Blog

5 Film tentang Investasi yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Cerdas!

danain-Film tentang investasi-gambar orang sedang menonton

Film tentang investasi

Investasi bisa dipelajari lewat beragam cara, salah satunya melalui film. Lantas, apa saja film tentang investasi yang bisa jadi rujukan?

Belajar investasi dapat dilakukan dengan banyak cara. Kamu bisa belajar langsung pada ahli keuangan, baca buku, atau cari info lewat dunia maya.

Selain itu, tahukah kamu jika ternyata ada cara lain yang lebih seru dan menyenangkan untuk bisa paham tentang investasi? Ya, cara tersebut adalah dengan menonton sejumlah film yang bertemakan investasi!

Langsung saja, berikut kami beberkan 5 film tentang investasi yang wajib ditonton, seperti dikutip dari berbagai sumber:

The Big Short

Film tentang investasi yang pertama adalah The Big Short.

Film yang mengambil latar krisis ekonomi global tahun 2008 ini berkisah tentang macetnya kredit perumahan di Amerika Serikat. Beberapa praktisi investasi pun menemukan celah keuntungan dari pasar properti yang rapuh dengan beragam motif.

Baca juga: Nggak Main-main, ini 5 Manfaat Investasi Emas yang Perlu Diketahui!

Banyak istilah ekonomi yang dilontarakan dalam film ini. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir, sebab sang sutradara berhasil meramunya dengan apik dan mudah dipahami oleh orang awam. The Big Short dibintangi oleh sederet aktor kenamaan, seperti Christian Bale, Steve Carrell, Ryan Gosling, dan Brad Pitt.

The Wolf of Wall Street

Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio (Jordan Belfort) ini dirilis pada tahun 2013 lalu. The Wolf of Wall Street bercerita tentang perjalanan hidup Belfort yang berkarier sebagai seorang pialang saham.

Dari film ini, kamu bisa belajar banyak tentang pentingnya bijak menggunakan uang, terlebih jika uang tersebut diperoleh secara mendadak. Jika tak punya perencanaan keuangan yang baik, kamu berpotensi mengeluarkan uang tanpa kendali dan berujung pada kebangkrutan.

Boiler Room

Film Boiler Room menceritakan seorang mahasiswa yang putus sekolah bernama Seth. Tayang tahun 2000 lalu, film ini dibintangi oleh Vin Diesel dan Ben Affleck.

Hubungan yang buruk dengan sang ayah membuat Seth punya ambisi besar untuk sukses di dunia pialang.  Ia pun bekerja dengan cara yang agresif ketika menjadi broker saham di “Ruang Boiler”, hingga akhirnya menjadi kaya.

Baca juga: Modus Penipuan Mengatasnamakan Investasi, Salah Satunya Titip Dana Trading Penipuan!

Di film ini, Seth dikisahkan terperangkap dalam keserakahan dunia saham, bahkan tak menyadari jika dirinya menjual saham bodong. Seth benar-benar mempertaruhkan moralnya dalam meraih kesuksesan tersebut.

The Pursuit of Happyness

Diperankan oleh Will Smith, The Pursuit of Happyness berkisah tentang kehidupan seorang salesman miskin bernama Chris Gardner. Awal kehidupannya penuh dengan tagihan yang menumpuk, bahkan ia dan sang anak harus tidur di tempat penampungan hingga stasiun kereta.

Dalam sebuah kesempatan, Chris tak sengaja bertemu dengan seorang pialang saham dan akhirnya memutuskan untuk mengikuti jejaknya di bidang tersebut. Ia pun bekerja keras hingga akhirnya berhasil mendirikan perusahaan pialang sendiri yang diberi nama Gardner Rich. Pelajaran yang bisa dipetik dari film ini, kamu bisa sukses dengan bekerja keras.

Black Monday

Film tentang investasi yang terakhir adalah “Black Monday”. Film ini merujuk pada kejadian 19 Oktober 1987, di mana saat itu merupakan hari terburuk bagi pasar saham Amerika Serikat. Diproduksi oleh Seth Rogen, film Black Monday dibuat untuk menceritakan kisah tentang siapa yang menjadi biang kerok dari peristiwa tersebut.

Baca juga: Sebelum Mulai, Pahami Dulu Jenis-jenis Investasi dan Penjelasannya!

Ya, itulah sederet film tentang investasi yang wajib untuk ditonton. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply