama, ini Perbedaan Investasi dan Trading!

  1. Waspada dengan program investasi yang struktur organisasinya tidak jelas. Terkadang, ada perusahaan investasi yang mengklaim punya koneksi di luar negeri, padahal tidak bisa dibuktikan kebenarannya.
  2. Hati-hati dengan investasi yang selalu memberikan gambaran sukses dalam waktu singkat.

Bagaimana, sudah paham kan apa itu money game dan turunannya? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply