Blog

Mau Beli Mobil Bekas? Simak 10 Tips ini agar Kantong tak Jebol di Kemudian Hari!

Danain-Tips_beli_mobil_bekas-gambar_mobil_dan_kunci_mobil

Membeli mobil bekas bisa jadi alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil, namun dengan dana yang terbatas. Meski begitu, membeli mobil bekas tak semudah membalikkan telapak tangan.

Jika tak jeli saat mengeceknya, bisa-bisa kantong kamu akan jebol pasca melakukan pembelian. Tentu saja untuk membeli sejumlah komponen yang sejatinya harus diganti. Karena itu, penting bagi kamu untuk berhati-hati sebelum membeli kendaraan bekas pakai tersebut.

Berikut 10 tips beli mobil bekas agar kantong tak jebol di kemudian hari, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber:

Buat daftar mobil bekas yang diinginkan

Untuk mempermudah pencarian, buatlah daftar mobil bekas yang ingin kamu beli sesuai budget. Carilah informasi terkait keberadaan mobil serta spesifikasinya secara lengkap, termasuk kelebihan atau kekurangannya. Jika sudah matang, tentukan satu atau dua tipe mobil yang memang sesuai keinginan.

Survei harga

Setelah menentukan pilihan, jangan buru-buru mendatangi showroom atau penjual mobil. Ada baiknya untuk mengecek terlebih dulu harga pasaran mobil yang hendak kamu beli. Cari info sebanyak mungkin hingga kamu mendapatkan angka yang terbaik. Jangan pula mudah tergiur dengan iklan yang menawarkan mobil dengan harga jauh di bawah angka wajar, sebab mungkin saja hal itu adalah penipuan.

Perhatikan sejarah perawatannya

Umumnya, mobil yang dirawat dengan baik selalu melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, sehingga memiliki catatan perawatan yang sangat lengkap. Dengan catatan tersebut, kamu bisa tahu perbaikan apa saja yang telah dilakukan oleh si pemilik selama pemakaian.

Baca juga: Hati-hati, 4 Kegiatan Akhir Pekan ini Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol!

Intinya, kondisi mobil bekas akan tetap baik selama perawatan rutin selalu dilakukan. Jangan terpengaruh dengan jarak tempuh, sebab perawatan adalah faktor yang terpenting.

Cek komponen mobil

Perhatikanlah setiap bagian mobil yang ingin kamu beli. Cek dengan cermat, apakah ada bagian bodi yang sudah diganti atau belum, apakah ada bagian yang keropos atau tidak. Periksa juga bagian interior, seperti kursi, AC, dan seluruh fitur yang tersemat di mobil tersebut. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

Cek kondisi mesin

Usai mengecek eksterior dan interior, lanjutkan pengecekan ke bagian mesin. Periksalah suara mesin, apakah ada yang janggal atau tidak. Pastikan suara mesin halus dan tidak kasar. Pastikan juga kondisi rem masih berfungsi dengan baik.

Periksa box transmisi

Ini juga bagian penting. Periksalah box transmisi dan lihat, apakah ada kebocoran oli atau tidak. Jika bagian itu kering, kemungkinan besar komponen tersebut masih dalam kondisi baik.

Baca juga: Anti Ribet, ini Cara Cerdas untuk Mengatur Gaji Bulanan!

Test drive

Mintalah izin pada si penjual untuk mencoba mobil tersebut. Cek bagian setir, apakah masih normal atau tidak. Lepas setir pada kecepatan rendah, lihat apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak. Lakukan berbagai manuver untuk melihat performa mobil secara keseluruhan. Tak ada salahnya pula untuk melewati jalan yang sedikit rusak untuk mengetahui apakah kaki-kaki mobil masih bagus atau tidak.

Bawa mekanik

Jika kamu tidak paham tentang seluk beluk mobil, tak ada salahnya untuk membawa mekanik ke tempat pembelian. Dengan keahlian yang dimiliki, seorang mekanik akan bisa mendeteksi kondisi mobil secara keseluruhan, termasuk memeriksa apakah mobil tersebut bekas banjir atau tidak.

Negosiasi harga

Jika kondisi mobil prima dan sesuai keinginan, lakukanlah negosiasi untuk mendapatkan harga terbaik. Kamu tentu sudah punya patokan terkait harga, sebab sebelumnya sudah melakukan survei. Pastikan kedua belah pihak dalam kondisi tenang agar kesepakatan bisa tercapai.

Periksa dokumen kendaraan

Sebelum melakukan pembayaran, periksalah kelengkapan dokumen, seperti BPKB dan STNK. Pastikan dokumen tersebut asli dan tidak dipalsukan. Untuk memastikan keabsahannya, kamu bisa mengecek lewat aplikasi online yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian.

Oh ya, bicara produk bekas, ternyata ada loh beberapa orang yang mendadak kaya berkat barang bekas. Seperti apa kisahnya? Cek selengkapanya di sini: Berkat Barang Bekas, 5 Orang ini Kaya Mendadak, Beruntung!

Leave a Reply