Blog

5 Alasan Kenapa Bisnis Online Lebih Unggul Daripada Bisnis Offline

danain-Kenapa bisnis online lebih unggul daripada bisnis offline?-gambar orang bisnis online

Kenapa bisnis online lebih unggul daripada bisnis offline?

Banyak orang beranggapan bahwa bisnis online lebih unggul ketimbang bisnis offline yang notabene masih konvensional. Yang jadi pertanyaan, kenapa bisnis online lebih unggul?

Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat banyak pengusaha mulai merambah ke bisnis online. Banyak pihak yang meyakini bahwa bisnis secara online punya banyak keunggulan ketimbang menjalankan bisnis secara offline alias konvensional.

Pertanyaan dasarnya adalah, kenapa bisnis online lebih unggul daripada bisnis offline? Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan sederet alasannya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Modal yang kecil

Bisnis online bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil, tak seperti bisnis offline yang harus punya modal besar, sebab harus punya toko berbentuk fisik. Selain itu, jika melakoni bisnis offline, pebisnis juga harus mengeluarkan uang untuk membuat papan nama atau banner sebagai penanda toko.

Lebih lanjut, ada pula pilihan bisnis online yang tidak memerlukan modal sama sekali, yakni dengan menjadi dropshipper. Di sini, pebisnis tak perlu melakukan penyetokan barang layaknya reseller.

Baca juga: Pelaku Bisnis Wajib Tahu, ini Cara Mencegah Fraud dalam Perusahaan!

Sederhananya, dropshipper hanya berperan sebagai perantara yang menawarkan produk dari pemasok (supplier) kepada pembeli (buyer). Kalau ada yang memesan barang dan melakukan pembayaran, dropshipper tinggal menghubungi pihak supplier dan menyetorkan uang dengan nominal yang sudah disepakati di awal. Setelahnya, supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli atas nama dropshipper.

Biaya operasional dapat ditekan

Biaya operasional bisa ditekan saat menjalankan bisnis online. Itu karena pebisnis tak perlu menyewa tempat untuk menjajakan produk, seperti halnya bisnis offline. Dengan begitu, anggaran yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk hal lain, seperti membeli bahan baku untuk produksi atau buat promosi.

Pasar yang luas

Alasan berikutnya kenapa bisnis online lebih unggul ketimbang bisnis offline adalah karena jangkauan pasarnya yang lebih luas. Dalam hal ini, pebisnis dapat memasarkan dan mengirimkan produknya ke luar kota bahkan luar negeri sesuai keinginan.

Lebih praktis dan fleksibel

Sifat bisnis online adalah praktis dan fleksibel. Pebisnis bisa dengan mudah melakukan pencatatan penjualan karena semua transaksi sudah terekam jelas dalam sistem secara online.

Di sisi lain, konsumen juga bisa melakukan pembelian selama 24 jam setiap hari, di mana pebisnis hanya perlu menyesuaikan waktu untuk pengiriman barangnya. Dalam konteks ini, konsumen paham betul bahwa barang yang dibeli butuh waktu untuk sampai ke tangan mereka.

Baca juga: Jangan Keliru, ini Perbedaan CEO dan Owner Dalam Dunia Bisnis!

Sementara itu, pebisnis juga bisa menentukan sendiri kapan toko online dibuka atau ditutup. Waktu fleksibel inilah yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Promosi yang mudah

Alasan terakhir, bisnis online punya kemudahan dalam hal promosi. Ini karena platform yang bisa digunakan untuk beriklan sangat bervariasi, mulai dari marketplace hingga media sosial. Harganya pun jauh lebih terjangkau dibanding iklan konvensional yang menggunakan baliho atau banner.

Tak hanya itu, pebisnis juga bisa mengatur perihal sasaran iklan dengan berbagai kategori. Misal, jika produk yang dijual adalah barang untuk dewasa, maka iklan yang dipasang hanya akan menyasar usia dewasa saja.

Baca juga: Kerap Dianggap Sama, ini Perbedaan Tagline dan Slogan Dalam Dunia Bisnis!

Demikianlah ulasan singkat mengenai sederet alasan kenapa bisnis online lebih unggul daripada bisnis offline yang notabene masih dijalankan secara tradisional. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply