Blog

Nggak Cuma Modal Tampang dan Popularitas, ini Cara Menjadi Brand Ambassador yang Perlu Kamu Tahu!

danain-Cara menjadi brand ambassador-gambar seorang brand ambassador

Cara menjadi brand ambassador

Ada banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan (produk atau jasa) untuk memperkenalkan mereknya kepada masyarakat luas, salah satunya dengan mengangkat brand ambassador alias duta merek. Lantas, bagaimana cara menjadi brand ambassador yang andal?

Mengangkat brand ambassador adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuannya, agar masyarakat bisa terpengaruh dan akhirnya melakukan pembelian untuk produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

Secara garis besar, brand ambassador adalah orang yang mempromosikan merek atau produk ke jaringan mereka untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong penjualan. Pada umumnya, brand ambassador berasal dari kalangan orang berpengaruh, seperti selebriti atau tokoh penting lainnya.

Seorang brand ambassador biasanya memanfaatkan berbagai saluran untuk membantu perusahaan dalam mempromosikan suatu produk atau jasa yang dijualnya. Promosi yang dimaksud bisa melalui media sosial atau offline channel seperti seminar, pameran, atau berbagai macam event.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menjadi brand ambassador yang andal?

JENIS BRAND AMBASSADOR

Sebelum mengulas cara menjadi brand ambassador yang andal, ada baiknya untuk tahu dulu jenis-jenis brand ambassador yang ada saat ini. Setidaknya, ada 4 jenis brand ambassador yang perlu kamu tahu, di antaranya:

Influencer brand ambassador

Sesuai namanya, brand ambassador jenis ini merupakan seseorang yang punya pengaruh besar di masyarakat atau biasa disebut influencer. Saat melakukan kerjasama, influencer tersebut umumnya akan mengunggah konten bersponsor secara konsisten selama periode waktu tertentu. Sebagai imbalannya, influencer akan memperoleh gaji dan mendapatkan produk gratis untuk keperluan promosi.

Baca juga: 6 Inspirasi dan Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Perlu Kamu Tahu

Affiliate brand ambassador

Brand ambassador jenis ini menggunakan metode pemasaran afiliasi dengan perusahaan yang menggunakan jasanya. Sosok yang dipilih biasanya adalah blogger ternama atau influencer. Affiliate brand ambassador bisa memasarkan produk atau jasa dengan cara membagikan tautan di website atau media sosial mereka.

Informal brand ambassador

Informal brand ambassador biasanya adalah orang yang menyukai produk atau layanan tertentu dari suatu perusahaan. Banyak dari mereka yang memang penggemar fanatik suatu brand yang secara sadar dan bebas mempromosikan produk tersebut kepada orang lain secara sukarela.

College brand ambassador

College brand ambassador adalah siswa yang mempromosikan produk atau layanan perusahaan kepada sesama siswa. Mereka bisa mensponsori suatu brand di dalam atau di luar kampus dengan membagikan suvenir gratis, sampel produk, hingga mengunggah konten terkait produk tersebut di media sosial miliknya.

Baca juga: Penting untuk Kelangsungan Bisnis, ini Definisi Akta Pendirian Perusahaan yang Perlu Diketahui!

TANGGUNG JAWAB BRAND AMBASSADOR

Seorang brand ambassador punya tanggung jawab yang harus dilakukan, seperti:

– Memahami dan mengerti visi misi perusahaan yang memberikan kepercayaan.

– Mewakili produk yang dipegangnya secara positif.

– Meningkatkan brand awareness melalui sistem word of mouth.

– Bergabung dengan tim marketing dalam membuat rencana strategi pemasaran, terutama untuk branding.

– Menjadi pemimpin opini di komunitas yang mereka bangun.

– Memasarkan produk yang dipegangnya melalui akun media sosial miliknya.

– Mewakili perusahaan dalam peluncuran produk, acara, atau pameran dagang.

– Mempertahakan citra positif merek.

Baca juga: Keren, Ternyata ini Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis!

CARA MENJADI BRAND AMBASSADOR YANG ANDAL

Untuk menjadi brand ambassador yang andal, ada beberapa keterampilan dan kualifikasi yang harus dimiliki, antara lain:

– Harus kreatif.

– Punya pengetahuan dasar tentang marketing.

– Mampu membangun jaringan.

– Bisa memberikan umpan balik yang baik.

– Punya jiwa kepemimpinan.

– Punya pengetahuan merek yang baik dan cinta terhadap merek.

– Harus profesional.

– Punya kemampuan public speaking yang baik.

– Dapat berkompromi.

– Punya rekam jejak positif.

– Populer karena prestasi.

– Selalu berkarya.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai cara menjadi brand ambassador yang andal. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply